Apa Tujuan Makhluk Hidup Berkembang Biak? Simak di Sini!

Apa tujuan makhluk hidup berkembang biak – Tuhan menciptakan makhluk hidup bukan tanpa tujuan, artinya setiap yang diciptakan pasti memiliki maksud tertentu.

Sama halnya dengan makhluk hidup seperti manusia, hewan, dan tumbuhan yang berkembang biak dengan tujuan dan maksud tertentu.

Namun apa tujuan makhluk hidup berkembang biak? Simak jawabannya di bawah ini.

Artikel ini akan memberikan jawaban dari apa tujuan makhluk hidup berkembang biak dan cara makhluk hidup berkembang biak.

Berikut ini penjelasannya.

Apa Tujuan Makhluk Hidup Berkembang Biak?

Hewan
Sumber: google.com/bersosial

Sebelum membahas tentang cara manusia, hewan, dan tumbuhan berkembang biak, perlu diketahui terlebih dahulu apa tujuan dari kembang biak tersebut.

Ada dua tujuan utama dari sebuah perkembang biakan yang dilakukan oleh makhluk hidup.

Mengutip dari buku yang ditulis oleh Mokhamad Ismail yang berjudul Bahas Tuntas 1001 Soal Biologi VII, VIII, dan IX (9:2009), tujuan utama makhluk hidup berkembang biak adalah untuk menghasilkan keturunan.

Dengan kata lain makhluk hidup berkembang biak yaitu untuk mempertahankan jenisnya agar tidak punah.

Sedangkan tujuan kedua pun tak jauh berbeda, makhluk hidup berkembang biak artinya makhluk hidup tersebut menghasilkan keturunan yang baru dari sejenisnya. 

Tujuan makhluk hidup berkembang biak adalah untuk melestarikan keturunannya agar tidak punah.

Jadi, dapat diambil kesimpulan apa tujuan makhluk hidup berkembang biak yaitu untuk menghasilkan keturunan agar tidak punah.

Jenis-jenis Proses Perkembang Biakan

Hewan
Sumber: google.com/bersosial

Kemudian, ada dua jenis proses berkembang biak yang dilakukan oleh makhluk hidup, yakni secara generatif dan secara vegetatif.

Berikut adalah penjelasannya:

1. Perkembang biakan secara generatif

Cara pertama makhluk hidup berkembang biak adalah perkembang biakan generatif.

Perkembangbiakan generatif merupakan proses adanya individu baru yang diperoleh dari proses peleburan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina.

Proses peleburan kedua sel tersebut didahului dengan proses perkawinan.Oleh karena itu, perkembangbiakan generatif disebut juga perkembangbiakan secara kawin.

2. Perkembang biakan secara vegetatif

Kemudian adalah cara perkembang biakan vegetatif. Berbeda dengan perkembangbiakan generatif, perkembangan vegetatif adalah jenis perkembangbiakan yang tanpa melalui proses pembuahan atau peleburan sel kelamin jantan dan kelamin betina. 

Oleh sebab itu, perkembanganbiakan jenis ini disebut sebagai perkembangbiakan tidak kawin.

Cara Manusia Berkembang Biak

Apa Tujuan Makhluk Hidup Berkembang Biak
Sumber: google.com/bersosial

Makhluk hidup yang paling tinggi derajatnya yang disebutkan dalam firman Allah SWT adalah manusia.

Manusia berkembang biak tentu saja untuk menghasilkan keturunan, dan cara manusia dalam berkembang biak adalah sebagai berikut:

Manusia merupakan makhluk yang berkembang biak melalui proses generatif atau secara kawin. Perkembangbiakan manusia ditandai dengan adanya proses pembuahan.

Tubuh manusia mempunyai sejumlah organ yang bekerja pada sistem reproduksi. Sistem reproduksi sendiri merupakan sebuah rangkaian dan interaksi organ dan zat dalam organisme (manusia) yang dipergunakan untuk berkembang biak.

