Lakukan 6 Amalan Sebelum Tidur Ini Sesuai Anjuran Rasulullah

Amalan sebelum tidur sesuai anjuran Rasulullah menjadi ibadah sunah bagi umat Islam. Beberapa amalan sederhana yang beliau terapkan setiap hari memberi nilai positif bagi kesehatan tubuh dan mental, termasuk meningkatkan iman pada Allah SWT.

Menjalankan kebiasaan Nabi Muhammad SAW, baik teladan dari perkataan dan perbuatan, akan membuat diri menjadi lebih tenang. Terutama kebiasaan sebelum tidur, akan membuat tubuh lebih bugar saat bangun.

Nah, sebagai salah satu bentuk rasa syukur serta permohonan kepada Allah, kita bisa menyampaikan melalui amalan-amalan kebiasaan Rasulullah sebelum tidur.

Berikut ini beberapa amalan Rasulullah sebelum tidur, wajib diketahui umat Islam demi menjaga kesehatan dan memperkuat iman. Simak penjelasannya hingga tuntas yuk!

Baca juga: Lakukan 5 Amalan Pembuka Rezeki Ini Agar Selalu Mendapat Keberkahan

6 Amalan Sebelum Tidur yang Bisa Anda Lakukan Sesuai Anjuran Rasulullah

1. Menjaga Diri dengan Memiliki Wudhu

Amalan Sebelum Tidur
Sumber: google/bersosial

Amalan kebiasaan Rasulullah sebelum tidur yang pertama ialah mengambil air wudhu, seperti hendak mengerjakan sholat.

Tentu saja air akan membuat diri Anda lebih tenang, keadaan tubuh yang suci menjadi berkah.

Apalagi tidur kerap dianggap sebagai kondisi setengah mati, ada pula yang mengalami kematian saat tidur.

Maka dari itu, keadaan suci menjadikan diri persiapan, apabila kita meninggal dengan posisi tidur dan bersih dari hadas.

Selain itu, tak lupa  dengan menjaga kebersihan tempat tidur. Menghilangkan debu dan kotoran yang terselip di bantal dan tempat tidur. Hal itu sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan pernapasan.

Jangan lupa membaca basmallah sebagai bentuk memohon perlindungan dari Allah SWT. Sebab kita tidak tahu apa yang ada di kasur sebelumnya, sesuatu yang kurang nampak.

Jika salah seorang di antara kalian akan tidur, hendaklah mengambil potongan kain dan mengibaskan tempat tidurnya dengan kain tersebut sambil mengucapkan, ‘bismillaah,” karena ia tidak tahu apa yang terjadi di atasnya tadi.” (HR. Al-Bukhari)

Kebiasaan baik sebelum tidur menurut Islam yang pertama yaitu berwudhu. Masalah ini sesuai dengan hadits Al Baro’ bin ‘Azib, di mana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Berbaring Pada Sisi Kanan

Amalan Sebelum Tidur
Sumber: google/bersosial

Amalan baik sebelum tidur menurut Islam yang berikutnya adalah berbaring ke sisi kanan. Hal ini sesuai dengan hadits yang sebelumnya disebutkan.

Sedangkan manfaatnya, Ibnul Qayyim menjelaskan bahwa:

“Tidur berbaring pada sisi kanan dianjurkan dalam Islam agar seseorang tidak kesusahan untuk bangun shalat malam. Tidur pada sisi kanan lebih bermanfaat pada jantung. Sedangkan tidur pada sisi kiri berguna bagi badan (namun membuat seseorang semakin malas).” (Zaadul Ma’ad, 1/321-322)

3. Meniup Kedua Telapak Tangan Sambil Membaca 3 Surat Terakhir Al-Qur’an

Amalan Sebelum Tidur
Sumber: google/bersosial

Amalan baik sebelum tidur menurut Islam yang selanjutnya yaitu meniup kedua telapak tangan sambil membaca surat Al Ikhlash, Al Falaq, dan An Naas.

Lalu usaplah kedua tangan tersebut ke wajah dan bagian tubuh yang dapat dijangkau.

