6 Amalan Bulan Rajab Sesuai Sunnah Penuh Berkah dan Mulia

Amalan bulan Rajab sesuai sunnah – Banyak sekali amalan yang harus dilakukan di bulan Rajab tahun 2023 ini atau 1444 Hijriah.

Karena bulan Rajab merupakan bulan mulia yang ada pada deretan bulan hijriyah di kalender Islam.

Meskipun hukumnya sunnah, namun ketika mengerjakan amalan bulan Rajab sesuai sunnah akan mendapatkan kabajikan yang sangat melimpah.

Apa saja kebajikan dan kemuliaan yang akan didapatkan ketika melakukan amalan bulan Rajab sesuai sunnah?

Simak penjelasannya berikut ini!

6 Amalan Bulan Rajab Sesuai Sunnah 

Amalan Bulan Rajab Sesuai Sunnah
Sumber: google.com/bersosial

Berikut ini adalah beberapa amalan bulan Rajab yang bisa dilakukan untuk mendapat pahala dan kemuliaan:

1. Shalat Rajab 4 Rakaat

Amalan pertama yang bisa Anda lakukan di bulan Rajab adalah mengerjakan shalat sunnah 4 rakaat di hari Jumat.

Dikutip dari detik.com, Ibn Thawus menyampaikan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa shalat empat rakaat di hari Jumat pada bulan Rajab antara Dzuhur dan Ashar, dengan membaca Surat Al Fatihah sekali dilanjutkan dengan ayat kursi tujuh kali pada rakaat pertama, serta Surat Al Ikhlas lima kali pada rakaat kedua, lalu mengucapkan:



أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَا اللهُ هُوَ أَسْأَلُهُ التَّوْبَةَ

Latin: Astaghfirullahal ladzi la ilaha illa huwa wa as aluhut taubah

Artinya: “Aku memohon ampunan dari Allah yang tidak ada Tuhan selain Dia, memohon ampun kepada Allah dan aku meminta kepada-Nya agar diterima taubatku.”

2. Puasa Rajab

Kemudian amalan yang bisa dilakukan di bulan Rajab adalah puasa Rajab. Hal ini dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. 

Diriwayatkan dalam hadits sahih imam Muslim berpuasa di bulan Rajab disebut Rasulullah SAW sebagai puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan.

Rasulullah SAW bersabda: “Seutama-utama puasa setelah Ramadan adalah puasa di bulan-bulan al-muharram (Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan  Rajab).”

Adapun hadits lainnya yang bercerita tentang ‘Uthman bin Hakim dalam kitab Fasting atau Al-Siyam menjelaskan seputar puasa Rajab. Derajat hadits ini adalah sahih yang tidak diragukan lagi kebenarannya.

حَدَّثَنَا إِبْرَاهِيمُ بْنُ مُوسَى، حَدَّثَنَا عِيسَى، حَدَّثَنَا عُثْمَانُ، – يَعْنِي ابْنَ حَكِيمٍ – قَالَ سَأَلْتُ سَعِيدَ بْنَ جُبَيْرٍ عَنْ صِيَامِ رَجَبَ، فَقَالَ أَخْبَرَنِي ابْنُ عَبَّاسٍ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم كَانَ يَصُومُ حَتَّى نَقُولَ لاَ يُفْطِرُ وَيُفْطِرُ حَتَّى نَقُولَ لاَ يَصُومُ

Artinya: Dinarasikan ‘Uthman bin Hakim, “Saya bertanya pada Sa’id bin Jubair tentang puasa selama Rajab. Dia mengatakan: ‘Ibnu ‘Abbas berkata Rasulullah SAW biasa berpuasa selama beberapa hari hingga kami berpikir dia tidak akan berhenti, dan dia tidak berpuasa selama beberapa hari hingga kami berpikir dia tidak akan berpuasa.” (HR Abu Daud).

Walaupun puasa Rajab diutamakan, namun tetap saja sifatnya sunah sehingga makruh hukumnya jika dilaksanakan selama satu bulan penuh. 

Maka, Anak-anak mama dapat dianjurkan untuk puasa Rajab saat bertepatan dengan hari-hari utama di bulan ini, seperti Pada waktu ayyâmul bîdh (tanggal 13, 14, dan 15), Hari Senin, Kamis, dan Jumat, Satu hari berpuasa dan satu hari tidak.

