8 Amalan Bulan Muharram : Tahun Baru Islam jadi Lebih Bermakna

Amalan bulan muharram – Tak lama lagi kita akan mulai memasuki Tahun baru Islam atau 1 Muharram Hijriyah. Tepatnya pada tanggal 19 Juli 2023. 

Menyambut tahun baru Islam sebaiknya kita mempersiapkan diri dengan meningkatkan kualitas diri kita serta mendekatkan diri pada Allah SWT, Sang pencipta. 

Alangkah baiknya awal bulan Muharram ini kita sambut dengan menunaikan amalan-amalan serta memohon ampun terhadap sesama dan Allah SWT. 

Amalan-amalan ini pun sudah disunnahkan Nabi Muhammad SAW di bulan Muharram ini, saking istimewanya bulan ini juga tertuang dalam Al-Quran dalam Surah At-Taubah sebagai berikut : 

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu…”.  (Q.S At-Taubah : 36). 

Ada sejumlah amalan bulan Muharram yang bisa kerjakan dan dianjurkan oleh Nabi Muhammad. 

Berikut adalah 8 amalan bulan Muharram yang patut kita tunaikan. 

Amalan Bulan Muharram yang Dianjurkan Rasulullah 

8 Amalan Bulan Muharram : Tahun Baru Islam jadi Lebih Bermakna
Sumber : Pexels.com

1. Membaca Surah Al-Ikhlas sebanyak 1000 kali 

Amalan bulan Muharram ini sebenarnya bersifat sunnah, tidak diwajibkan untuk melaksanakan. Hanya saja keutamaannya tertulis dalam hadits. 

Diriwayatkan oleh Imam Bukhairi Rasullulah bertanya pada sahabatnya “ “Apakah salah seorang dari kalian mampu membaca sepertiga Al-Quran dalam satu malam?” Para sahabat menjawab bahwa hal tersebut sangat sulit bagi mereka. Lalu, Rasulullah SAW bersabda, “Surah Al-Ikhlas (Tiga Qul) sama nilainya dengan sepertiga Al-Quran.” (H.R Bukhori) 



Oleh sebab itu membaca Surah Al-Ikhlas memiliki keutamaan dan nilainya yang besar dalam Islam. Namun, tidak disebutkan dalam hadis tersebut untuk membacanya sebanyak 1000 kali pada bulan Muharram.

2. Berpuasa 

Berpuasa merupakan satu amalan bulan Muharram yang tepatnya dilaksanakan pada tanggal 10 Muharram, atau biasa disebut puasa arafah. 

Puasa ini dilaksanakan sebagai pengingat sejarah Islam seperti Nabi Musa yang selamat dari kejaran Firaun dan syahidnya cucu Nabi Muhammad SAW di Karbala. 

Selain terdapat hadits juga yang menjelaskan tentang puasa arafah sebagai berikut. 

Beliau menjawab, ”Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa ‘Asyura? Beliau menjawab, ”Puasa ‘Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162).

Sehingga amalan ini jelas tidak boleh dilewatkan sebagai mengejar ajang ampunan dari Allah SWT. 

3. Menjenguk Orang sakit 

Amalan yang sering dilakukan saat Muharram oleh Rasul adalah menjenguk orang sakit. Memang bisa dilakukan setiap saat tapi ternyata dianjurkan oleh Islam. 

Selain memberikan rasa simpati kita kepada yang sakit, menjenguk orang sakit juga punya beberapa keutamaan seperti meningkatkan keberkahan, meningkatkan rasa syukur akan kesehatan, dan pengingat akan kefanaan dunia. 

4. Dzikir dan Mengingat Allah 

Di awal tahun baru islam pun tak ada salahnya mengisi waktu kita dengan amalan bulan Muharram seperti dzikir. 

Dengan berdzikir kita akan selalu mengingat Allah dan kekuasaannya dan dapat membersihkan hati dari dosa. 

5. Memotong Rambut 

Terkadang amalan ini sering diperdebatkan namun sebenarnya memotong rambut saat Muharram sah-sah saja. 

Hanya saja memang lebih baik dilakukan di hari Jumat baik saat Muharram atau bulan lainnya. 