Anda dianjurkan melakukan ini sebanyak tiga kali. Amalan ini seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadits berikut ini:

Dari ‘Aisyah, beliau radhiyallahu ‘anha berkata, “Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika berada di tempat tidur di setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya lalu kedua telapak tangan tersebut ditiup dan dibacakan ’Qul huwallahu ahad’ (surat Al Ikhlash), ’Qul a’udzu birobbil falaq’ (surat Al Falaq) dan ’Qul a’udzu birobbin naas’ (surat An Naas). Kemudian beliau mengusapkan kedua telapak tangan tadi pada anggota tubuh yang mampu dijangkau dimulai dari kepala, wajah, dan tubuh bagian depan. Beliau melakukan yang demikian sebanyak tiga kali.” (HR. Bukhari)

Baca juga: Miliki 10 Sikap Akhlakul Karimah Ini Jika Anda Ingin Masuk Surga

4. Membaca Ayat Kursi Sebelum Tidur

Amalan Sebelum Tidur
Sumber: google/bersosial

Untuk amalan sebelum tidur selanjutnya yaitu membaca ayat kursi.

Amalan ini dianjurkan sesuai dengan hadits dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menugaskan aku menjaga harta zakat Ramadhan kemudian ada orang yang datang mencuri makanan namun aku merebutnya kembali, lalu aku katakan, “Aku pasti akan mengadukan kamu kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam“.

Lalu Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu menceritakan suatu hadits berkenaan masalah ini. Selanjutnya orang yang datang kepadanya tadi berkata:

“Jika kamu hendak berbaring di atas tempat tidurmu, bacalah ayat Al Kursi karena dengannya kamu selalu dijaga oleh Allah Ta’ala dan syetan tidak akan dapat mendekatimu sampai pagi.“

Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Benar apa yang dikatakannya padahal dia itu pendusta. Dia itu syetan.” (HR. Bukhari)

5. Membaca Doa Sebelum Tidur

Amalan Sebelum Tidur
Sumber: google/bersosial

Kita semua sepakat bahwa sebelum tidur hendaknya membaca doa terlebih dahulu.

Anjuran untuk mengamalkan sunnah ini sesuai dengan hadist dari Hudzaifah, ia berkata:

“Apabila Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam hendak tidur, beliau mengucapkan: ‘Bismika allahumma amuutu wa ahya (Dengan nama-Mu, Ya Allah aku mati dan aku hidup).’

Dan apabila bangun tidur, beliau mengucapkan:

“Alhamdulillahilladzii ahyaana ba’da maa amatana wailaihi nusyur (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan kepada-Nya lah tempat kembali).” (HR. Bukhari)

6. Tidur di Awal Malam

Amalan Sebelum Tidur
Sumber: google/bersosial

Waktu tidur terbaik yaitu tidur di awal malam. Usahakan untuk tidak begadang jika tidak ada urusan atau kepentingan lain.

Selain buruk bagi kesehatan, begadang juga akan membuat kita sulit untuk melaksanakan sholat malam dan bisa mengakibatkan bangun kesiangan.

Diriwayatkan dari Abi Barzah, beliau berkata “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membenci tidur sebelum shalat ‘Isya dan ngobrol-ngobrol setelahnya.” (HR. Bukhari)

Selain itu, Ibnu Baththol juga menjelaskan:

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak suka begadang setelah shalat ‘Isya karena beliau sangat ingin melaksanakan shalat malam dan khawatir jika sampai luput dari shalat shubuh berjama’ah. ‘Umar bin Khottob sampai-sampai pernah memukul orang yang begadang setelah shalat Isya, beliau mengatakan, “Apakah kalian sekarang begadang di awal malam, nanti di akhir malam tertidur lelap?” (Syarh Al Bukhari, Ibnu Baththol, 3/278, Asy Syamilah)

Nah, itulah beberapa amalan sebelum tidur yang bisa kita lakukan sesuai dengan anjuran Rasulullah.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi semua, apabila ada amalan-amalan yang terlewat, semoga bisa Anda lengkapi segera.

Semoga Allah melindungi kita saat kita tertidur dan terhindar dari gangguan syetan. Aamiin Ya Rabbal’alamiin.

Daripada Anda membaca sendirian, lebih baik bagikan artikel ini supaya orang lain juga bisa mendapat manfaat dari isi tulisan ini.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya hanya di situs blog Evermos. 

 

 

×