Lakukan 5 Amalan Pembuka Rezeki Ini Agar Selalu Mendapat Keberkahan

amalan pembuka rezeki

Rezeki memang sudah diatur oleh Allah SWT. Manusia perlu berdoa dan berusaha dalam menggapai rezeki. Untuk itu ada beberapa amalan pembuka rezeki yang bisa kita lakukan melakukan agar dilancarkan rezekinya.

Contoh yang paling sederhana adalah bahwa dzikir sebelum melaksanakan sholat subuh sebanyak seratus kali juga bisa mendatangkan keberuntungan. Dzikir tersebut berbunyi Subhanallahi wabihamdihi, Subhanallahil ‘adzim, Astaghfirullah.

Selebihnya selain berzikir ada beberapa amalan pagi hari yang bisa dilakukan untuk pembuka rezeki adalah dengan membaca Alquran, beramal dan juga tentunya berdoa

Berikut, adalah kumpulan amalan pembuka rezeki.

Baca Juga :  Puasa Senin Kamis: Niat, Tata Cara, Keutamaan, dan Manfaatnya

Amalan Pembuka Rezeki

1. Memperbanyak Baca Doa

amalan pembuka rezeki

sumber : unsplash.com

Selanjutnya, setelah berdzikir kita membaca doa agar dicukupkan rezekinya. Bacaannya adalah sebagai berikut

“Hasbiyallahu laailaahailla hua’alaihi tawakkaltu wahuwa robbul’arsyil azhiimi”

Artinya: “Allah telah mencukupkan padaku, tiada Tuhan melainkan Engkau dan pada-Mu aku berserah diri, Engkau Tuhan yang menguasai arasy yang besar.”

Doa pembuka rezeki dari segala penjuru ini sebaiknya dibaca 3 kali setiap pagi setelah sholat subuh.

Doa Pembuka Rezeki

Latin: Allahumma shallii’ala sayyidina Muhammadin, shalatan tunjina biha min jami’il-ahwali wal-afati, wa taqdhi lana biha min jami’il-hajati, wa tuthahhiruna biha min jami’is-sayyi’ati wa tarfa’una biha a’lad-darajati, wa tuballighuna biha aqshal-ghayati min jami’il-khairati fil-hayati wa ba’dal-mamati. Wa shallallahu ‘ala khairi khalqihi sayyidina Muhammadin wa ‘ala alihi wa shahbihi wa sallama.

Artinya: Ya Allah, bershalawatlah kepada penghulu kami, Muhammad, shalawat yang menyelamatkan kami dari segala huru-hara dan kesusahan, dan shalawat yang dengannya ditunaikan segala hajat, dibersihkan kami dari segala dosa dan kesalahan, meninggikan kami ke derajat yang paling tinggi, dan menyampaikan kami pada puncak tujuan yang berupa kebaikan, ketika di dunia maupun setelah mati. Shalawat dan salam semoga tetap tercurah pada sebaik-baik makhluk-Mu, Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

Doa Pembuka Pintu Rezeki

Selanjutnya ada bacaan doa yang dikutip dalam buku berjudul “Kumpulan Doa Mustajab Pembuka Pintu Rezeki” oleh KH. Sulaeman Bin Muhammad Bahri . Bacaannya adalah sebagai berikut

Latin: Allahumma ya ghaniyyu yaa mughnii aghninii ghinan abadan wa yaa ‘aziizu yaa mu’izzu a’izzanii bi i’zaazi ‘izzati qudratika wa yaa muyassiral umuuri yassirlii umuuraddunyaa wad diini yaa khaira man yurjaa yaa allaahu.

Artinya: Ya Allah, Dzat yang Maha Kaya dan memberikan kekayaan, berilah kekayaan kepadaku yang abadi. Wahai Dzat yang Maha Mulia yang memberikan kemuliaan, berilah kemuliaan kepadaku dengan kemuliaan kekuasaan-Mu. Wahai Dzat yang mempermudah semua urusan, berilah kemudahan kepadaku di dalam semua urusan dunia dan agama, wahai Dzat yang paling baik, ya Allah.

