10 Arti Mimpi Potong Rambut Menurut Islam, Pertanda Baik atau Buruk?

Arti mimpi potong rambut menurut Islam kerap menjadi topik yang banyak dicari oleh orang-orang yang mengalaminya. Apakah kamu juga pernah bermimpi tentang potong rambut?

Sering disebut sebagai bunga tidur, mimpi yang kita alami memang tidak selalu yang menyenangkan dan justru menimbulkan pertanyaan.

Mulai dari mimpi naik tangga, mimpi menikah hingga mimpi potong rambut. Beberapa orang mengartikan mimpi tersebut sebagai pertanda baik, butuk, atau sebuah pengingat.

Lalu, bagaimana sebenarnya arti potong rambut menurut Islam? Simak penjelasannya berikut ini. 

Arti Mimpi Potong Rambut Menurut Islam

arti mimpi potong rambut menurut Islam
Sumber: canva.com

1. Mimpi Potong Rambut Menurut Syekh Abdul Ghani An Nablusi 

Menurut Syekh Abdul Ghani An Nablusi dalam kitabnya yaitu Ta’thirul Anam Fi Tafsiril Ahlam, arti mimpi potong rambut dalam Islam bisa saja berkaitan dengan pertanda buruk. 

Pertanda buruk ini berkaitan dengan hilangnya kedudukan atau pangkat yang saat ini ia miliki.

2. Mimpi Potong Rambut Pendek Menurut Abu Bakar Al Ahsa’i

Mimpi rambut pendek menurut Islam dijelaskan oleh Syekh Abu Bakar Al Ahsa’i sebagai sebuah pertanda buruk atau kurang baik. 

Namun, pertanda buruk ini apabila ketika seseorang mimpi potong rambut pendek padahal di kehidupan nyata ia lebih suka memanjangkan rambutnya.

Namun, jika seseorang memang sudah rutin mencukur atau memotong rambutnya, maka tidak ada arti atau makna apapun ketika ia bermimpi potong rambut. 



3. Mimpi Perempuan Memotong Rambut Menurut Syekh Abu Bakar Al Ahsa’i

Syekh Abu Bakar Al Ahsa’i juga berpendapat bahwa ketika perempuan yang bermimpi memotong rambutnya maka artinya akan ada suatu hal buruk yang akan terjadi. 

Maksud hal buruk ini adalah salah satu mahramnya mungkin akan meninggal dunia. 

Namun, arti potong rambut menurut Islam ini tidak sepenuhnya dapat kita yakini sebab perkara kematian dan musibah hanya Allah yang dapat mengendalikannya.

Baca juga: 3 Arti Mimpi Bertemu Orang yang Sudah Meninggal Menurut Islam.

Arti Mimpi Potong Rambut Sendiri Menurut Islam

arti mimpi potong rambut menurut islam

4. Mimpi di Potong Rambut oleh Kerabat

Ketika kamu bermimpi seorang kerabat atau keluarga terdekat kamu memotong rambut kamu, itu bisa menandakan bahwa akan terjadi suatu hal yang sulit dalam hidup seseorang. 

Mimpi ini bisa menjadi sinyal atau pertanda bahwa seseorang yang ada di kehidupan kita perlu bersiap-siap atas berbagai bentuk musibah atau tantangan yang akan datang kedepannya. 

5. Mimpi Pangkas Rambut oleh Tukang Cukur 

Mimpi potong rambut di salon menurut Islam yaitu kamu atau seseorang di hidupmu akan menemukan kebahagiaan yang akan menghampirinya.

Kebahagiaan ini mengarah kepada jalan menuju kesuksesan hingga mendapatkan dukungan dari seseorang yang ahli di bidangnya. 

6. Mimpi Potong Rambut di Siang Hari 

Ketika kamu bermimpi potong rambut di siang hari, maka arti dari mimpi potong rambut itu adalah akan ada pertanda baik yang akan datang. 

Tanda baik ini mencakup impian atau harapan kamu yang akan tercapai atau terwujud dalam waktu dekat. 

Namun, tentunya mimpi ini tidak bisa terwujud dengan hanya menunggu takdir baik tersebut datang, melainkan perlu diiringi dengan usaha untuk mewujudkannya. 

7. Mimpi Potong Rambut di Malam Hari

Sebaliknya, jika kamu bermimpi potong rambut di malam hari, maka menandakan bahwa impian yang kamu miliki bisa saja tertunda atau butuh waktu lama untuk mewujudkannya. 

Namun, jangan langsung berputus asa, karena jika kamu meyakini mimpi ini, maka kamu dapat mempersiapkan mental dan kesabaran jika mimpi tersebut terjadi dalam waktu dekat. 

8. Arti Mimpi Melihat Orang Potong Rambut Menurut Islam

Mimpi melihat orang potong rambut menurut Islam juga memiliki arti yang berbeda-beda bergabung jenis potongannya.

Jika rambut orang tersebut dipotong pendek, maka memiliki makna untuk bersiap-siap dengan rezeki atau keberuntungan yang akan datang secara tiba-tiba.

Sedangkan jika rambut orang tersebut dipotong botak, memiliki makna adanya perasaan cemas atau khawatir yang melanda orang yang sedang bermimpi.

Mimpi Potong Rambut Menurut Ilmu Psikologi

Mimpi potong rambut yang dialami oleh seseorang tidak hanya ditafsirkan dari sudut pandang agama Islam, namun juga menurut ilmu psikologi. 

Menurut dasar ilmu psikologi, tidak ada mimpi yang memiliki pertanda buruk. Namun, mimpi potong rambut ini bisa saja mengarah kepada kondisi psikologis orang tersebut. 

Misalnya, ketika seseorang bermimpi rambutnya dipotong pendek, maka bisa saja ia sedang kehilangan motivasi dan kekuatan untuk menjalani kehidupan sehingga terlihat lemah. 

Selain itu, jika ia bermimpi potong rambut dan terbangun dengan kondisi hati yang kurang baik, maka kemungkinan ia sedang mengalami kegelisahan di kehidupan sehari-hari. 

Mimpi Pangkas Rambut Menurut Primbon Jawa

Selain menurut ilmu psikologi, arti mimpi potong rambut ini juga menjadi tafsiran tertentu di beberapa daerah di Indonesia seperti di Primbon. 

Primbon jawa merupakan kitab warisan leluhur yang berorientasi pada kehidupan manusia dan alam semester. Adapun salah satunya yaitu mengenai mimpi potong rambut ini. 

Menurut Primbon Jawa, arti mimpi potong rambut adalah suatu pertanda baik yang akan datang ke dalam hidup seseorang yang mengalami mimpi. 

Kesimpulan

Itulah beberapa arti mimpi potong rambut menurut Islam dan menurut ilmu lainnya. Baik itu pertanda baik atau buruk dari mimpi tersebut akan bergantung pada apa yang kamu pikirkan. 

Selain itu, kamu juga perlu mengingat bahwa segala takdir baik atau buruk adalah kehendak dari Allah SWT. 

Semoga artikel ini bermanfaat! Kamu dapat membaca artikel menarik lainnya di blog Evermos

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi Evermos untuk mendapatkan informasi mengenai program Reseller Evermos. Program ini mengajak kamu untuk memulai usaha tanpa modal!

Tertarik? Klik tombol di bawah ini untuk registrasi gratis ke platform Evermos!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)