Ayat Alquran yang Berisi Perintah Berkurban adalah Sunnah Muakkad, Ini Surahnya!

Hari raya Idul Adha identik dengan penyembelihan hewan kurban. Apakah Anda salah satunya yang akan berkurban tahun ini? Jika iya, tahukan Anda penjelasan dari ayat Alquran yang berisi perintah berkurban adalah sunnah muakkad? 

Berkurban pada hari raya Idul Adha adalah kewajiban bagi mereka yang mampu secara finansial. Bahkan Islam sangat menganjurkan dan wajib bagi yang mampu, karena itu adalah salah satu bentuk mengingat Allah SWT.

Selain itu berkurban juga memiliki makna yang baik, artinya orang yang berkurban akan merasakan kegembiraan yang luar biasa.

Sebab hewan yang Anda kurbankan dan kemudian Anda bagikan kepada orang banyak akan mendapatkan keberkahan yang tidak terhingga. 

Di dalam Al-Quran ada beberapa ayat yang menganjurkan seseorang untuk melaksanakan kurban jika sudah mampu. Anda perlu memahami dalil-dalil ini agar pelaksanaan kurban yang Anda ikuti tahun ini lebih berjalan khidmat. 

Berikut ini adalah bahasan mengenai ayat Alquran yang berisi perintah kurban dan hadits yang menganjurkan untuk berkurban pada hari raya Idul Adha.

Baca juga: Hukum Melaksanakan Akikah dan Kurban Adalah? Begini Penjelasannya!

Ayat Alquran yang Berisi Perintah Kurban adalah Sunnah Muakkad, Ini Daftar Surahnya

ayat alquran yang berisi perintah berkurban adalah
Sumber: google.com/bersosial

Di dalam kitab suci Al-Quran setidaknya ada 4 ayat Alquran yang berisi perintah kurban. Berikut ini adalah ayat-ayat yang memiliki arti perintah kurban:

1. Ayat Alquran yang Berisi Perintah Kurban adalah Surat Al-Kautsar ayat 2

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَٱنْحَرْ



Artinya: “Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkurbanlah.”

Ayat ini menjelaskan bahwa mendirikan shalat dan berkurban adalah suatu perintah yang harus kita tunaikan hanya karena Allah.

Karena tidak ada alasan apapun yang menjadi ibadah dan pahala jika bukan niat karena Allah.

2. Ayat Alquran yang Berisi Perintah Kurban adalah Surat As-Saffat ayat 102

فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ السَّعْيَ قَالَ يٰبُنَيَّ اِنِّيْٓ اَرٰى فِى الْمَنَامِ اَنِّيْٓ اَذْبَحُكَ فَانْظُرْ مَاذَا تَرٰىۗ قَالَ يٰٓاَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُۖ سَتَجِدُنِيْٓ اِنْ شَاۤءَ اللّٰهُ مِنَ الصّٰبِرِيْنَ 

Artinya: “Maka ketika anak itu sampai (pada umur) sanggup berusaha bersamanya, (Ibrahim) berkata, “Wahai anakku! Sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. 

Maka pikirkanlah bagaimana pendapatmu!” Dia (Ismail) menjawab, “Wahai ayahku! Lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu; insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar.”

Ini adalah salah satu ayat yang menyampaikan betapa taat dan sabarnya Nabi Ibrahim karena Allah meminta beliau untuk menyembelih anaknya, Nabi Ismail.

Di dalam kisah itu ada perintah kurban oleh Allah. Karena sabar dan taatnya, maka Nabi Ibrahim Allah perintahkan untuk berkurban hewan.

Maka Nabi Ismail tidak jadi disembelih, dari sanalah mulai ada perintah kurban pada setiap perayaan hari Idul Adha.

Baca juga: Kini Hadir di Evermos. Inilah Program dan Tata Cara Qurban Online yang Praktis!

3. Surat Al-Hajj ayat 28

لِّيَشْهَدُوْا مَنَافِعَ لَهُمْ وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللّٰهِ فِيْٓ اَيَّامٍ مَّعْلُوْمٰتٍ عَلٰى مَا رَزَقَهُمْ مِّنْۢ بَهِيْمَةِ الْاَنْعَامِۚ فَكُلُوْا مِنْهَا وَاَطْعِمُوا الْبَاۤىِٕسَ الْفَقِيْرَ 

Artinya: “Agar mereka menyaksikan berbagai manfaat untuk mereka dan agar mereka menyebut nama Allah pada beberapa hari yang telah ditentukan atas rezeki yang diberikan Dia kepada mereka berupa hewan ternak. Maka makanlah sebagian darinya dan (sebagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara dan fakir.”

