Apa Itu E Commerce? Cari Tahu Manfaat dan Contohnya di Sini, Yuk!

apa itu e commerce

Apa Itu E Commerce? — E commerce adalah layanan perdagangan yang dilakukan secara elektronik yang terkoneksi dengan internet.  Lalu, apa itu E Commerce menurut para ahli?

Menurut Johny Wong (2010:33) mengatakan bahwa definisi E-Commerce adalah pembelian, penjualan, dan pemasaran barang serta jasa melalui sistem elektronik. Seperti radio, televisi, dan jaringan komputer atau internt.

Menggunakan layanan e-commerce sudah tentu cara penggunaannya yang sederhana akan mempertemukan penjual dan pembeli tanpa tatap muka.

Bisnis e commerce sendiri kebanyakan dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan besar yang menggunakan sistem digital. Mulai dari pemasarannya, pengiriman produk, sampai pembayaran. 

5 Manfaat E-Commerce Untuk Pelaku Bisnis

apa itu e commerce

sumber : pexelsl.com

 


  1.     Modern Dalam Sistem Pembayaran

Setelah mengetahui apa itu E Comemerce, kamu juga harus meneliti apa saja manfaatnya. E-Commercebisa membawa suatu kelompok atau perorangan melakukan transaksi secara elektronik. 

Jadi, pembeli dan penjual sama sekali tidak perlu saling bertemu secara langsung.


  1.     Bisa Kerja di Manapun

Manfaat e-commerce lainnya adalah dapat kerja di manapun serta diakses kapanpun selama 24 jam tanpa batas. Oleh karena itu, kamu hanya perlu menjalankannya dari mana saja asalkan memiliki perangkat yang terkoneksi internet.


  1.     Biaya yang Murah

Membuka lapak online tentu memerlukan biaya operasional. Namun, jangan khawatir sebab biaya operasionalnya relatif murah dibandingkan toko offline. Kamu tidak perlu menyewa bangunan ataupun listrik. 


  1.     Memudahkan Konsumen Dalam Mencari Kebutuhannya

Selanjutnya, manfaat dari e-commerce adalah memudahkan konsumennya. Jika biasanya mereka harus memutari toko untuk berbelanja kebutuhan, kini konsumen hanya perlu men-scroll timeline dari situs e-commerce tersebut.

Konsumen hanya perlu mengetik nama produk yang dicar ke dalam kotak pencarian.


  1.     Pembayaran Bisa Cash On Delivery (COD)

Bukan hal baru jika berbelanja lewat e-commerce kini dapat mendapatkan transaksi pembayaran secara COD. Pembeli dan penjual akan bertemu sesuai kesepakatan atau bisa juga membayar lewat kurir yang mengantar paket ke rumah konsumen.

Pembayaran menggunakan metode COD ini juga dapat meminimalisir terhadap penipuan secara online.

11 Contoh E-Commerce yang Ada di Indonesia

Sampai saat ini e-commerce di Indonesia sudah tidak bisa dihitung jari lagi. Mulai dari marketplace terkenal sampai yang masih baru. Berikut nama-nama e-commerce terbesar dan paling sering dikunjungi konsumen Indonesia:

  1.     Tokopedia
  2.     Shopee
  3.     Bukalapak
  4.     Lazada
  5.     Blibli
  6.     Orami
  7.     JD.id
  8.     Bhinneka
  9.     Sociolla
  10.     Zalora
  11.    Evermos

Selain e-commerce jual-beli kebutuhan sehari-hari, masih ada internet banking, SMS banking, aplikasi TV kabel dan internet provider. Diantaranya ada, Indi Home, Indovision, First media, Mola TV, Big TV, My Republic, dan masih banyak lagi.

Selain menjadi pembeli tentunya Anda bisa menjadi pebisnis di E-commerce dong. Yuk coba bergabung bersama kami di Evermos.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis gratis hanya dari rumnah saja. Tanpa modal, tanpa perlu ribet mikirin stiok dan pengiriman barang semuanya sudah diatur oleh pihak dari Evermos.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera bergabung dengan Evermos dan raih keuntungan hingga jutaan rupiah perbulannya.

