Agar Tetap Berpahala, Yuk Lakukan 8+ Amalan Ketika Haid Berikut

Ketahui apa saja amalan ketika haid yang bisa dilakukan agar kamu tetap berpahala meski dalam kondisi haid!

Ketika seorang muslimah sedang haid umumnya tidak bisa mendekatkan diri kepada Allah dengan ibadah seperti biasa yang mereka lakukan. Karena dalam Islam, wanita yang sedang mengeluarkan darah haid sedang dalam masa kotor atau tidak suci.

Tidak apa-apa, karena ini adalah hal yang lumrah dan alami untuk dialami oleh para wanita yang sudah memasuki usia baligh dan dalam masa puber dalam rentang waktu kurang lebih selama 7 hari.

Umumnya pada masa haid banyak hal yang para wanita alami, mulai dari perubahan hormon yang kerap membuat wanita lebih sensitif dari biasanya seperti jadi uring-uringan dan sedih berlebihan.

Mayoritas dari wanita juga merasakan kesakitan ketika mereka mengalami haid. Mulai dari gejalanya yaitu mual, muntah dan pada kasus tertinggi yaitu tidak enak badan.

Kondisi ini sepatutnya bagi para wanita muslimah untuk syukuri, sebab Allah telah menganugerahkan rahim hanya kepada kaum wanita saja. 

daftar reseller evermos gratis

Para muslimah yang sedang haid dilarang untuk menunaikan kewajiban shalat lima waktu, shalat sunnah, shalat tahajud, menyentuh dan membaca ayat suci Al-Quran, ibadah shaum dan umroh atau berhaji. 

Inilah keringanan yang Allah berikan kepada kaum muslimah sebagai bentuk dari kasih sayang-Nya.

Namun kita tidak perlu bersedih karena tidak dapat menjalankan kewajiban ibadah seperti biasanya sebab tidak semua amalan ibadah dilarang untuk dilakukan oleh wanita yang sedang dalam masa haid.

Mau tahu apa saja amalan yang bisa kita lakukan saat sedang haid? Simak selengkapnya dibawah ini.

Amalan Saat Haid yang Bisa Dilakukan Agar Panen Pahala

1. Amalan Dzikir

Amalan Ketika Haid
Sumber: unsplash.com

Salah satu amalan yang dapat menggugurkan dosa, mendatangkan ampunan yang bisa kita lakukan dalam kondisi apapun dan kapanpun ialah berdzikir.

Berdzikir atau menyebutkan nama-nama pujian kepada Allah termasuk ibadah yang berpahala besar.

Bahkan Rasulullah amat menganjurkan amalan ibadah sebagai salah satu sunnahnya yang patut umatnya ikuti.

Dengan mengucapkan kalimat-kalimat thayyibah seperti tasbih, tahmid, takbir, tahlil dan lainnya seperti dzikir pagi dan dzikir petang.

Berikut dzikir yang bisa kita amalkan:

  • Istighfar sebanyak 3 kali (Astagfirullahal’azim)
  • Tasbih sebanyak 33 kali (Subhanallah)
  • Tahmid sebanyak 33 kali (Alhamdulillah)
  • Takbir sebanyak 33 kali (Allahu Akbar)
  • Membaca: Allaahumma antas salaamu wa minkas salaamu wa ilaika ya’uduus salaamu fa hayyinaa rabbanaa bis salaami wa adkhinal- jannata daaras salaami tabaarakta rabbanaa wa ta’aalaita yaa dzal jalaali wal ikram.

2. Bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW

Shalawat adalah menyampaikan pujian kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Salam. 

Di yaumil akhir kelak Rasulullah akan menjemput umatnya yang senantiasa bershalawat kepadanya.

Jika kita mengaku mencintai Rasul-Nya maka sudah sepatutnya mengenal beliau dan bagaimana perjuangannya dalam membela Islam agar terus eksis hingga masa kini.

Banyak keutamaan dalam amalan bershalawat antara lain, turunnya rahmat, memohonkan ampunan, dan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT.

