Dibohongi? Baca Doa untuk Orang yang Berbohong Ini!

Doa untuk orang yang berbohong – Jika Anda sering merasa dibohongi oleh seseorang, pasrahkan semuanya kepada Allah dan membaca doa untuk orang yang berbohong agar orang tersebut bertaubat dan menyadari kesalahannya.

Tak bisa dipungkiri dalam kehidupan sehari-hari Anda mungkin sering merasa dibohongi oleh orang lain.

Namun, berbohong adalah perbuatan orang munafik dan perbuatan dosa. Oleh karena itu wajib untuk dihindari perbuatan ini.

Sebagai balasan untuk orang yang membohongi Anda adalah dengan mendoakannya agar segera menyadari dosa yang diperbuatnya.

Seperti apa doa untuk orang yang berbohong agar bertaubat? Simak penjelasannya di bawah ini.

Doa untuk Orang yang Berbohong agar Segera Bertaubat

Doa untuk Orang yang Berbohong
Sumber: google.com/bersosial

Sepandai-pandainya tupai melompat, pasti akan jatuh juga. Barangkali itulah peribahasa yang sesuai dengan orang yang suka berbohong.

Allah SWT mengetahui semua isi hati manusia, bahkan ketika orang itu berbohong, Allah tetap mengetahui apa yang sebenarnya dalam dirinya.

Oleh karena itu berhati-hatilah bagi Anda yang suka berbohong, karena Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

Berbeda jika Anda dibohongi, maka tak perlu membalasnya dengan membohonginya lagi. Anda cukup membaca doa untuk orang yang berbohong berikut ini agar ia segera bertaubat.



وَأُفَوِّضُ أَمْرِىٓ إِلَى ٱللَّهِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ بَصِيرٌۢ بِٱلْعِبَادِ

Wa ufawwidhu amri ilallaah, innallaaha bashirun bil ‘ibaad.

Artinya: “Dan aku menyerahkan urusanku kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya.”

Makna Doa untuk Orang yang Berbohong

Doa untuk Orang yang Berbohong
Sumber: google.com/bersosial

Berdasarkan doa di atas, maka terdapat makna yang sangat dalam. Ketika Anda merasa dibohongi dan membaca doa di atas artinya Anda ikhlas dan tak akan membalasnya dengan sebuah kebohongan pula.

Namun Anda memasrahkan semuanya kepada Allah SWT atas apa yang telah Anda alami (dibohongi).

Selain itu, makna yang tersurat dalam doa di atas juga mengingatkan bahwasanya Allah adalah Tuhan yang Maha Melihat dan Maha Mengetahui atas segala sesuatu.

Kemudian daripada itu, doa di atas bisa Anda baca ketika selesai shalat, baik shalat fardhu maupun shalat sunnah.

Tujuannya adalah agar dihindari dari segala tipu daya dan muslihat manusia serta meminta perlindungan kepada Allah SWT.

Doa untuk Orang yang Berbohong dan Ayat Al-Quran yang Menjelaskan Tentang Berbohong

bohong
Sumber: unsplash.com

Setelah mengetahui doa untuk orang yang berbohong, berikut ini adalah ayat Al-Quran yang menjelaskan tentang larangan berbuat bohong dan menipu seseorang:

1. Surat Al-Ankabut ayat 3

وَلَقَدْ فَتَنَّا الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِهِمْ فَلَيَعْلَمَنَّ اللّٰهُ الَّذِيْنَ صَدَقُوْا وَلَيَعْلَمَنَّ الْكٰذِبِيْنَ

Artinya: “Dan sungguh, Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka Allah pasti mengetahui orang-orang yang benar dan pasti mengetahui orang-orang yang dusta.”