Ayat di atas adalah salah satu hikmah yang kita dapat ketika melakukan kurban. Karena setiap yang berkurban akan merasakan bahagia yang luar biasa.

Darinya orang-orang yang sengsara dan fakir dapat merasakan lezatnya daging kurban yang umat Muslim berikan 

Oleh karena itu jika sudah mampu secara finansial, berkurbanlah sesuai apa yang Allah perintahkan.

4. Surat Al-Hajj ayat 34-35

وَلِكُلِّ اُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِّيَذْكُرُوا اسْمَ اللّٰهِ عَلٰى مَا رَزَقَهُمْ مِّنْۢ بَهِيْمَةِ الْاَنْعَامِۗ فَاِلٰهُكُمْ اِلٰهٌ وَّاحِدٌ فَلَهٗٓ اَسْلِمُوْاۗ وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِيْنَ ۙ – ٣٤ الَّذِيْنَ اِذَا ذُكِرَ اللّٰهُ وَجِلَتْ قُلُوْبُهُمْ وَالصَّابِرِيْنَ عَلٰى مَآ اَصَابَهُمْ وَالْمُقِيْمِى الصَّلٰوةِۙ وَمِمَّا رَزَقْنٰهُمْ يُنْفِقُوْنَ – ٣٥

Artinya: ” Dan bagi setiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (qurban), agar mereka menyebut nama Allah atas rezeki yang dikaruniakan Allah kepada mereka berupa hewan ternak. 

Maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. 

Dan sampaikanlah (Muhammad) kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah), (yaitu) orang-orang yang apabila disebut nama Allah hati mereka bergetar, orang yang sabar atas apa yang menimpa mereka, dan orang yang melaksanakan shalat dan orang yang menginfakkan sebagian rezeki yang Kami karuniakan kepada mereka.”

Ayat ini juga merupakan ayat Alquran yang berisi perintah berkurban bagi orang yang beragama Islam dan mampu untuk berkurban.

Ayat yang Berisi Perintah Berkurban adalah Sunnah Muakkad, Inilah Hadits Kurban

ayat tentang kurban
Sumber: google.com/bersosial

Selain ayat Alquran yang berisi perintah berkurban, ada juga beberapa hadits yang menganjurkan untuk melakukan kurban pada hari raya Idul Adha.

1. Hadits Riwayat Bukhari

“Nabi Muhammad SAW. berkurban dengan dua kambing gemuk dan bertanduk. Saya melihat Nabi Saw. meletakkan kedua kakinya di atas pundak kambing tersebut, kemudian Nabi Saw. membaca basmalah, takbir dan menyembelih dengan tangannya sendiri.” (HR Bukhari).

2. Hadits Riwayat Ibn Majah dan Tirmidzi

“Tidak ada amalan anak cucu Adam pada hari raya qurban yang lebih disukai Allah melebihi dari mengucurkan darah (menyembelih hewan qurban), sesungguhnya pada hari kiamat nanti hewan-hewan tersebut akan datang lengkap dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya, dan bulu- bulunya. 

Sesungguhnya darahnya akan sampai kepada Allah –sebagai qurban– di manapun hewan itu disembelih sebelum darahnya sampai ke tanah, maka ikhlaskanlah menyembelihnya.” (HR Ibn Majah dan Tirmidzi). 

Sempurnakan Ibadah Kurban Bersama Program Kurban Evermos

Itulah bahasan tentang ayat Alquran yang berisi perintah berkurban dan hadits Nabi. Jadi, kalau sudah mampu berkurban, maka berkurbanlah karena akan mendapatkan banyak keutamaan. 

Bahkan meskipun berbagai kesibukan, Anda juga bisa berkurban dengan mudah dengan memanfaatkan berbagai platform digital.

Evermos menjadi salah satu platform yang bisa membantu Anda untuk merasakan mudahnya berkurban, melalui program kurban tahun 2023 yang inshaallah terpercaya.

Melalui program ini, Anda dapat memilih hewan kurban, dan Evermos akan mengurus proses penyembelihan dan pendistribusian daging kurban kepada yang berhak menerimanya.

Evermos menghadirkan solusi yang memudahkan umat Muslim dalam menjalankan ibadah kurban dengan tulus dan penuh rasa syukur. Jadikan setiap momen kurban Anda berkesan dan berdampak luas dengan melibatkan diri dalam program kurban Evermos.

Klik tombol di bawah ini untuk mendaftarnya, ya. 

Jika Anda ingin membaca artikel islami menarik lainnya, silahkan kunjungi situs Blog Evermos untuk membacanya.

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)