Arti Letak Jerawat di Wajah | Bisa Menandakan Kondisi Kesehatan, Lho!

arti letak jerawat

Jerawat kerap muncul menjadi pertanda produksi minyak di kulit sedang berlebih. Namun terkadang kita menyepelekan jerawat. Namun tahukah Anda jika jerawat memiliki arti, dan arti letak jerawat itu bisa menunjukkan kondisi Kesehatan. Ternyata, jerawat tidak hanya mengganggu penampilan, namun dibalik itu ada kondisi serius yang sedang terjadi.

Jerawat bisa jadi pendeteksi gejala penyakit tertentu yang sedang bersarang di tubuh. Ini hal yang baik karena kita bisa dengan segera mengambil tindakan untuk mengatasinya.

Ingin tahu apa saja arti letak jerawat dan bagaimana cara mengatasinya? Untuk lebih lengkapnya, mari kita simak pada ulasan berikut ini.

Arti Letak Jerawat di Wajah | Bisa Jadi Pertanda Kesehatan, lho!

1. Jerawat di Pipi

arti letak jerawat

sumber : shutterstock.com

Pipi adalah tempat munculnya jerawat yang paling sering didapati seseorang. Namun, jangan anggap remeh jerawat yang tumbuh di pipi karena sebenarnya area ini terkoneksi pada paru-paru dan liver.

Arti jerawat pada pipi kiri bisa menandakan adanya iritasi pada paru-paru contohnya bisa karena polusi udara. Sedangkan jerawat pada pipi kiri menandakan pada kondisi Kesehatan hati (liver)

Biasanya, penyebab jerawat muncul di pipi adalah karena bakteri terpapar pada kulit, contohnya seperti kebiasaan memegang wajah dengan tangan kotor, sarung bantal yang tidak bersih, handphone yang kotor, dsb.

Jadi, mulailah menerapkan gaya hidup sehat dan bersih seperti rajin membersihkan kuas makeup dan layar ponsel, serta rutin mengganti sarung bantal dan hindari paparan polusi.  Lebih sering mencuci tangan dan Jangan sering menyentuh area wajah.

Baca Juga:  Kumpulan Lengkap Dzikir Dan Doa Setelah Sholat Fardhu 5 Waktu

Baca Juga : 6 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Mudah dan Alami

2. Jerawat di Dahi

arti letak jerawat

sumber : shutterstock.com

Apakah Anda suka mengenakan topi atau punya rambut berponi? Atau suka memakai minyak rambut? Hal tersebut adalah salah satu penyebab timbulnya jerawat di dahi karena area tersebut memproduksi lebih banyak sebum (minyak)

Jika Anda tidak membersihkan wajah dengan bersih, maka pori-pori di kulit di dahi akan tersumbat maka jerawat muncul terus menerus.

Selain itu, stres juga menjadi faktor penyebab tumbuhnya jerawat di bagian dahi. Hal ini disebabkan karena tubuh Anda melepaskan hormon adrenalin dan kortisol yang membuat produksi sebum semakin meningkat. Hasilnya, area dahi terus muncul jerawat.

Oleh karena itu untuk mengatasinya Anda bisa menghindari stres dengan melakukan olahraga secara rutin atau meditasi sebelum tidur.

Menjaga pola tidur dan mempertahankan kualitas tidur juga bisa membantu dalam mengurangi stres.

Tak hanya itu, arti jerawat di dahi juga bisa menandakan adanya gangguan pada usus halus dan kandung kemih lantaran berkaitan dengan proses penyerapan makanan dan pembuangan sisa limbah dari tubuh.

Anda juga baiknya banyak minum air putih dan mengonsumsi pola makan tinggi serat.

Baca Juga : 8 Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Ampuh, Hanya Dengan Bahan Alami

3. Jerawat di Dagu

arti letak jerawat

sumber : shutterstock.com

Jerawat di dagu dan rahang menunjukan adanya perubahan hormonal pada tubuh. Kondisi ini dapat disebabkan oleh adanya gangguan pada sistem endokrin di tubuh. Kondisi ini sering terjadi terutama jika Anda remaja atau berusia di rentang 20 dan 30-an.