2. Surat Al-An’am ayat 93

وَمَنْ اَظْلَمُ مِمَّنِ افْتَرٰى عَلَى اللّٰهِ كَذِبًا اَوْ قَالَ اُوْحِيَ اِلَيَّ وَلَمْ يُوْحَ اِلَيْهِ شَيْءٌ وَّمَنْ قَالَ سَاُنْزِلُ مِثْلَ مَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ ۗوَلَوْ تَرٰٓى اِذِ الظّٰلِمُوْنَ فِيْ غَمَرٰتِ الْمَوْتِ وَالْمَلٰۤىِٕكَةُ بَاسِطُوْٓا اَيْدِيْهِمْۚ اَخْرِجُوْٓا اَنْفُسَكُمْۗ اَلْيَوْمَ تُجْزَوْنَ عَذَابَ الْهُوْنِ بِمَا كُنْتُمْ تَقُوْلُوْنَ عَلَى اللّٰهِ غَيْرَ الْحَقِّ وَكُنْتُمْ عَنْ اٰيٰتِهٖ تَسْتَكْبِرُوْنَ

Artinya: “Siapakah yang lebih zalim daripada orang-orang yang mengada-adakan dusta terhadap Allah atau yang berkata, “Telah diwahyukan kepadaku,” padahal tidak diwahyukan sesuatu pun kepadanya, dan orang yang berkata, “Aku akan menurunkan seperti apa yang diturunkan Allah.” (Alangkah ngerinya) sekiranya engkau melihat pada waktu orang-orang zalim (berada) dalam kesakitan sakaratul maut, sedang para malaikat memukul dengan tangannya, (sambil berkata), “Keluarkanlah nyawamu.” Pada hari ini kamu akan dibalas dengan azab yang sangat menghinakan, karena kamu mengatakan terhadap Allah (perkataan) yang tidak benar dan (karena) kamu menyombongkan diri terhadap ayat-ayat-Nya.”

3. Surat Ali Imran ayat 29

قُلْ اِنْ تُخْفُوْا مَا فِيْ صُدُوْرِكُمْ اَوْ تُبْدُوْهُ يَعْلَمْهُ اللّٰهُ ۗوَيَعْلَمُ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ وَاللّٰهُ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Artinya: “Katakanlah, “Jika kamu sembunyikan apa yang ada dalam hatimu atau kamu nyatakan, Allah pasti mengetahuinya.” Dia mengetahui apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Bahaya Perbuatan Bohong

Doa untuk Orang yang Berbohong
Sumber: google.com/bersosial

Hal yang perlu diingat dari berbohong adalah dampak yang ditimbulkan, apa saja bahaya dari perbuatan bohong ini? Berikut penjelasannya:

1. Orang yang berbohong hidupnya takkan tenang

Jika seseorang yang sering melakukan kebohongan maka hidupnya takkan tenang. Mereka yang terlalu sering berbohong akan selalu berpikiran buruk kepada orang lain karena takut dirinya dibohongi orang lain.

Selain itu orang yang berbohong juga akan merasa takut dan merasa selalu curiga terhadap orang lain.

2. Takkan dipercaya orang lain

Orang yang sering melakukan kebohongan tidak akan mendapat kepercayaan atau tidak akan dipercaya lagi oleh orang lain.

Karena ucapan atau perkataan yang ia lontarkan sulit diterima kebenarannya. Apalagi jika orang tersebut sering menebar janji dan ternyata mengingkarinya.

3. Celakalah orang yang berbohong

Hal ini yang paling mengerikan dari perbuatan bohong, yakni orang yang berbohong akan celaka, seperti yang dijelaskan dalam Al-Quran surat Al-Jatsiyah ayat 7.

وَيْلٌ لِّكُلِّ أَفَّاكٍ أَثِيمٍ

Artinya: “Kecelakaan besarlah bagi tiap-tiap orang yang banyak berdusta lagi banyak berdosa.”

Demikianlah pembahasan tentang doa untuk orang yang berbohong dan ganjaran bagi orang yang berbohong. Semoga bermanfaat!

Jika ingin mendapatkan artikel islami menarik lainnya, kunjungi terus situs Blog Evermos.

Anda juga bisa mendapatkan penghasilan jutaan rupiah hanya dengan modal HP saja tanpa harus keluar rumah.

Caranya mudah, hanya cukup menjadi reseller Evermos dan daftar sekarang juga dengan menekan tombol di bawah ini.

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)