Doa pembuka rezeki ini sebaiknya dibaca setelah sholat fardhu, sholat hajat dan Sholat sunah Tahajud sebanyak 3 kali.

Baca Juga :  Tuai Pahala! Inilah 7 Amalan di Hari Jumat yang Dianjurkan Rasulullah

2. Menunaikan Salat Dhuha

amalan pembuka rezeki

Sholat dhuha merupakan salat sunnah yang sudah dikenal mampu mendatangkan rezeki. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:

“Manusia memiliki 360 persendian. Setiap persendian itu memiliki kewajiban untuk bersedekah. Para sahabat pun mengatakan, lalu siapa yang mampu bersedekah dengan seluruh persendiannya, wahai Rasulullah? Nabi SAW lantas mengatakan, “Menanam bekas ludah di masjid atau menyingkirkan gangguan dari jalanan. Jika engkau tidak mampu melakukan seperti itu, maka cukup lakukan shalat dhuha dua raka’at.” (HR. Ahmad)

promo-makanan-dan-minuman-evermos-bulan-ramadanMau camilan lezat dan praktis seperti diatas? Diskon sampai dengan 50% loh!

Selain untuk pengggunaan pribadi, Anda juga bisa memanfaatkan produk-produk ini sebagai peluang usaha dengan bergabung menjadi reseller Evermos.

Evermos menawarkan Anda peluang bisnis untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa menemukan beragam produk kebutuhan sehari-hari terlengkap dari ratusan brand ternama di Indonesia. Selain untuk penggunaan pribadi, Anda juga bisa menjual berbagai barang ini dengan menjadi reseller Evermos.

Jadi, mari daftar sekarang dan raih keuntungannya. Apalagi ada kupon voucher di transaksi pertama yang bisa Anda gunakan. Sayang sekali kalau dilewatkan. Transaksi sekarang dan manfaatkan vouchernya, ya.

daftar disini sekarang

Setelah mendaftar jadi reseller, khusus pendaftaran dari blog akan langsung mendapatkan subsidi transaksi pertama, lho!

Anda akan mendapatkan potongan langsung dari transaksi pertama, dengan rincian sebagai berikut:

Khusus Produk Fisik:

Transaksi Rp100.000 akan dapat potongan Rp50.000, gunakan KODE PROMO: TRANSAKSIPERTAMA100

Transaksi Rp50.000 akan dapat potongan Rp20.000, gunakan KODE PROMO: TRANSAKSIPERTAMA50

Khusus Produk Digital:

Transaksi Rp100.000 maka akan dapat potongan Rp15.000, gunakan KODE PROMO: TRANSAKSIPERTAMADG100

Transaksi Rp50.000 maka akan dapat potongan Rp5.000, gunakan KODE PROMO: TRANSAKSIPERTAMADG50

3. Membaca Dzikir Setiap Hari

amalan pembuka rezeki

sumber : pexels.com

Selanjutnya kita bisa membaca dzikir sebagai amalan pembuka rezeki. Berikut adalah beberapa jenis dzikir yang dianjurkan dibaca oleh Rasulullah SAW.

Diceritakan dalam Kitab Hadits tarikh Baghdad bahwa Imam Al-Baghdadi meriwayatkan dari Imam Malik, perawi Abu Nuaim meriwayatkan dari sahabat Ali RA,  kemudian ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa membaca ‘La ilaha illallah Al Malikul Haqqul Mubin (tidak ada Tuhan selain Allah yang Maha benar lagi Maha Nyata) sebanyak 100 kali dalam sehari maka ia memperoleh jaminan aman dari kemiskinan, diselamatkan dari dahsyatnya kubur dan terbuka untuknya pintu-pintu surga.” (HR Abu Nuaim)

Selanjutnya, bacalah Subhanallahi wa bihamdih, Subhanallahil ‘adzim, astaghfirullahal’adzim 100 kali dalam setiap hari.

Dzikir ini baiknya dibaca setelah adzan shubuh sebelum iqamah.