3. Perbanyak Sedekah

Bersedekah setiap hari merupakan perbuatan yang sangat baik. Namun, jika belum terbiasa untuk bersedekah di hari-hari lain, cobalah untuk membiasakan bersedekah dari bulan Rajab ini. 

Sebab, Allah SWT akan membantu umatnya terbebas dari api neraka jika bersedekah di bulan Rajab. 

Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa bersedekah pada Rajab, maka Allah SWT akan menjauhkannya dari api neraka, sejauh jarak tempuh burung gagak yang terbang bebas dari sarangnya hingga mati karena tua.”

Ada pun hadits lainnya yang menjelaskan bersedekah akan dijauhkan dari api neraka.

“Jauhilah neraka walaupun hanya dengan (sedekah) sebiji kurma, kalau kamu tidak menemukan sesuatu, maka dengan omongan yang baik.” (HR.Ahmad, Bukhari dan Muslim).

4. Perbanyak Istigfar dan Berdoa pada Allah

Dalam buku Doa & Amalan di Bulan Rajab Sya’ban dan Ramadhan oleh Tim Zahra, disebutkan bahwa bulan Rajab adalah bulan pengampunan. Imam Ja’far ash Shadiq meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Rajab adalah bulan pengampunan bagi umatku, maka perbanyaklah beristighfar di bulan ini, karena Ia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Bulan Rajab dijuluki dengan al Ashab (pelimpahan) karena pada bulan ini terdapat rahmat Allah yang dilimpahkan kepada umatku. Sehingga perbanyaklah mengucap,

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ وَ أَسْأَلُهُ التَّوْبَةَ

Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah dan aku meminta kepada-Nya agar diterima taubatku.”

Rasulullah SAW menganjurkan untuk beristighfar sebanyak 70 kali di siang hari dan 70 kali di malam hari, lalu mengangkat tangannya dan berkata:

اللهم اغْفِرْ لِي وَتُبْ عَلَيَّ

Latin: Allahummaghfirli wa tub ‘alayya

5. Membaca Ayat Al-Quran

Amalan lainnya yang bisa dikerjakan di bulan Rajab sesuai sunnah adalah memperbanyak bacaan ayat suci Al-Quran.

Dalam sebuah riwayat, Sayyid Ibn Thawus meriwayatkan bahwa seorang muslim dapat membaca Surat Al Ikhlas sebanyak 10.000 kali atau 1.000 kali atau 100 kali pada bulan Rajab. 

Terlebih jika dibaca pada hari Jumat maka di hari kiamat ia akan bercahaya dan cahaya tersebut dapat menariknya ke surga.

6. Berdoa di Hari Jumat Terakhir

Amalan berikutnya adalah berdoa di hari Jumat terakhir bulan Rajab. Umat Muslim juga dianjurkan untuk membaca doa terakhir bulan Rajab. 

Doa ini dipanjatkan ketika shalat Jumat, tepatnya saat khotib salat jumat duduk di antara dua khutbah. 

Berikut ini doa terakhir bulan Rajab yang dianjurkan untuk umat Muslim. Doa ini dibaca sebanyak 35 kali:

اَحْمَدُ رَسُوْلُ اللّٰهِ ، مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللّٰهِ × ٣٥

Demikianlah pembahasan tentang 6 amalan bulan Rajab sesuai sunnah yang bisa Anda kerjakan agar mendapat pahala dan kemuliaan. Semoga bermanfaat!

Jika Anda ingin membaca artikel Islami menarik lainnya, silahkan kunjungi situs Blog Evermos.

Selain itu, dapatkan manfaat untuk berikhtiar bersama Evermos hanya dalam satu aplikasi, selain itu ada banyak penawaran dan promo menarik lainnya yang bisa Kamu dapatkan secara cuma-cuma.

Inilah benefit yang akan Anda dapatkan secara GRATIS:

  1. Punya toko online sendiri cuma modal HP,
  2. Kemudian Jualan 80.000++ produk lokal berkualitas
  3. Lalu Akses E-Katalog tanpa batas
  4. Belajar bisnis dipandu trainer professional
  5. Gratis Ongkir*
  6. Packing dan pengiriman semua dari Evermos yang bantu,
  7. Bisa banget Jastip (Jasa Titip) untuk teman terdekat
  8. Kesempatan Umroh* tanpa diundi

*Syarat dan Ketentuan berlaku

Tertarik untuk mencobanya? Dapatkan akses ke seluruh produk dan siap jual sekarang juga dengan klik tombol di bawah berikut ini.

YUK, GABUNG DISINI!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)