Hasbunallah Wanikmal Wakil Artinya Bisa Raih Ketenangan Hati

Pada kesempatan kali ini Admin akan membahas artinya dari hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir yang tidak asing terdengar bagi setiap muslim.

Kehidupan tidak jarang memberikan makna dan warna pada setiap kesempatan mendatang, bisa saja kesedihan, kenestapaan, kegundahan, kegalauan, keresahan dan hal-hal yang tidak semestinya diharapkan.

Perasaan-perasaan tersebut sudah selayaknya kita ketahui sebagai sebuah keyakinan bahwa Allah-lah yang berhak untuk menghadirkan rasa tersebut untuk menunjukkan bahwasanya kita bukanlah siapa-siapa di hadapan-Nya atau yang dapat menguasai satu pun.

Atasi rasa kegelisahaan karena belum mendapatkan usaha yang bisa Anda jalani begitu mudahnya dengan menjadi reseller Evermos.

Menjalaninya cukup mudah dengan lakukan pendaftaran dengan klik button di bawah ini dan Anda bisa langsung melakukan penjualan produk berkualitas di Evermos.

YUK, GABUNG DISINI!

Begitu pula dengan rasa bahagia, sukacita, kehangatan, ketenangan, ketentraman dan kenyamanan adalah bentuk dari Ar-Rahman-Nya Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada seluruh makhluknya tanpa terkecuali.

Ada kalanya kita terjebak pada situasi yang mampu melemahkan kita dari rasa syukur kepada Rabb yang Maha Berkehendak atas segala sesuatu akan tetapi tentunya sebagai muslim yang tangguh dapat melakukan upaya salah satunya dengan berdoa.

Doa Sebagai Amalan dan Bentuk Ibadah Kepada Allah Ta’ala

Hasbunallah Wanikmal Wakil

Dengan berdoa, hati akan tergerak untuk segera berpasrah diri dan mengembalikan segala urusan kepada-Nya sehingga manfaat yang terasa ialah ketentraman hati dan ketenangan diri karena Allah-lah yang menjamin setiap urusan.

Allah juga menyatakan dalam firman-Nya sudah sewajibnya bagi muslim untuk memanjatkan doa bukti sebagai keimanan dan ketakwaannya kepada Allah.

Dalam Surah Al-Ghafir Ayat 60, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ ࣖ

wa qoola robbukumud’uuniii astajib lakum, innallaziina yastakbiruuna ‘an ‘ibaadatii sayadkhuluuna jahannama daakhiriin

Artinya: Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.”

Sudah menjadi ketetapan jika orang yang tidak ingin tunduk terhadap perintah Allah dan malah melakukan segala larangan-Nya dalam rangka beribadah kepada Allah ia merupakan calon penghuni ahli neraka.

Karenanya beribadah ialah berarti melakukan peribadahan kepada Allah. Tidak hanya melakukan ucapan saja namun ketika berdoa hati, pikiran, tubuh dan jiwa senantiasa menghadap kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan khusyuk.

Jika kita bisa saja memberikan penghargaan dan penghormatan terhadap hal apapun yang kita sukai, hormati, patuhi dan kagumi maka Allah Subhanahu wa Ta’ala jauh lebih berhak mendapatkan segala ketundukkan tersebut.

daftar reseller evermos gratis

Artinya Hasbunallah Wa Nikmal Wakil Sebagai Doa Nabi Ibrahim

Dari fakta sejarah kita renungi dan hayati bahwa doa tersebut telah ada sejak 1400 tahun lebih silam sebelum adanya zaman umat Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam. Doa ini telah diperkenankan oleh Nabi Ibrahim Allaihissallam dengan sebutan bapaknya para Nabi.

Apakah kita memperhatikan bahwa setiap ujian, cobaan yang para Nabi lalui adalah hal yang Masya Allah luar biasa berat perjuangannya ketimbang masalah-masalah yang kita hadapi sehari-hari?

Bisa saja kita menemukan pelik dari hubungan antar keluarga, teman, pasangan, kerabat kerja, atau kenalan dan lain-lain akan tetapi hal yang kita mesti syukuri adalah perjuangan para Nabi untuk mempertahankan eksistensi Islam jauh lebih berat lagi.