4. Membaca Surah Al-Waqiah Setiap Hari.

amalan pembuka rezeki

sumber : unsplash.com

Surat Al-Waqiah adalah surat ke-56 dan dipercaya banyak memiliki keutamaan. Al-Waqiah menceritakan penciptaan manusia, api dan segala jenis tumbuhan sekaligus menerangkan kuasa Allah ketika hari kebangkitan

salah satu keutamaan dari surat ini ialah merupakan amalan yang bisa menghalangi seseorang dari kemiskinan. Surat ini dianjurkan dibaca setiap selesai salat Ashar atau pada malam hari.

Keutamaan surat Al-waqiah ini diriwayatkan dalam sebuah hadist. Diceritakan, bahwa suatu hari Usman bin Affan datang memberikan sejumlah harta kepada sahabat Nabi yang tengah sakit, Abdullah bin Mas’ud dan Putranya. Namun, Abdullah bin Mas’ud menolaknya sembari mengatakan bahwa dirinya tidak khawatir menderita kemiskinan.

Abdullah bin Mas’ud mengungkapkan bahwa ia mengamalkan amalan yang pernah Rasulullah ajarkan

“Apakah Amirul Mukminin takut putra-putraku miskin? Mereka sudah kusuruh membaca Surah Al-Waqiah setiap malam,” kata Abdullah bin Mas’ud. kemudian ia menyampaikan Sabda Rasulullah yang berbunyi :

“Barangsiapa membaca Surah Al-Waqiah setiap malam, dia tidak akan menderita kemiskinan selama-lamanya”. (HR. Abu Ya’la dan Ibnu Asakir)

Selanjutnya, Syeikh Wahbah Az Zuhaili dalam Tafsir Al Munir meriwayatkan hadits serupa dari Anas bahwa, “Surat Al Waqiah adalah surat ‘kekayaan’. Maka bacalah Surat Al-Waqiah dan ajarkanlah kepada anak-anak kalian,” (HR. Ibnu Murdawaih)

5. Memperbanyak sedekah

amalan pembuka rezeki

sumber : unsplash.com

Sedekah merupakan salah satu amalan yang bisa memperluas rezeki. Karena secara syariat kita sudah membantu rezeki orang lain, maka balasannya Allah pun akan memudahkan rezeki kita. Sebagaimana Firman Allah dalam surat Saba, bahwa

قُلْ إِنَّ رَبِّي يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ وَيَقْدِرُ لَهُ وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

Katakanlah: “Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya).” Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39)

Selanjutnya ada hadist dari Abu Hurairah ra, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda,

مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ

Sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR. Muslim, no. 2588)

Dari sini kita dapat memaknai bahwa harta sedekah tersebut akan diberkahi. Kekurangan harta ini akan digantikan dengan keberkahannya. Kita bisa merasakan rezekinya melalui inderawi dan realita

Walaupun memang secara bentuk harta kita berkurang, namun kekurangan tadi akan ditutup dengan pahala yang berlipat ganda.

Untuk bersedekah pun kita memerlukan materi. Nah, sebagai upaya atau langkah untuk mendapatkan materi tersebut, hendaknya kita menjemput dengan cara yang berkah.

Anda dapat berikhtiar mendapatkan penghasilan dengan menjadi reseller Evermos.

Silahkan untuk mendaftar dan mulai berjualan sekarang juga! Komisi yang Anda dapatkan nanti tentu akan bisa dibersihkan lewat sedekah atau infak.

mulai jualan sekarang

Amalan Pembuka Rezeki

Demikian ulasan mengenai amalan pembuka rezeki yang dianjurkan Rasulullah SAW pada umatnya.

Semoga kita senantiasa bisa terus beramal baik. Karena barangsiapa yang mengerjakannya dengan istiqamah, insya Allah akan mendapat keberuntungan.

Amalkan doa ini setiap harinya dengan ikhtiar untuk hasil yang maksimal. Semoga Allah selalu memberikan kita keberkahan dan rezeki melimpah. Oleh karena itu, selamat mengamalkan dan selamat berikhtiar!

Untuk membaca artikel doa lainnya, Anda bisa mengunjungi situs Blog Evermos.

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×