Jerawat di dagu juga bisa berhubungan dengan usus besar. Kondisi ini bisa menunjukkan kalau Anda alergi terhadap makanan atau karena pola makan tertentu. Misalnya, pada orang yang kerap mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat atau susu dengan tambahan kandungan hormon.

Baca Juga:  Cara Merawat Tanaman Janda Bolong Agar Tumbuh Subur dan Indah

Biasanya, jerawat muncul karena ketidakseimbangan hormon, contohnya seperti saat siklus menstruasi, hormon testosteron mengalami peningkatan sehingga membuat kulit lebih banyak memproduksi minyak.

Cara mengatasinya bisa dengan cara mengoptimalkan fungsi skincare kurang lebih satu minggu sebelum haid dan gunakan pembersih wajah yang mengandung benzoyl peroxide atau salicylic acid. Bahan ini bisa bekerja mematikan bakteri P.Acne, sehingga mengurangi risiko jerawat.

Atasi Jerawat Anda dengan Rangkaian Product Anti Acne Series di Aplikasi Evermos
arti letak jerawat

4. Jerawat di Hidung

arti letak jerawat

sumber : shutterstock.com

Munculnya jerawat di area hidung bisa jadi salah satu tanda jantung sedang dalam keadaan kurang baik. Selain itu, bisa jadi pertanda bahwa tekanan darah sedang tinggi.

Area hidung disebut juga zona T-Zone yang berhubungan dengan liver dan sistem pencernaan. Jika muncuk jerawat di Area ini maka menandakan terjadinya dehidrasi,

Kurangin konsumsi soda yang berlebihan, serta makan makanan yang tidak sehat. Pasalnya, area T-zone ini sangat sensitif terhadap racun-racun. Jadi, jika ada racun di dalam tubuhmu maka area ini akan bereaksi paling cepat dari area lainnya.

Jadi cara mengatasinya ialah rajin berolahraga serta batasi makanan yang mengandung garam tinggi seperti junk food. Kurangi juga konsumsi makanan pedas dan berlemak.

Perbanyak konsumsi buah-buahan sayuran, kacang-kacangan, serta makanan yang mengandung omega-3 dan omega-6 bisa menjadi alternatif makanan sehat.

Yang terpenting ialah jaga pola tidur agar teratur dan berkualitas serta hindari stres dengan melakukan olahraga secara rutin atau meditasi. Hal ini bisa membantuk Anda dalam mengurangi stress sehingga hidup lebih sehat.

5. Jerawat di Sekitar Mulut

arti letak jerawat

sumber : shutterstock.com

Jika muncul jerawat di sekitar mulut bisa jadi artinya karena Anda mengonsumsi makanan yang kurang sehat dan bergizi.

Baca Juga:  GRATIS! Begini Cara Mendapatkan Paket Obat Covid untuk Isolasi Mandiri dari Pemerintah

Kemunculan jerawat di atas bibir seringkali berhubungan dengan gangguan organ pencernaan. Mungkin Anda mengalami perut kembung atau sembelit.

Perbanyak konsumsi makanan mengandung serat dari sayuran dan buah-buahan.

Kemudian coba perhatikan pola makan. Mengonsumsi sumber protein dengan produk berbahan dasar susu bisa menimbulkan peradangan jerawat, terlebih jika dalam jumlah besar.

Selain itu, hindari makanan berminyak, karena bisa membuat kelenjar sebum di kulit semakin bertambah dan pori-pori menjadi tersumbat.

Temukan Ragam Produk Anti Jerawat Terbaik di Aplikasi Evermos
arti letak jerawat

Arti Munculnya Jerawat di Wajah

Demikianlah ulasan mengenai arti letak jerawat di wajah ini. Semoga dengan Adanya artikel ini kita bisa lebih aware dengan keberadaan jerawat ini dan tidak menganggapnya sepele.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Ada baiknya Anda mulai menerapkan pola hidup sehat agar kondisi tubuh selalu baik sehingga jerawat bisa dihindari.

Sekian artikel dari kami, semoga bermanfaat!

Jangan lewatan artikel Kesehatan menarik lainnya hanya di situs Blog Evermos.

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×