Baca Juga : Kedahsyatan Makna Dzikir “Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir”

Termasuk Nabi Ibrahim, yang pada masanya menemukan ujian dengan berupaya mengajak ayahanda yang terkenal sebagai pembuat patung untuk memeluk agama Islam juga kepada Firaun yaitu penguasa negeri yang zalim di kala itu.

Hingga pada akhirnya Nabi Ibrahim menerima berbagai fitnah dan mendapatkan ujian dari Firaun yang amat murka untuk melemparkan beliau ke dalam kobaran api yang telah tersedia, Nabi Ibrahim memanjatkan doa yang kita dengar hingga saat ini.

Imam Bukhari meriwayatkan sebuah hadits mauquf dari Ibnu Abbas, beliau berkata, “Hasbunallahu wa ni’mal wakil (cukuplah Allah sebagai Penolong kami, dan Dialah sebaik-baiknya pelindung)”.

Sehingga ketika tubuhnya mendekati kobaran api tersebut, Allah memerintahkan kepada api,

“Berubahlah engkau menjadi dingin dan berikan keselamatan bagi Ibrahim!”

Dengan inilah Nabi Ibrahim Alaihissallam bisa keluar dari kobaran api dengan selamat.

Selain berdoa kita juga bisa mewujudkan impian sukses dengan berikhtiar.

Ikhtiar yang Admin rekomendasikan ialah dengan usaha menjadi reseller produk Evermos.

Tak perlu khawatir repot sebab berusaha tanpa menyetok barang, mengemas barang juga mengirimnya, karena semua itu jadi urusan Evermos.

Yuk gabung untuk lakukan penjualan pertama kepada orang terdekat Anda dan raih komisi sebagai penghasilan!

DOWNLOAD APLIKASI SEKARANG

Artinya Hasbunallah Wa Nikmal Wakil sebagai Doa Rasulullah

Hasbunallah Wanikmal Wakil

Dalam sebuah riwayat hadist, ketika masa Rasulullah masih hidup Allah memberitakan bacaan doa tersebut melalui firman-Nya.

Berikut ayat Ali-Imron ayat 173  dibacakan oleh Nabi Ibrahim Alaihissallam.

“Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka,” maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab, 

Kala itu kaum musyrikin sudah bersiap untuk mengepung kaum muslimin dan berusaha untuk menyerangnya, seketika Allah menurunkan ayat dan Rasulullah mengucapkan doa tersebut sebagaimana hadist berikut,

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ

“Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung.” (HR. Bukhari No. 4563)

Tak hanya berdoa berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan rezeki yaitu usaha reseller produk di Evermos.

Telah banyak orang yang memberikan testimoninya sukses menjadi reseller yang handal dan mendapatkan banyak keuntungan dalam setiap penjualannya.

Andakah salah satunya? Saatnya wujudkan keinginan sukses Anda bersama Evermos sekarang juga.

DOWNLOAD APLIKASI SEKARANG

Hikmah Ayat Hasbunallah Wanikmal Wakil Nikmal Maula Wanikman Nasir & Khasiatnya

Jika kita yakin ketetapan Allah Ta’ala melibatkan tiap urusan maka pastilah perasaan tenang dan damai dalam dirinya.

Tak masalah jika masih berada dalam tahap proses menuju keimanan yang meningkat.

Kita tentunya selalu berhusnudzon atas apa yang Allah kehendaki dalam skenario kehidupan kita selanjutnya.

Sekali lagi, yang mendatangkan segala kemudahan dan kesulitan ialah berasal dari kuasa Allah.

Sebab itu kembali kepada Allah merupakan langkah yang tepat disamping meningkatkan ketakwaan kita pada-Nya.

Mari resapi dan hayati tiap makna dan rasakan keajaiban ketika memohonkan doa berikut.

Surat Ali Imran ayat 173 (3:173)

ٱلَّذِينَ قَالَ لَهُمُ ٱلنَّاسُ إِنَّ ٱلنَّاسَ قَدْ جَمَعُوا لَكُمْ فَٱخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَٰنًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ ٱلْوَكِيلُ

Yang artinya :(Yaitu) orang-orang (yang menaati Allah dan Rasul) yang ketika ada orang-orang mengatakan kepadanya, “Orang-orang (Quraisy) telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka,” ternyata (ucapan) itu menambah (kuat) iman mereka dan mereka menjawab, “Cukuplah Allah (menjadi penolong) bagi kami dan Dia sebaik-baik pelindung.”