Agar tetap berpahala dalam kondisi haid, mari amalkan contoh shalawat kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Salam berikut.

“Allohumma solli ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa sollaita ‘alaa aali ibroohim, wa baarik ‘alaa muhammad, wa ‘alaa aali muhammad, kamaa baarokta ‘alaa aali ibroohim, fil ‘aalamiina innaka hamiidummajiid.” Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan untuk Nabi Muhammad.”

3. Amalan Berdoa

Sumber: unsplash.com

Walaupun kita tidak boleh melakukan shalat bukan berarti kita tidak dapat memanjatkan doa pula. Sebab doa menjadi salah satu bentuk komunikasi kita kepada Allah Subhannahu Wa Ta’ala. 

Memanjatkan doa dilakukan ketika mulai dari bangun tidur, hingga terlelap kembali. Artinya dalam sehari seorang muslim tidak lepas dari kegiatan berdoa.

Meski dalam keadaan junub kita tetap bisa melakukan amalan doa harian contohnya yaitu amalan doa Al-Ma’tsurat seperti dibawah ini.

Al Ma’tsurat

أَعُوذُ بِاللَّهِ السَّمِيعِ الْعَلِيمِ، مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ، مِنْ هَمْزِهِ، وَنَفْخِهِ، وَنَفْثِهِ

A’udzubillaahis samii’il ‘aliimi minassyaithoonirrojiim

Artinya : “Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui dari syaithan yang terkutuk.”

Selain berdoa, ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjemput rezeki yaitu dengan berikhtiar.

Miliki penghasilan sampingan yang bisa kamu kerjakan kapanpun dan dimanapun.

Hanya dengan menawarkan produk-produk yang tersedia di Evermos, kamu bisa mendapatkan beragam keuntungan 🤑🤑

YUK, GABUNG DISINI!

4. Mendengarkan Murrotal Al-Quran

Amalan Ketika Haid

Bagi para muslimah yang selalu melakukan amalan tadarus, pasti akan merasa kehilangan amalan rutinnya sementara ketika kondisi haid melanda. 

Tidak perlu bersedih hati, sebab ketika mendengarkan ayat Al-Quran tidak menjadi larangan saat dalam kondisi yang tidak suci atau kotor.

Mendengarkan murrotal Al-Quran lebih praktis dengan menggunakan speaker Al-Quran praktis dan bisa di charge.

Kini mencari speaker Al-Quran tidak perlu sulit lagi karena semudah itu Anda mendapatkannya di aplikasi Evermos.

Miliki speaker Al-Quran dengan kualitas terbaik dan dapatkan bonus item dari pembelian speaker!

Kamu juga bisa menawarkan dan mempromosikan produk tersebut untuk kamu jual kepada tetangga, kerabat dan dapatkan komisi hingga 35%.

Segera miliki barang ini dan mulailah berjualan sekarang juga!

DOWNLOAD APLIKASI SEKARANG

Baca Juga : 9 Amalan Saat Haid Agar Doa Dikabulkan dan Menuai Banyak Pahala

5. Menghadiri atau Menonton Kajian Ilmu Agama

Amalan selanjutnya yang bisa kita lakukan meski sedang haid adalah menuntut ilmu agama dengan kajian agama.

Kamu bisa mencari kajian-kajian agama yang membahas seputar fikh haid, fikh sholat, dan lain-lainnya secara online di platform Youtube.

Menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi seorang muslim dalam rangka mempersiapkan dirinya berjuang di alam bumi.

Ya ayyuhallazina amanu iza qila lakum tafassahu fil-majalisi fafsahu yafsaillahu lakum, wa iza qilansyuzu fansyuzu yarfa’illahullazina amanu mingkum wallazina utul-‘ilma darajat, wallahu bima ta’maluna khabir.

Artinya: “Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: ‘Berlapang-lapanglah dalam majlis’, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: ‘Berdirilah kamu’, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Dalam janjinya, Allah meninggikan orang-orang beriman yang memiliki pengetahuan ketimbang orang-orang beriman yang tidak memiliki pengetahuan.

