Wajib Tahu! Inilah Arti Surat Al Isra Ayat 1, Penuh dengan Hikmah

Surat Al Isra merupakan surat ke-17 dalam Al-Quran. Surat Al Isra berjumlah 111 ayat dan termasuk Surat Makkiyyah, yaitu surat yang diturunkan di Mekkah sebelum Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah. Namun, ada lima ayat yang diturunkan di Madinah yaitu ayat 26, 32, 57 dan dari ayat 73 sampai dengan 8. Surat Al Isra turun sesudah surat Al-Qashash. Ternyata arti surat Al Isra ayat 1 memiliki makna yang penuh dengan hikmah.

Simak makna dari surat Al Isra ayat 1 ini pada ulasan artikel berikut ini!

Pahami Kandungan Quran Surat Al Isra Ayat 1

Arti Surat Al Isra Ayat 1
Sumber: shutterstock.com

Dikutip dari Tafsir Ibnu Katsir, Surat Al Isra mengandung kisah-kisah umat terdahulu khususnya Bain Israil. Oleh karena itu, surat tersebut disebut juga dengan Surat Bani Israil.

Imam Al-Hafiz Al-Mutqin Abu Abdullah Muhammad ibnu Ismail Al-Bukhari mengatakan, telah menceritakan kepada kami Adam ibnu Abu Iyas, telah menceritakan kepada kami Syu’bah, dari Abu Ishaq yang mengatakan bahwa ia pernah mendengar Abdur Rahman ibnu Yazid berkata bahwa ia pernah mendengar Ibnu Mas’ud berkata sehubungan dengan surat Bani Israil (Al-Isra), surat Al-Kahfi, dan surat Maryam,

“Sesungguhnya ketiga surat ini mengandung kisah-kisah terdahulu yang menarik,” dan surat-surat itu merupakan surat kesukaannya.

Baca juga: Istimewa! Inilah 5 Keutamaan Surat Al Mulk Sebelum Tidur

قَالَ الْإِمَامُ أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ، حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ، عَنْ مَرْوَانَ، عَنْ أَبِي لُبَابَةَ، سَمِعَتْ عَائِشَةَ تَقُولُ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ: مَا يُرِيدُ أَنْ يُفْطِرَ، وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ: مَا يُرِيدُ أَنْ يَصُومَ، وَكَانَ يَقْرَأُ كل ليلة ” بني إسرائيل “، و ” الزمر “

Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abdur Rahman, telah menceritakan kepada kami Hammad ibnu Zaid, dari Marwan. dari Abu Lubabah, bahwa ia pernah mendengar Siti Aisyah mengatakan: Rasulullah Saw. adalah orang yang suka berpuasa, sehingga kami mengatakan bahwa beliau tidak ingin berbuka (berhenti puasa). Dan beliau berbuka (tidak berpuasa), sehingga kami me­ngatakan bahwa beliau tidak ingin berpuasa. Dan setiap ma­lamnya beliau membaca surat Bani Israil dan surat Az-Zumar.

Berikut ini Quran Surat Al Isra ayat 1 beserta artinya:

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَى بِعَبْدِهِ لَيْلا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الأقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا إِنَّه هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ (1) 

Artinya: “Mahasuci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda, (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Isra:1).

Ada rekomendasi produk Al-Quran dan Speaker Quran yang tersedia di Evermos. Banyak fitur-fitur menarik yang sangat bermanfaat untuk membaca, menghafal bahkan untuk mendengarkan murratal.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan produk ini, silahkan untuk klik rekomendasi produk di bawah ini. 

Arti Surat Al Isra Ayat 1

Arti Surat Al Isra Ayat 1

Baca juga: Tidak Hanya Dilancarkan Rezeki, Banyak Keutamaan Surat Al Waqiah Lainnya

Makna dan Tafsir Quran Surat Al Isra Ayat 1

Arti Surat Al Isra Ayat 1
Sumber: shutterstock.com

Allah memuliakan kedudukan diri-Nya dan mengagungkan urusan-Nya karena kuasa-Nya untuk melakukan hal-hal yang tidak dapat diperbuat oleh siapapun selainNya; tiada Tuhan yang berhak disembah selainNya, dan tidak ada tuhan (penguasa alam) selain-Nya.

Dialah yang menjalankan hamba-Nya, Muhammad di malam hari pada sebagian malamnya dengan jasad dan ruhnya dalam keadaan terjaga, bukan tidur, dari Masjidil Haram di Makkah menuju Masjidil Aqsha di Baitul Maqdis yang Allah memberkahi sekelilingnya dari segi tanam-tanamannya, buah-buahannya dan lain sebagianya, dan Dia menjadikannya sebagai tempat hidup banyak Nabi agar ia dapat menyaksikan keajaiban-keajaiban kuasa Allah dan petunjuk-petunjuk keesaan-Nya.

Sesungguhnya Allah, Dia Maha Mendengar semua ucapan para hamba-Nya lagi Maha Melihat semua perbuatan mereka. Maka Dia akan memberikan hak setiap orang di dunia dan di akhirat.

Berikut poin-poin dari makna di atas:
  1. Allah memperlihatkan anugerah kehidupan kepada manusia yang mana tidak hanya untuk dinikmati tetapi juga untuk dijaga.
  2. Allah memberikan pengalaman perjalanan yang agung kepada Muhammad untuk melihat tanda-tanda kekuasaan-Nya atas alam semesta.
  3. Bila meresapi ayat tersebut, kita akan merasakan betapa kita hanyalah makhluk kecil yang tidak dapat menyembunyikan apapun dari Sang Pencipta.
  4. Allah memperlihatkan keberadaan-Nya kepada Nabi Muhammad SAW dan pengikutnya melalui ciptaan-ciptaan-Nya.
  5. Allah memperlihatkan dengan jelas anugerah tanah, buah-buahan, kekayaan alam semesta kepada umat manusia dengan tujuan agar manusia melestarikannya.

Rekomendasi Speaker Quran yang Tersedia di Evermos

Arti Surat Al Isra Ayat 1

Untuk menunjang peribadahan kepada Allah, hendaknya kita mengimani Al-Quran dengan cara membaca, mendengar dan memahami kandungannya atau isi dari Al-Quran.

Ada rekomendasi Speaker Quran yang memiliki fitur lengkap, seperti murratal Quran, doa sehari-hari, kajian dari para ustadz, kisah-kisah Nabi dan masih banyak lagi.

Betapa pentingnya untuk memiliki produk ini, bukan? Setelah memilikinya, rasakan berbagai kemudahan dan kebermanfaatan dalam memahami Al-Quran atau hal keislaman.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan atau menjual produk ini, Anda dapat menjadi reseller Evermos.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha?

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik di bawah ini!

Arti Surat Al Isra Ayat 1

Demikianlah informasi mengenai arti surat Al Isra ayat 1 yang penuh hikmah. Boleh share artikel ini agar yang lain juga mendapat kebermanfaatan.

Untuk membaca artikel lainnya, silahkan untuk mengunjungi situs blog Evermos. 

 

×