6 Amalan di Bulan Ramadhan yang Mendatangkan Pahala Besar

Amalan di bulan Ramadhan – Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat penting bagi umat Muslim di seluruh dunia. 

Selama bulan ini, umat Muslim berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam sebagai bentuk ibadah dan pengorbanan. 

Ramadhan juga dianggap sebagai bulan penuh rahmat dan berkah, di mana Allah SWT memberikan pengampunan dan kemurahan-Nya kepada orang-orang yang beriman. 

Oleh karena itu, banyak amalan dan kegiatan yang dilakukan oleh umat Muslim selama bulan Ramadhan untuk memperoleh keberkahan dan keberuntungan.

Artikel ini akan menjelaskan tentang beberapa amalan di bulan Ramadhan yang bisa Anda kerjakan dan tentu saja akan mendatangkan banyak pahala.

6 Amalan di Bulan Ramadhan yang Mendatangkan Pahala

Amalan di Bulan Ramadhan
Sumber: google.com/bersosial

Berikut ini adalah beberapa amalan yang biasanya dilakukan oleh umat Muslim selama bulan Ramadhan:

1. Berpuasa

Puasa adalah amalan yang paling penting dan utama selama bulan Ramadhan. Setiap Muslim diharuskan untuk menahan lapar dan dahaga dari fajar hingga matahari terbenam. 

Puasa di bulan Ramadhan tidak hanya memperkuat rasa kesabaran dan kedisiplinan, tetapi juga meningkatkan kesadaran sosial dan memperdalam hubungan spiritual dengan Allah SWT.

2. Amalan di Bulan Ramadhan Membaca Al-Quran

Selain berpuasa, membaca Al-Quran juga merupakan amalan penting selama bulan Ramadhan. 



Banyak orang yang membaca Al-Quran setiap hari selama bulan ini. Ada juga yang mencoba untuk menyelesaikan membaca Al-Quran selama bulan Ramadhan. 

Reseller Evermos

Selain itu, di banyak masjid, para imam mengadakan tarawih atau shalat malam yang melibatkan membaca Al-Quran bersama-sama selama bulan Ramadhan.

Bulan puasa juga menjadi momen untuk meningkatkan pengetahuan tentang agama. Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk menjual buku agama, seperti Al-Quran, hadis, dan lain sebagainya. 

Pastikan Anda menyediakan buku-buku yang berkualitas dan bermanfaat. Nah, jika Anda ingin berjualan Al-Quran tanpa modal, bisa banget dengan menjadi Reseller Evermos.

Dengan menjadi Reseller Evermos Anda bisa menjuak barang sebanyak mungkin tanpa modal sepeserpun dan bisa dilakukan kapanpun.

Keuntungannya pun tak main-main, Anda bisa meraup jutaan rupiah setiap bulannya. Penasaran dengan caranya langsung saja klik di bawah ini ya:

YUK, GABUNG DISINI!

3. Bersedekah

Ramadhan adalah waktu yang baik untuk memberikan sedekah. Banyak orang yang memberikan sedekah selama bulan ini untuk membantu orang yang kurang beruntung dan memperoleh keberkahan dari Allah SWT. 

Ada banyak cara untuk memberikan sedekah selama bulan Ramadhan, seperti memberikan makanan atau uang kepada orang yang membutuhkan atau mendukung organisasi yang membantu orang miskin dan membutuhkan.

4. Meningkatkan amal kebaikan

Selama bulan Ramadhan, banyak orang berusaha meningkatkan amal kebaikan mereka. Ada banyak cara untuk melakukan ini, seperti membantu orang lain, berbicara dengan lembut, dan menghindari perbuatan buruk. 

Ini adalah waktu yang baik untuk menghilangkan kebiasaan buruk dan meningkatkan kebiasaan yang baik.

5. Amalan di Bulan Ramadhan: Beribadah di malam Lailatul Qadar

Lailatul Qadar adalah malam yang sangat penting dalam Islam. Menurut Al-Quran, malam Lailatul Qadar adalah lebih baik daripada seribu bulan. 

Oleh karena itu, banyak orang beribadah di malam ini dengan membaca Al-Quran, berdoa, dan memperbanyak amal kebaikan.

6. Berbuka puasa bersama

Amalan di bulan Ramadhan lainnya adalah berbuka bersama. Berbuka puasa bersama-sama adalah tradisi yang dilakukan oleh banyak orang selama bulan Ramadhan. 

Ini adalah waktu yang baik untuk berkumpul dengan keluarga dan teman-teman, serta mempererat hubungan sosial dan emosional dengan orang-orang yang kita sayangi.

Keutamaan Bulan Ramadhan 

Amalan di Bulan Ramadhan
Sumber: google.com/bersosial

Selanjutnya adalah bulan Ramadhan juga memiliki beberapa keutamaan. Melansir dari detik.com, inilah beberapa keutamaan bulan Ramadhan:

1. Bulan Kesabaran

Umat Islam diwajibkan untuk berpuasa pada bulan Ramadhan. Puasa tidak hanya menahan lapar dan dahaga, melainkan juga segala hawa nafsu lainnya. Termasuk di dalamnya amarah.

2. Penuh Berkah

Bulan Ramadhan juga disebut dalam hadits sebagai bulan penuh berkah. Sebagaimana hadits dari Abu Hurairah RA berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan penuh keberkahan. 

Allah SWT telah mewajibkan kepada kalian berpuasa di dalamnya, di bulan itu pintu-pintu langit akan dibuka dan pintu-pintu neraka akan ditutup, di bulan itu setan-setan akan diikat, di bulan itu ada malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa terhalang mendapatkan kebaikannya maka sungguh ia telah terhalang.” (HR An Nasa’i).

3. Dibukanya Pintu Surga

Keutamaan bulan Ramadhan selanjutnya disebutkan dalam hadits yang berasal dari Abu Hurairah RA:,

إِذَا دَخَلَ رَمَضَانُ صُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ ، وَفُتِحَتْ أَبُوَابُ الجَّنَةِ ، وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ

Artinya: “Ketika datang (bulan) Ramadhan, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu.” (HR Bukhari dan Muslim).

4. Bulan Penuh Berkah

Selanjutnya adalah Bulan Ramadhan dianggap sebagai bulan penuh berkah dan keberkahan. Umat Muslim percaya bahwa amal yang dilakukan di bulan ini akan berlipat ganda dan pahalanya akan lebih besar daripada bulan-bulan lainnya.

5. Bulan Pengampunan

Dan yang terakhir adalah Bulan Pengampunan. Bulan Ramadhan juga dianggap sebagai bulan pengampunan. Umat Muslim berharap bahwa dengan menjalankan ibadah puasa, Allah akan mengampuni dosa-dosa mereka.

Adapun keutamaan bulan Ramadhan yang lainnya bisa Anda lihat video di bawah ini:

Demikianlah pembahasan tentang amalan di bulan Ramadhan dan keutamaannya. Jika ingin mendapatkan artikel menarik lainnya, kunjungi selalu situs Blog Evermos. Semoga bermafaat!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)