Reproduksi pada manusia terjadi secara seksual yang mana individu terbentuk melalui proses pembuahan, yakni dengan bersatunya sel kelamin laki-laki (sperma) dan sel kelamin wanita (sel telur).

Cara Hewan Berkembang Biak

Apa Tujuan Makhluk Hidup Berkembang Biak
Sumber: google.com/bersosial

Kemudian hewan cukup berbeda dengan manusia, ada dua jenis hewan yang berbeda dalam proses perkembang biakannya, yakni hewan vertebrata dan hewan invertebrata.

1. Hewan vertebrata

Vertebrata adalah golongan hewan yang memiliki tulang punggung. Pada umumnya, hewan vertebrata berkembang biak dengan cara generatif atau melalui proses perkawinan.

Berdasarkan tempat bertemunya sel gamet, proses perkembangbiakan hewan vertebrata dibagi menjadi dua jenis, yakni fertilisasi internal dan fertilisasi eksternal.

2. Hewan Invertebrata

Selanjutnya hewan invertebrata adalah kelompok hewan yang tidak bertulang punggung. Hewan invertebrata memiliki cara perkembangbiakan sebagai berikut:

Pertama adalah dengan cara reproduksi vegetatif, yakni dilakukan dengan tanpa adanya proses perkawinan. Contohnya adalah membelah diri, fragmentasi, pembentukan spora, dan lain-lain.

Kemudian adalah dengan cara reproduksi generatif, yaitu proses perkembangbiakan yang dilakukan melalui proses perkawinan.

Cara Tumbuhan Berkembang Biak

Apa Tujuan Makhluk Hidukp Berkembang Bia
Sumber: google.com/bersosial

Selanjutnya adalah cara tumbuhan berkembang biak, ada tiga cara yang dilakukan oleh tumbuhan untuk menghasilkan keturunannya:

1. Cara generatif

Proses reproduksi generatif pada tumbuhan pada umumnya diawali dengan proses penyerbukan dan dilanjutkan dengan proses pembuahan. 

Kemudian proses pembuahan tersebut akan menghasilkan biji yang kemudian tumbuh menjadi tumbuhan baru.

Proses pembuahan terjadi melalui beberapa bagian pada tumbuhan yang menjadi alat kelamin dari tumbuhan. Bagian alat kelamin bunga terdiri dari benang sari sebagai alat pembiakan jantan dan putik sebagai alat pembiakan betina.

2. Cara vegetatif alami

Kemudian adalah dengan cara vegetatif alami. Perkembangbiakan vegetatif alami adalah proses reproduksi yang tanpa melalui proses pembuahan dan dilakukan dengan cara alami atau tanpa bantuan manusia.

Proses perkembangbiakan vegetatif alami terjadi pada tumbuhan bertunas, umbi akar, umbi batang, umbi lapis, dan jenis tumbuhan lainnya.

3. Cara vegetatif buatan

Perkembangbiakan vegetatif buatan adalah proses reproduksi secara vegetatif yang dilakukan dengan bantuan manusia. Vegetatif buatan terdiri dari beberapa jenis, yakni mencangkok, okulasi, setek, merunduk, dan mengenten.

Anda juga bisa menonton proses perkembang biakan makhluk hidup di bawah ini:

Demikianlah pembahasan tentang apa tujuan makhluk hidup berkembang biak dan jenis perkembang biakannya. Semoga bermanfaat!

Jika ingin mendapatkan artikel islami menarik lainnya, kunjungi terus situs Blog Evermos.

Anda juga bisa mendapatkan penghasilan jutaan rupiah hanya dengan modal HP saja tanpa harus keluar rumah.

Caranya mudah, hanya cukup menjadi reseller Evermos dan daftar sekarang juga dengan menekan tombol di bawah ini.

MULAI JUALAN SEKARANG

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)