Bacaan Allahummaghfirlahu Warhamhu Waafihi Wafuanhu Artinya untuk Jenazah Laki-Laki

Belum tahu Allahummaghfirlahu warhamhu waafihi wafuanhu artinya apa? Yuk, simak ulasan di artikel ini dan ketahui arti hingga makna doa Allahummaghfirlahu.

Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu merupakan sebuah bacaan pada sholat jenazah rakaat ketiga khususnya untuk jenazah dengan jenis kelamin laki-laki.

Pada dasarnya, bacaan Allahummaghfirlahu memiliki arti dan makna yang mendalam. Sebab, bacaan ini menjadi doa meminta ampunan Allah SWT kepada sang mayit yang disholatkan.

Selain itu, bacaan doa ini juga mengajarkan pentingnya mendoakan saudara seiman yang telah meninggal dunia dan akan melalui proses kehidupan setelah kematian yang panjang.

Baca juga: Tata Cara Sholat Jenazah | Lengkap Dengan Bacaan Niat dan Doanya.

Bacaan Lengkap Allahummaghfirlahu Warhamhu Waafihi Wafuanhu Artinya

allahummaghfirlahu warhamhu waafihi wafuanhu artinya
Sumber: google.com/bersosial

Sebelum mengetahui Allahummaghfirlahu warhamhu waafihi wafuanhu artinya apa, mari simak tulisan Arab dari bacaan sholat jenazah rakaat ketiga berikut ini.

Allahummaghfirlahu Warhamhu Waafihi Wafuanhu Arab & Latin 

Berikut ini adalah bacaan lengkap Allahumma firlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu Arab dan Latinnya:

للَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ

Allahummaghfirlahu warhamhu wa ‘afihi wa’fu anhu wakrim nuzulahu, wa wassi’ madkhalahu, waghsilhu bilmai was salji, wal baradi, wa naqqihi minal khathaya, kama yunaqqas saubul abyadu minad danas. Wa abdilhu daran khairan min darihi wa ahlan khairan min ahlihi, wa zaujan khairan min zaujihi, wa adkhilhul jannata wa a’idzhu min adzabil qabri, wa adzabin nari.

Allahummaghfirlahu Warhamhu Waafihi Wafuanhu Artinya

“Ya Allah! Ampunilah almarhum (jenazah),berilah dia rahmat-mu, kesejahteraan, serta maafkanlah kesalahannya dan tempatkanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air, salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran. Gantikanlah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), keluarga (atau istri di Surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan neraka.”



Allahummaghfirlahu Warhamhu Wa’afihi Wa’fuanhu Artinya yang Pendek

اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْه

Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu.

Artinya: “Ya Allah! Ampunilah almarhum (jenazah laki-laki),berilah dia rahmat-mu, kesejahteraan, serta maafkanlah kesalahannya.”

Allahummaghfirlahu Warhamhu Wa’afihi Wa’fuanhu untuk Perempuan

Jika bacaan Allahummaghfirlahu warhamhu waafihi wafuanhu artinya untuk jenazah laki-laki, maka berikut ini bacaan Allahummaghfirlahu untuk perempuan:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْلَهَا وَارْحَمْهَا وَعَافِهَا وَاعْفُ عَنْهَا

Allaahummaghfirlaha warhamha wa’aafi ha wa’fu anha.

Artinya, “Ya Allah, Ampunilah almarhumah (jenazah perempuan),berilah dia rahmat-Mu, kesejahteraan, serta maafkanlah kesalahannya.”

Selengkapnya mengenai sholat jenazah untuk perempuan, kamu dapat membacanya disini: Bacaan Sholat Jenazah Perempuan, Niat, Tata Cara dan Hikmahnya.

Syarat Jenazah Bisa Disholatkan

Dalam Islam, menyolatkan jenazah juga memiliki syarat dan ketentuan. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Beragama Islam
  2. Jenazah harus suci dari najis baik badan maupun pakaian
  3. Suci dari hadast kecil dan besar
  4. Menutup aurat
  5. Menghadap kiblat

Hikmah Sholat Jenazah

Ada pelajaran penting yang bisa didapatkan ketika menyolatkan jenazah. Selain sebagai kewajiban sesama umat muslim, kita juga dapat menjalin persaudaraan yang semakin erat.

Selain itu, keutamaan dan hikmah menyolatkan jenazah adalah kita selalu mengingat bahwa kematian akan datang kapan saja dan di mana saja.

Maka perbanyaklah beribadah kepada Allah, kumpulkan bekal untuk hidup di akhirat yang kekal, agar hidup dengan bahagia di alam akhirat kelak.

Demikianlah bahasan Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu artinya. Semoga artikel ini bermanfaat!

Jika kamu ingin membaca artikel Islami lainnya yang menarik, silahkan kunjungi situs Blog Evermos.

Selain itu, jika kamu ingin memperoleh penghasilan dengan memulai usaha tanpa modal, kamu bisa kepoin Evermos.

Evermos hadir sebagai platform digital yang membantu kamu menjadi reseller tanpa modal dan menemukan berbagai supplier barang berkualitas di aplikasi Evermos. Klik tombol di bawah ini, ya!

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)