Carilah majelis-majelis ilmu yang akan membawa kita kepada kebermanfaatan dan pribadi yang lebih baik dan makin mengetahui tentang Islam lebih dalam.

6. Membaca Buku Islami

Amalan Ketika Haid

Masih sama dengan sebelumnya, mencari ilmu agama bisa kita lakukan dengan berbagai cara dan salah satunya adalah dengan membaca buku islami.

Pada masa haid bukan berarti kita memaklumi perilaku yang membawa ketidakbermanfaatan seperti moody, atau menghabiskan waktu dengan kegiatan sia-sia.

Sebagai muslimah yang shalih manfaatkanlah waktu sebaik mungkin dengan memperkaya wawasan kita, menambah khazanah dan keimanan kita dengan membaca buku Islami.

Bisa memulai dari sirah nabawiyah, atau kisah-kisah sahabat nabi yang inspiratif yang bisa kamu temukan di aplikasi Evermos.

Rekomendasi Buku Fiqh Islam Terbaik Hanya di Evermos

Tidak perlu susah lagi untuk mencari produk buku-buku yang dapat menambah khazanah tentang Islam.

Sebab, semuanya tersedia di Evermos !

Segera miliki produk tersebut selain itu kamu bisa menawarkan dan menjualnya kepada orang lain sebagai reseller produk.

Cukup dengan mendaftarkan diri sebagai reseller di Evermos maka kamu bebas untuk menjualkan ribuan produk yang tersedia di Evermos!

DAFTAR DISINI SEKARANG

7. Bersedekah

Amalan Ketika Haid
Sumber: unsplash.com

Amalan yang kaya akan berkah dan manfaatnya bisa dilakukan ketika masa haid adalah bersedekah.

Dengan bersedekah kita bisa lebih merasakan arti bersyukur kepada Allah SWT yang mengkaruniakan kita dengan kemampuan harta.

Islam mengajarkan kepada umat muslim untuk berbagi kepada sesama muslim lainnya sebab itu bersedekah termasuk kedalam amalan jariyah.

Mari sisihkan harta terbaik yang dapat kita sedekahkan, dan salurkan kepada panti-panti serta yayasan terdekat.

8. Bersilaturahmi

Silaturahmi atau menjaga tali silaturahmi merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Ini merupakan amalan yang Allah Subhannahu wa Ta’ala cintai. 

Dengan menyambung tali kasih sayang kepada teman-teman lama kita, kerabat mulai dari SD, SMP, SMA, kuliahan hingga rekan kerja kita sehari-hari bisa mendapatkan ampunan dosa dari Allah Ta’ala.

Keutamaan lainnya ialah dengan bersilaturahmi maka akan membukakan pintu rezeki kita dan menambahkan pahala sebab menjaga tali kasih sayang sesama saudara seiman.

Sebaliknya justru Allah tidak menyukai hamba-Nya yang memutuskan atau sengaja menjauhi saudara muslimnya karena suatu permasalahan.

9. Berbuat Baik dan Saling Tolong Menolong

Amalan Ketika Haid
Sumber: unsplash.com

Terakhir, hanya dengan berbuat baik terhadap orang bisa mendatangkan pahala dan amal kebaikan. 

Islam juga menganjurkan para pemeluknya untuk saling tolong menolong dalam segala urusan kebaikan. 

Misalnya ketika ada teman kita berbisnis kita mendukung dengan membeli jualannya atau mempromosikannya, mengajarkan ilmu-ilmu bermanfaat kepada kerabat, membantu orangtua membersihkan rumah, dll.

Dengan membantu dan memudahkan urusan orang lain, ini akan membawa kebaikan dan keberkahan juga dalam aktivitas kita sehari-harinya.

Tetap semangat dalam menanam benih kebaikan kepada sesama, ya!

Sekian mengenai artikel amalan ketika haid yang dapat Admin sajikan.

Sebarkan informasi berikut kepada keluarga, kerabat, orang-orang terdekat kita yang membutuhkannya.

Semoga dapat bermanfaat, ya!

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya kunjungi Blog Evermos.

×