Arti Nama Putri untuk Anak Perempuan dan 24 Rangkaian Nama Lengkapnya

Sebagai warga Indonesia, pasti Anda sudah tidak asing dengan nama Putri. Nama ini cukup banyak kita temukan pada anak perempuan, baik itu sebagai nama depan, nama tengah, ataupun akhir dari nama lengkap. Tapi, sudah tahukah Anda apa arti nama Putri? 

Memberikan nama pada anak adalah salah satu hal yang sangat orang tua pertimbangkan. Sebab, nama tersebut akan dibawa oleh sang anak sampai ia tumbuh dewasa. Apalagi, terdapat ungkapan bahwa nama adalah doa. 

Sehingga, ketika anak lahir ke dunia, orang tua harus memberikan nama yang bagus termasuk dengan artinya. Nah, di Indonesia sendiri, banyak orang tua yang akhirnya memberikan nama untuk anak mereka khususnya anak perempuan dengan nama Putri. 

Nama Putri memang mengandung arti dan makna yang mendalam. Apabila saat ini Anda juga sedang mencari nama untuk anak, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan kata Putri pada nama anak Anda. Untuk itu, simak penjelasan lengkapnya disini, ya!

Baca juga: Arti Nama Al dalam Islam dan Berbagai Bahasa, Temukan Inspirasi Rangkaian Nama untuk Anak!

Apa Arti Nama Putri dan Sifatnya pada Anak Perempuan? 

arti nama putri
Sumber: pexels.com

1. Arti Nama Putri Menurut Islam 

Meskipun nama Putri memang bersifat lebih umum, yang artinya bisa digunakan untuk menamai anak perempuan dari kepercayaan apapun, namun dalam Islam ternyata ada makna dan arti tersendiri dari nama Putri. 

Arti nama Putri menurut Islam adalah ‘doa dan harapan agar anak perempuan dapat menjadi wanita yang cantik dan feminin’. 

Adapun arti nama Putri menurut Al Quran tidak ada, sebab Putri sendiri adalah kata yang berasal dari bahasa Indonesia. Namun, dalam Al Quran, terdapat kata Nisa (salah satu surah dalam Al Quran) yang juga merujuk pada wanita atau perempuan. 

Selain itu, karena Putri merepresentasikan nama anak perempuan, Putri dalam kosa kata bahasa Arab yaitu Bint (بنت) yang juga merujuk pada nama untuk wanita. 

2. Arti Nama Putri Menurut Kamu Besar Bahasa Indonesia 

Kata Putri memang berasal dari bahasa Indonesia. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Putri memiliki arti ‘anak perempuan raja’, ‘anak perempuan;wanita’, ‘khusus (untuk) wanita’, dan ‘anak kandung wanita’. 

Dari arti menurut KBBI tersebut, sudah sangat jelas bahwa nama Putri memang diperuntukkan khusus untuk nama perempuan. 

Adapun menurut bahasa Sansekerta, nama Putri artinya adalah ‘anak perempuan’. Namun, kata Putri ini maknanya semakin luas bergantung pada penggunaannya dalam penggunaan bahasa Indonesia. 

Selain nama Putri, ada banyak referensi nama untuk anak perempuan dengan arti dan makna yang bagus dalam Islam. Anda bisa membacanya disini: Inilah 400 Nama Bayi Perempuan Islami Terlengkap A-Z Beserta Artinya

3. Sifat dan Karakteristik Nama Putri Pada Perempuan 

Dengan banyaknya orang tua Indonesia yang memberikan nama Putri untuk anaknya, jadi sudah pasti nama ini memiliki sifat dan karakteristik yang bagus. 

Dilansir dari Sehatq, nama Putri menggambarkan karakter yang ekspresif, suka bersenang-senang, memiliki kreativitas yang tinggi, artistik, dan imajinatif. Selain itu, Putri merepresentasikan seorang perempuan yang berorientasi pada karir. 

Adapun sifat dari nama Putri menggambarkan seorang perempuan dengan kepribadian yang kuat. 