Tapi pengecualian bagi orang yang sedang melakukan ibadah haji dan haram hukumnya. Jika ada yang melakukannya maka akan dikenakan denda fidyah dengan menyembelih kambing dan diberikan pada fakir miskin, 

6. Perbanyak Solat Sunnah 

Supaya ibadah kita makin sempurna maka amalan bulan Muharram yang tak boleh dilewati lainnya adalah perbanyak shalat sunnah. 

Ada shalat khusus yang dilaksanakan pada tanggal 10 Muharram yaitu shalat Asyura. Salat ini dilakukan  antara waktu Dzuhur dan Ashar. 

Ibadah ini pun dilakukan 4 rakaat yang masing-masing rakaat membaca surah Al-Fatihah sekali, ayat kursi sepuluh kali dan Al Ikhlas, Al-Falaq, An-Nass sebanyak lima kali. 

Lalu apabila sudah selesai lakukan istighfar sebanyak tujuh kali. 

Hal ini juga dituliskan dalam sebuah hadits sebagai berikut: 

  عن أَبِي هُرَيْرَةَ مَرْفُوعًا مَنْ صَلَّى يَوْمَ عَاشُورَاءِ مَا بَيْنَ الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ أَرْبَعِينَ رَكْعَةً يَقْرَأُ فِي كُلِّ رَكْعَةٍ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ مَرَّةً وَآيَةِ الْكُرْسِيِّ عشر مَرَّات وَقل هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ إِحْدَى عَشْرَةَ مَرَّةً وَالْمُعَوِّذَتَيْنِ خَمْسَ مَرَّاتٍ فَإِذَا سَلَّمَ اسْتَغْفَرَ سَبْعِينَ مَرَّةً أَعْطَاهُ اللَّهُ فِي الْفِرْدَوْسِ قُبَّةً بَيْضَاءَ فِيهَا بَيْتٌ مِنْ زُمُرُّدَةٍ خَضْرَاءَ سِعَةُ ذَلِكَ الْبَيْتِ مِثْلُ الدُّنْيَا ثَلاثَ مَرَّاتٍ وَفِي ذَلِكَ الْبَيْتِ سَرِيرٌ مِنْ نُورٍ قَوَائِمُ السَّرِيرَ من العنبر الْأَشْهب عَلَى ذَلِكَ السَّرِيرِ أَلْفُ فِرَاشٍ مِنَ الزَّعْفَرَانِ

Artinya : Dari Abu Hurairah RA, dia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang sholat Asyura antara zuhur dan Ashar 40 rakaat dengan membaca di setiap rakaat surat Al Fatihah sekali, ayat kursi 10 kali, Al Ikhlas 11 kali, Al Falaq dan An Nas (al muawwidzatain) lima kali, dan ketika salam dia beristighfar 70 kali, Allah akan memberikan kubah putih di Surga Firdaus dengan rumah dari zamrud hijau yang luasnya tiga kali dunia, di dalam rumah itu tempat tidur dari cahaya, tiangnya terbuat dari ambar yang cerah, di atasnya seribu alas tidur dari za’faran.”

7. Memohon Ampun pada Allah

Karena memasuki tahun baru Islam sudah sepatutnya kita kembali menjadi fitri dan bersih. Maka sangat dianjurkan untuk mengingat dosa-dosa kita dan bersegera memohon ampunan Allah SWT. 

Memohon ampunan Allah bisa dilakukan dengan banyak cara seperti beristighfar, membaca surah-surah taubat serta melakukan shalat taubat. 

8. Bersedekah 

Sedekah adalah praktik yang sangat dianjurkan dalam Islam dan ini tidak terkecuali di bulan Muharram. Bahkan, sedekah di bulan Muharram dianggap sebagai salah satu amalan  yang paling  diberkahi. Berdasarkan ajaran Islam, hukum sedekah dianjurkan dan dilakukan dengan baik pada bulan Muharram. 

Hal ini terdapat langsung anjuran bersedekah saat Muharram dari Rasulullah sesuai dengan hadits berikut : 

“Bersedekahlah di bulan Muharram, karena sesungguhnya sedekah pada bulan Muharram memiliki keutamaan yang luar biasa.” (HR. Baihaqi). 

Demikianlah artikel tentang 8 amalan bulan Muharram yang kita dianjurkan tunaikan, semoga bermanfaat. 

Nantikan artikel informatif lainnya hanya di Blog Evermos.

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)