5 Keutamaan dan Amalan Malam Jumat agar Lebih Dekat dengan Allah

Amalan malam Jumat – Setiap datang malam Jumat pasti banyak sekali amalan-amalan yang harus dilakukan agar lebih dekat Sang Maha Kuasa.

Sebagai seorang muslim tentu saja harus melakukan banyak banyak amalan di malam Jumat agar lebih banyak mendapatkan pahala.

Apa saja amalan malam Jumat yang bisa dilakukan oleh umat Islam? Berikut adalah penjelasannya untuk Anda.

Keutamaan Malam Jumat

Amalan Malam Jumat
Sumber: google.com/bersosial

Sebelum membahas lebih jauh tentang amalan apa saja yang bisa dilakukan di malam Jumat, ketahui terlebih dahulu tentang keutamaan malam Jumat.

Berikut adalah keutamaan malam Jumat:

Melansir dari madaninews.id, keutamaan malam Jumat dalam riwayat yang menyebuutkan bahwa malam Jumat merupakan malam yang sangat istimewa.

Diriwayatkan bahwa Imam Muhammad Baqir as berkata, “Allah Swt akan memerintahkan seorang malaikat di setiap malam Jumat dari atas ‘Arsy untuk berseru dari permulaan hingga akhir malam atas nama-Nya. 

Malaikat itu berkata, ‘Adakah seorang mukmin yang memohon kepada-Ku sebelum waktu Subuh tiba untuk kepentingan dunia dan akhiratnya, niscaya Aku Kabulkan seruannya? Adakah seorang mukmin yang bertaubat dari dosanya sebelum waktu Subuh tiba, niscaya Kuterima taubatnya? 

Adakah seorang mukmin yang telah Kusempitkan rezekinya, kemudian ia memohon kepada-Ku demi kelapangan rezekinya sebelum waktu Subuh tiba, niscaya Kulapangkan rezekinya. 



Kemudian adakah hamba mukmin yang sedang sakit, kemudian ia menyeru-Ku demi kesembuhannya sebelum waktu Subuh tiba, niscaya Ku Sembuhkan penyakitnya? 

Adakah seorang mukmin yang sedang dilanda kesedihan di dalam penjara, kemudian ia berdoa kepada-Ku demi kebebasannya dari penjara dan kesedihannya itu sebelum waktu Subuh tiba, niscaya Aku Kabulkan doanya itu? 

Adakah seorang mukmin yang terzalimi, kemudian ia memohon kepada-Ku supaya terbebas dari kezaliman orang yang menzaliminya sebelum waktu Subuh tiba, niscaya Aku Balaskan dendamnya dan mengembalikan haknya kepadanya?’ Malaikat itu terus melantunkan seruannya hingga waktu Subuh tiba.”

Selain itu, Ali bin Abi Thalib juga mengatakan bahwa Allah menjadikan siang hari di hari Jumat adalah sebuah hari raya, sedangkan malamnya adalah seperti siang hari.

Allah Swt telah memilih hari Jumat di antara hari-hari yang ada, menjadikan siang harinya sebagai hari raya, dan malamnya seperti siang harinya.”

Amalan Malam Jumat

Amalan Malam Jumat
Sumber: google.com/bersosial

Berikut ini adalah beberapa amalan malam Jumat yang bisa dilakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT:

1. Membaca Surat Yasin

Amalan pertama ketika datang malam Jumat adalah membaca surat Yasin. Surat Yasin memiliki banyak keistimewaan bagi umat muslim yang membacanya.

Keutamaan membaca Surat Yasin disebutkan dalam sebuah hadits riwayat Abu Daud. “Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr).

Bagi pembaca Surat Yasin pada malam Jumat, niscaya Allah SWT akan mengabulkan hajatnya.

Dalam riwayat lain, Imam Tsa’labi menuturkan dari Abu Hurairah Ra. disebutkan bahwa “Barangsiapa membaca Yasin di malam jum’at, maka paginya diampuni dosanya”.

Surat Yasin bisa dibaca usai menjalani sholat fardhu seperti Maghrib dan Isya. Atau bisa juga dibaca jelang tidur.

2. Membaca Surat Al-Kahfi

Selain surat Yasin, amalan malam Jumat lainnya yaitu membaca surat Al-Kahfi.

Ada banyak keutamaan membaca surat Al-Kahfi, salah satunya adalah dapat memberi cahaya di antara dua Jumat. Sebagaimana hadits Rasulullah SAW:

“Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Ka’bah,” sebagaimana bunyi HR. ad-Darimi 3470 dan dishahihkan al-Albani dalam Shahihul Jami’, 6471.

3. Membaca Sholawat Sebanyak-banyaknya

Kemudian yang bisa dilakukan di malam Jumat agar mendapat banyak pahala dan dekat dengan Allah adalah dengan membaca sholawat sebanyak-banyaknya.

Rasulullah SAW bersabda:

“Setiap doa akan terhalang (untuk dikabulkan) hingga dibacakan sholawat kepada Muhammad dan keluarganya.” (HR Thabrani).

Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya orang yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali. Lalu, mintalah kepada Allah wasilah untukku karena wasilah adalah sebuat tempat di surga yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada salah satu hamba Allah. Dan, aku berharap bahwa akulah hamba tersebut. Barang siapa memohon untukku wasilah, maka ia akan meraih syafaat.” (HR Muslim).

4. Berdzikir

Amalan malam Jumat lainnya yaitu dengan memperbanyak dzikir.

Berdzikir bisa menjadi cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Saat malam Jumat, dianjurkan untuk memperbanyak dzikir dengan kalimat-kalimat tahlil, tasbih, takbir, tahmid, dan hauqolah.

Utsman ibnu Affan ketika ditanya mengenai makna al-baqiyah ash shalihat ini, ia menjawab bahwa hal itu adalah ucapan:

Laa ilaaha illallah, Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar dan La haula wa laa quwwata illa billah.

Artinya: Tidak ada Tuhan selain Allah, dan Mahasuci Allah, dan segala puji bagi Allah, dan Allah Mahabesar, dan tidak ada upaya (untuk menghindari kedurhakaan) dan tidak ada kekuatan (untuk melakukan ibadah) kecuali hanya dengan (pertolongan) Allah, Yang Mahatinggi lagi Mahaagung.

Demikian beberapa amalan sunnah malam Jumat yang bisa dikerjakan oleh umat muslim. Semuanya hendaknya dimulai dengan niat yang lurus semata-mata mengharapkan ridho Allah SWT.

5. Amalan Malam Jumat Sholat Tahajud

Adapun amalan malam Jumat lainnya adalah shalat tahajud di sepertiga malam.

Sholat tahajud merupakan ibadah sunnah yang dikerjakan malam hari. Sholat ini bisa ditegakkan saat malam Jumat.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an surat Al-Isra ayat 79 tentang anjuran sholat tahajud.

وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِۦ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰٓ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا

Latin: Wa minal-laili fa taḥajjad bihī nāfilatal laka ‘asā ay yab’aṡaka rabbuka maqāmam maḥmụdā

Artinya: “Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.”

Demikianlah pembahasan tentang amalan malam Jumat dan keutamaannya. Semoga bermanfaat!

Kunjungi terus situs Blog Evermos untuk mendapatkan artikel menarik lainnya. Semoga bermanfaat!

Selain itu Anda juga bisa bergabung menjadi reseller Evermos di bawah ini agar bisa berjualan tanpa modal dan mendapatkan banyak keuntungan.

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)