MULAI JUALAN SEKARANG

Inilah Perbedaan E Commerce dengan Social Commerce

Apa itu e commerce

sumber : pexels.com

Masih banyak yang belum mengetahui tentang perbedaan antara e-commerce dan social commerce.

Ternyata keduanya sangat memiliki perbedaan yang signifikan, loh. 

Perbedaan e commerce dengan social commerce yang pertama adalah:

  •     Apa itu E-Commerce? E-commerce biasanya hadir dengan paket komplit sembari menawarkan katalog produk serta proses jual-beli yang dilayani 24 jam secara otomatis. E-commerce juga hadir secara spesifil terhadapt jual-beli di platform media sosial seperti, Facebook, Instagram, Twitter sampai WhatsApp.
  •     Apa itu Social Commerce? Social commerce dibuat dari kata campuran antara media sosial dan e-commerce. Jadi, sebetulnya social commerce dan e-commerce ini hampir mirip. Namun, social commerce bisa membantu kamu dan konsumen dengan membagikan review produk dan pengalaman belanja ke teman-temanmu.

Tak hanya itu saja, kamu juga harus mempromosikan produk jualan online milikmu dari mulut ke mulut. Kegiatan promosi ini bisa menghapus jarak dan membangun jaringan belanjat kuat dan terpercaya.

Salah satu contoh social commerce yang patut kamu analisis adalah aplikasi Evermos. Evermos adalah platform social commerce reseller pertama di Indonesia yang menjual produk-produk Muslim berkualitas.

Social commerce yang satu ini memiliki tagline Everyday Need For Every Moslem”. Tujuannya tentu membantu pelaku-pelaku bisnis kecil dan perorangan untuk bersaing secara adil. 

Cara kerja social commerce Evermos sangatlah mudah. Jika sebagai konsumen Evermos, kamu hanya perlu masuk ke laman situs atau aplikasi Evermos lalu order barang yang dipilih dan selesaikan proses pembayaran.

Namun, jika kamu menjadi seorang reseller Evermos, nantinya orderan darimu akan di proses oleh Evermos baik proses transaksi pembayaran sampai pengiriman. 

Agar toko Evermos milikmu kebanjiran order, kamu dapat memberikan informasi produk kepada teman atau kerabat melalui media sosial seperti, grup WhatsApp, Facebook, Instagram, dan platform lainnya.

Jadi tunggu apalagi? Yuk segera daftar sekarang. Tenang saja, pendaftaran gratis

DAFTAR DISINI SEKARANG

Perbedaan E-Commerce VS Social Commerce yang Harus Anda Tahu

Apa itu e commerce

sumber : pexels.com

Jadi, setelah membaca perbedaan e-commerce dan social commerce di atas kita dapat menyimpulkan bahwa diantara keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.  

No. E-commerce Social Commerce
1 Fokus pada katalog produk Fokus pada chat pembeli
2 Transaksi di dalam platform Transaksi di luar platform
3 Tidak mengandalkan sosial media Mengandalkan sosial media
4 Tidak selalu ada review Review langsung dari mulut ke mulut
5 Aktif 24 jam Ada jam operasional

Itulah penjelasan mengenai apa itu e commerce beserta contoh marketplace terbesar di Indonesia yang memiliki banyak pengunjung.

Bagaimana artikel diatas? Semoga dapat memberikan edukasi yang bermanfaat untukmu, ya!

Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki bisnis sendiri, yuk segera bergabung dengan Evermos.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Reseller Evermos adalah peluang bisnis menjanjikan karena Anda bisa terhubung dengan ratusan brand ternama dan menjual ribuan produk kebutuhan sehari-hari terlengkap.

Jadi, Untuk Anda yang Ingin Memulai Usaha Tapi Terkendala modal, Tenang. Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha.

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier.
  • Bisa jualan di marketplace
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Anda pun bisa mulai berjualan ya dengan cara klik tombol di bawah ini!

YUK, GABUNG DISINI!

Sekian artikel ini. Jangan lupa sebarkan pada keluarga, teman, dan kerabat yang membutuhkan ya! Semoga bermanfaat.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya hanya di situs blog Evermos

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×