Ni’mal Maula Wa Ni’man Nashir Al-Quran dalam An Anfal ayat 40:

وَإِن تَوَلَّوْا فَٱعْلَمُوا أَنَّ الـلَّـهَ مَوْلَىٰكُمْ نِعْمَ ٱلْمَوْلَىٰ وَنِعْمَ ٱلنَّصِيرُ

Yang artinya: “Dan jika mereka berpaling, maka ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah pelindungmu. Dia adalah sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong.”

Berikut hikmah dan khasiat yang dapat kita renungi serta kesadaran untuk mengamalkan doa tersebut sebagai berikut:

Selalu Berserah Diri terhadap Segala Urusan kepada Allah SWT

Sejatinya sebagai hamba Allah yang mengaku beriman dan setia kepada-Nya, segala urusan yang kita kerjakan dan hadapi merupakan hal yang telah Allah atur sedemikian rupa.

Sikap berserah diri mengajak orang beriman untuk pasrah akan ketetapan.

Yakni menerima hal yang terjadi namun tidak berputus asa, tetapi optimis terhadap hal yang sudah ia ikhtiarkan dengan lapang dada, sabar, dan tawakal.

Tidak Mudah Berputus Asa Sebab Allah Memberikan Pertolongan

Mungkin ini bukan hal yang mudah karena setiap manusia memiliki batasnya masing-masing.

Percayalah Allah tidak pernah memberikan ujian yang melebihi kemampuan hamba-Nya.

Ketika menghadapi suatu rintangan, cobaan dan kesusahan jangan bersikap terbutu-buru.

Apalagi untuk menentukan pilihan yang membuat gelisah, sertakan doa kepada Allah agar berjalan dengan baik.

Ucapkan doa tersebut disertai keyakinan yang kuat agar senantiasa iman memenuhi ruang hati kita. Insya Allah akan selalu ada pertolongan yang datang dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Tidak Perlu Takut dan Khawatir dengan Musuh atau Pembenci 

Menjadi seorang manusia seutuhnya ialah bukan berarti dapat menyenangkan setiap manusia. Ada kalanya segala keputusan matang yang kita perbuat malah tidak disukai oleh orang lain. 

Ingatlah bahwa tentang suka atau tidak suka, benci atau tidak bencinya orang lain itu bukanlah dapat menjadi kontrol bagi kita.

Hal tersebut merupakan hal-hal diluar kendali kita dan biarlah terjadi apa adanya.

Bisa saja mereka menyerang kita dengan perkataan atau dan perbuatan yang tidak menyenangkan bagi kita.

Baik berupa gangguan ancaman, dari yang terkecil hingga hal yang besar. 

Ada sebuah pepatah, “Tidak perlu menangkap atau memantulkan semua bola yang tertuju padamu, kamu bisa memilih untuk tidak peduli atau memilih kelelahan melayaninya.”

Sebab itu kita tidak perlu risau dan khawatir terhadap hal yang mendatangi kita meski gangguan tersebut dari manusia.

Setiap yang beriman pasti memiliki Allah sebagai penolong dari segala sesuatu.

Kekuatan dan Ketentraman Bagi Kaum Muslim dengan Membaca Dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil dan Artinya

Mukmin yang baik menyadari akan kebutuhannya terus menerus untuk mendekat kepada Allah Subhannahu wa Ta’ala. Meski pada fitrahnya manusia memiliki kelemahan, sikap pelupa, dan terkadang tidak mengetahui apa-apa, pentingnya mengetahui ilmu agama juga.

Sikap negatif yang menyelimuti muslim merupakan pertanda bahwa sudah saatnya untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dengan begitu, kita akan kembali kuat dan menjadi muslim yang tangguh.

Sehingga ujian seberat apapun yang akan melanda dapat terlewati sebaik mungkin dengan selalu yakin adanya pertolongan Allah.

Sekian mengenai bacaan doa mustajab hasbunallah wanikmal wakil artinya semoga menginspirasi hari-hari Anda.

Sebarkan juga artikel berikut kepada keluarga, kerabat, orang-orang terdekat Anda yang membutuhkannya.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya kunjungi Blog Evermos.

×