Baca juga: 55 Nama Bayi Perempuan Lahir Bulan Ramadhan 3 Kata dan Artinya

Rangkaian Nama Lengkap untuk Kata Putri dan Artinya

arti nama putri
Sumber: freepik.com

Setelah mengetahui arti nama Putri serta sifat dan karakteristiknya, sekarang Anda bisa temukan nama-nama lengkap dengan kata Putri. Berikut ini adalah rangkaian nama Putri dengan artinya: 

Nama Lengkap Putri dengan Dua Suku Kata Awalan A

1. Amelia Putri

Amelia artinya adalah giat, berada, dan bekerja. Sehingga, arti nama Amelia Putri adalah seorang anak perempuan yang beradab dan pekerja keras yang selalu unggul.  

2. Aqila Putri 

Aqila artinya adalah cerdas, bijaksana, berakal, dan bakat yang terberkati. Sehingga, arti nama Aqila Putri adalah seorang perempuan yang tumbuh cerdas dan bijaksana. 

3. Aisyah Putri

Dalam bahasa Arab, Aisyah artinya adalah hidup dan sehat. Sehingga, arti nama Aisyah Putri adalah seorang anak perempuan yang hidup sehat, atau seorang wanita yang semangat menjalani kehidupan.  

4. Annisa Putri

Nama Annisa memiliki makna seorang wanita atau gadis yang menyenangkan dan membawa ketenangan. Sehingga, arti nama Annisa Putri adalah seorang perempuan yang memiliki sifat menyenangkan serta membawa ketenangan. 

5. Anaya Putri

Dalam bahasa Arab, Anaya memiliki arti kepedulian, perlindungan, dan rajin. Sehingga arti nama Anaya Putri adalah seorang anak perempuan yang rajin serta peduli dan melindungi orang lain dengan baik. 

6. Azzahra Putri

Arti nama Azzahra adalah cerah, bersinar, cemerlang, dan indah. Sehingga, arti nama Azzahra Putri adalah anak perempuan yang cemerlang dan bersinar dengan indah. 

Daftar Nama Lengkap Putri dengan Dua Suku Kata

7. Dinda Putri

Nama Dinda berasal dari kata Adinda yang menurut KBBI yaitu buah hati. Selain itu, juga ada yang mengartikan sebagai anak pertama, atau menjadi panggilan sayang. Sehingga, arti nama Dinda Putri adalah anak perempuan pertama atau buah hati pertama di keluarga. 

8. Eka Putri 

Eka berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya satu, tunggal, esam pertama, terdahulu, atau awal. Sehingga, jika digabungkan maka arti nama Eka Putri adalah anak perempuan pertama yang hadir di keluarga, atau anak perempuan satu-satunya di keluarga. 

9. Kinara Putri 

Kinara memiliki arti kecantikan yang terlindungi oleh duri. Sehingga arti nama Kinara Putri adalah seorang anak perempuan yang cantik bagaikan sosok mawar yang dilindungi oleh duri.

10. Nadia Putri 

Dalam bahasa Melayu, Nadia artinya adalah harapan. Sedangkan dalam bahasa Mesir artinya yaitu seseorang yang mendapatkan panggilan Tuhan. Sehingga, arti nama Nadia Putri adalah anak perempuan kesayangan, kebanggaan dan harapan bagi orang tua. 

11. Naura Putri

Nama Naura memiliki arti sebuah bunga dalam bahasa Arab, atau juga merupakan kata turunan dari Nur yang artinya cahaya. Sehingga, arti nama Naura Putri adalah anak perempuan bak bunga yang bercahaya. 

12. Rania Putri 

Rania berasal dari bahasa Arab yang artinya cantik dan mempesona. Sehingga, arti nama Rania Putri adalah putri perempuan yang cantik serta mempesona. 

13. Salsabila Putri

Dalam Al Quran, nama Salsabila artinya adalah mata air di surga. Sehingga, arti nama Salsabila Putri adalah anak perempuan yang diberikan Allah sebagai hadiah bagi mereka yang taat kepada perintah Allah SWT. 

