Sedang Hype! Apa Itu Bitcoin? Hukumnya Halal Atau Haram, Ya?

Saat ini investasi bitcoin ramai menjadi bahan pembicaraan. Bagi Anda yang belum mengetahui lebih dalam tentang apa itu bitcoin, silahkan untuk simak pada ulasan artikel ini.

Saat ini sudah banyak orang yang berinvestasi bitcoin, tentu belum tahu boleh dilakukan atau tidak.

Bitcoin telah mengalami kenaikan kapitalisasi pasar. Nilainya pun tidak main-main, melampaui 1 triliun dolar AS.

Baca juga: Inilah Keuntungan dan Risiko Investasi Dinar Dirham Sesuai Syariah Islam

Apa Itu Bitcoin?

Apa Itu Bitcoin
Sumber: shutterstock.com

Bitcoin merupakan sebuah mata uang baru atau uang elektronik yang diciptakan pada 2009 lalu oleh seseorang yang menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto.

Bitcoin utamanya digunakan dalam transaksi internet tanpa menggunakan perantara alias tidak menggunakan jasa bank.

Untuk sistem Bitcoin ini menggunakan sistem peer to peer (P2P). Namun, sistemnya bekerja tanpa penyimpanan atau administrator tunggal di mana Departemen Keuangan Amerika Serikat menyebut Bitcoin sebagai sebuah mata uang yang terdesentralisasi.

Sementara itu harga bitcoin saat ini berada di kisaran 57 ribu dolar AS atau sekitar Rp825,8 juta. Namun, kita tidak akan membahas soal harga dari bitcoin tersebut.

Tentu saja mata uang kripto ini kerap menjadi pertanyaan, apakah halal atau tidak untuk investasi. Oleh karena itu, cari tahu informasi ini hingga tuntas!

Ada Dua Hukum Terpisah Bagi Bitcoin

Apa Itu Bitcoin
Sumber: shutterstock.com

Bitcoin berstatus haram secara syariat. Status haram itu karena ada unsur gharar. Unsur gharar sendiri adalah istilah fikih yang mengindikasikan adanya keraguan, pertaruhan (spekulasi), dan ketidakjelasan yang mengarah merugikan salah satu pihak.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah mengeluarkan catatan terhadap Bitcoin. MUI menyebut bahwa bitcoin memiliki dua hukum, yakni mubah dan haram.

Mubah berlaku jika digunakan hanya sebagai alat tukar bagi dua pihak yang saling menerima. Sementara itu, hukumnya haram jika bitcoin digunakan sebagai investasi.

Sementara itu, Wakil Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah Fahmi Salim mengatakan bahwa sampai saat ini belum ada fatwa khusus yang bisa jadi pedoman dalam menyepakati hukum uang kripto.

Menurutnya, para ulama tidak tergesa-gesa dalam memberi hukum terhadap komoditi tersebut.

Namun secara pribadi dia menyebut bahwa hukum dari penggunaan mata uang kripto bergantung pada penggunaannya.

Teknologi ‘kripto’ ini sebetulnya adalah bebas nilai. Jika digunakan untuk melahirkan produk yang haram atau jasa yang haram, maka produknya haram.

Sedangkan jika digunakan untuk menghasilkan yang halal maka produknya bisa tetap halal.

Baca juga: 5 Peluang Bisnis Online Syariah Tanpa Modal Serta Tips Untuk Memulainya

Bitcoin Berstatus Halal di Sejumlah Negara

Apa Itu Bitcoin
Sumber: shutterstock.com

Menurut Blossom Finance, bitcoin halal untuk sejumlah negara. Sebagai contoh adalah negara Jerman, dalam hal ini  diakui sebagai mata uang di bawah perlindungan hukum, sehingga memenuhi syarat sebagai uang dalam islam di Jerman.

Bagaimana dengan Negara Indonesia?

Di Indonesia, bitcoin belum diakui sebagai alat pembayaran yang sah. Namun, pemerintah telah mengakui bahwa produk kripto itu sebagai komoditi berjangka.

Menurut mereka, hukumnya pun sama dengan apa yang terjadi di Jerman. Bitcoin tetap legal untuk diperjual belikan sebagai aset layaknya emas dan perak.

Sebagai catatan, bitcoin bukan alat tukar, sehingga ketika Anda ingin membeli sesuatu maka harus dikonversi dalam bentuk rupiah.

Ada peluang baik yang bisa Anda lakukan dalam menjemput rezeki, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi reseller Evermos.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan dengan bisnis online, jangan khawatir dengan persoalan modal.

Tidak Punya Modal untuk Memulai Usaha? Tenang, Evermos Punya Solusinya!

Persoalan modal sebenarnya bisa teratasi. Banyak orang yang sulit memulai untuk berbisnis karena terkendala dengan hal modal.

Apakah Anda salah satunya? Seringkali pusing sendiri mencari modal dan akhirnya bingung bagaimana cara untuk memulai usaha?

Tenang, bagi Anda yang ingin memiliki bisnis, namun belum memiliki cukup modal, menjadi seorang reseller Evermos merupakan pilihan yang tepat.

Banyak kemudahan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menjadi reseller Evermos, antara lain:

  • Bisnis tanpa modal
  • Memiliki toko online sendiri
  • Tidak perlu pusing cari supplier
  • Tidak perlu memikirkan stok dan pengiriman
  • Mendapatkan pelatihan bisnis online dari ahlinya
  • Berkesempatan bergabung dengan komunitas reseller dari berbagai daerah

Bagaimana? Menarik bukan? Mari raih potensi untuk mendapatkan penghasilan sesuai keinginan dengan menjadi reseller Evermos.

Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan menjadi reseller hebat di Evermos. Dengan cara klik di bawah ini! Semakin banyak produk yang Anda jual, semakin banyak pula komisi yang akan Anda dapatkan!

Apa Itu Bitcoin

Apa Itu Bitcoin

Setelah mendaftar jadi reseller, khusus pendaftaran dari blog akan langsung mendapatkan subsidi transaksi pertama, lho!

Anda akan mendapatkan potongan langsung dari transaksi pertama, dengan rincian sebagai berikut:

Belanja Rp100.000 akan dapat Rp50.000, gunakan KODE PROMO: TRANSAKSIPERTAMA100

Belanja Rp50.000 akan dapat Rp20.000, gunakan KODE PROMO: TRANSAKSIPERTAMA50

Sedangkan khusus untuk produk digital jika berbelanja Rp100.000 maka akan dapat Rp5.000, gunakan KODE PROMO: TRANSAKSIPERTAMADG

Yuk, mulai ikhtiar dari sekarang dan langsung lakukan transaksi pertama! Siap-siap untuk dapat penghasilan tambahan dengan menjadi reseller sukses di Evermos!

Sekian informasi mengenai apa itu bitcoin serta hukumnya di berbagai negara termasuk Indonesia.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda, boleh share artikel ini pada yang lain agar tahu hukumnya melakukan investasi bitcoin.

Jangan sampai terlewatkan postingan artikel terkini lainnya, hanya di situs blog Evermos. 

×