14. Putri Handayani

Arti dari nama Handayani adalah pemberi manfaat atau pendorong pada hal positif. Sehingga, arti nama Putri Handayani adalah seorang wanita yang memberikan manfaat di kehidupan. 

Daftar Nama Lengkap Dua Suku Kata dengan Awalan Putri 

15. Putri Pertama

Pertama dalam bahasa Indonesia sudah jelas menggambarkan sebagai sebuah awalan dari suatu hal, atau dalam konteks anak yaitu anak pertama (sulung) yang lahir di sebuah keluarga. Sehingga, arti nama Putri Pertama adalah anak perempuan yang pertama hadir dalam keluarga. 

16. Putri Wulandari 

Wulandari memiliki arti yaitu bulan yang bundar atau bulan purnama. Sehingga, arti nama Putri Wulandari yaitu anak perempuan bak bulan purnama. 

17. Putri Rahayu 

Menurut bahasa Sansekerta, Rahayu memiliki arti yaitu selamat dan sejahtera yang jauh dari musibah atau kekurangan. Sehingga, arti nama Putri Rahayu adalah perempuan yang hidup sejahtera dan dijauhkan dari berbagai kekurangan. Adapun jika digabung menjadi Putrirahayu, maka artinya adalah berbakat, cerdas, dan sangat kreatif. 

18. Putri Ayu 

Dari KBBI, Ayu artinya adalah cantik, menawan, dan anggun. Sehingga, arti nama Putri Ayu adalah seorang perempuan yang tumbuh cantik dalam artian menawan dan anggun. 

19. Putri Lestari 

Lestari artinya adalah abadi atau langgeng dalam bahasa Jawa. Sehingga, arti nama Putri Lestari adalah perempuan yang berbakat, cerdas, dan sangat kreatif. 

Nama Lengkap Putri dengan Tiga Suku Kata

20. Zahra Aulia Putri 

Kata Zahra memiliki arti yaitu cerah dan mekar. Nama Aulia artinya yaitu seorang pemimpin golongan dalam Islam. Sehingga, arti nama Zahra Aulia Putri yaitu, perempuan yang diharapkan tumbuh menjadi seorang pemimpin yang baik. 

21. Kayla Azzahra Putri 

Menurut bahasa Arab, Kayla artinya adalah mahkota, atau juga diartikan bijaksana. Adapun Azzahra artinya yaitu bersinar, indah, dan cemerlang. Sehingga, arti nama Kayla Azzahra Putri adalah perempuan dengan mahkota yang bersinar dan indah. 

Selain itu, kata pada nama di atas bisa dibalikkan menjadi Kayla Putri Azzahra. 

22. Raisya Putri Azzahra

Raisya dalam bahasa Arab artinya adalah pemimpin. Adapun Azzahra artinya bersinar, indah, serta cemerlang. Sehingga, arti nama Raisya Putri Azzahra adalah perempuan pemimpin yang cemerlang serta bersinar indah. 

23. Alika Nayla Putri

Alika artinya adalah untukmu, untuk kamu, atas dirimu yang diambil dalam bahasa Arab. Adapun Nayla artinya adalah orang yang sukses. Sehingga, arti nama Alika Nayla Putri atau Alika Naila Putri adalah perempuan yang lahir sebagai seseorang yang sukses. 

24. Rizkia Humaira Putri

Rizkia dalam bahasa Arab adalah rezeki, anugerah, dan pemberian. Sedangkan Humaira artinya adalah kemerahan, putih campur merah, atau yang berpipi merah. Sehingga, arti nama Rizkia Humaira Putri adalah gadis perempuan berpipi merah yang lahir sebagai anugerah.

Itulah penjelasan mengenai arti dari nama Putri dan berbagai inpirasi nama Putri serta artinya. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda dalam menentukan nama anak. Jika Anda ingin membaca informasi menarik lainnya, Anda bisa mengunjungi blog Evermos.

Selain itu, apabila Anda ingin menerima penawaran mendapatkan penghasilan tambahan tanpa modal, Anda bisa mengunjungi Evermos, atau klik tombol di bawah ini untuk bergabung sebagai reseller Evermos!

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)