Allahumma Inni A’udzubika Min Adzabi Jahannam, Simak Kandungannya!

Allahumma inni a’udzubika min adzabi jahannam adalah kutipan doa yang dibacakan oleh muslim saat melakukan gerakan tahiyat akhir.

Dalam melaksanakan ibadah salat terdapat rukun-rukun shalat yang harus dipatuhi bagi seorang muslim agar shalat yang dilakukan menjadi sah.

Kewajiban salat ini dilakukan oleh seorang muslim yang sudah mencapai akil baligh atau mumayyiz yaitu dapat membedakan yang benar dan salah.

Shalat sendiri merupakan ibadah yang utama dan mendapatkan dosa apabila ditinggalkan.

Sebab dalam shalat setiap muslim sedang berdoa kepada Allah Ta’ala dan memohonkan permintaannya.

Makna Ibadah Shalat dalam Islam

Allahumma Inni A'udzubika Min Adzabi Jahannam
Sumber: unsplash.com

Sebelum lebih lanjut membahas tentang doa allahumma inni a’udzubika min adzabi jahannam hendaknya muslim dapat memahami perintah untuk melaksanakan Shalat.

Perintah melaksanakan shalat fardhu ini berawal dari peristiwa Isra Mi’raj yang dilakukan Rasulullah SAW.

Awalnya perintah shalat ini diminta oleh Allah SWT sebanyak 50 waktu dalam sehari, namun Rasulullah kemudian meminta keringanan sehingga ditetapkan shalat 5 waktu dalam sehari.

Ibadah shalat menjadi sarana bagi hubungan antara manusia dengan Allah SWT.



Makna shalat sebagai komunikasi bagi jiwa manusia dengan Allah SWT sehingga memiliki kedudukan yang penting dan mendasar dalam menjalankan agama Islam.

Doa Allahumma Inni A’udzubika Min Adzabi Jahannam

Allahumma Inni A'udzubika Min Adzabi Jahannam
Sumber: unsplash.com

Pada saat melaksanakan shalat salah satu rukunnya adalah melakukan gerakan tahiyat akhir.

Tahiyat akhir ini dilakukan sebelum mengakhiri ibadah shalat dengan membaca doa.

Dalam tahiyat akhir muslim membaca doa tahiyat serta membacakan shalawat kepada Nabi Ibrahim dan Nabi Muhammad SAW.

Selain itu muslim juga dianjurkan untuk membaca doa meminta perlindungan dari azab neraka, siksa kubur serta berbagai macam fitnah di dunia dan Dajjal kepada Allah SWT.

Doa ini berisi permohonan seorang hamba kepada Allah SWT untuk meminta perlindungan dari siksa kubur, siksa neraka, fitnah hidup dan mati, dan fitnah Dajjal.

Inilah allahumma inni a’udzubika min adzabi jahannam tulisan arab, latin dan arti lengkapnya.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ، وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ

Allahumma inni a’udzubika min adzabi jahannama, wa min adzabil-qabri, wa min fitnatilmahya wal-mamati, wa min syarri fitnati masiihid dajjaal.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari siksa neraka jahanam dan siksa kubur. Dari fitnah kehidupan dan kematian, serta dari keburukan fitnah Dajjal.”

Doa ini dibacakan setelah muslim membaca doa tahiyat akhir.

Bacaan Doa Tasyahud Akhir atau Tahiyat Akhir Lengkap

ى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ , أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللّٰهِ اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سيدنا مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ سيدنا مُحَمَّدٍ

كَمَا صَلَّيْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ و بَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدُ مَجِيْدٌ.

Attahiyyaatul mubaarokatus sholawatut thoyyibaatu lillaah. Assalamualaika ayyuhannabiyyu warohmatulloohi wabarokatuh. Assalamualainaa wa ‘alaa ibadillaahis sholihiin. Asyhadu allaa ilaaha illalloh wa asyhadu anna Muhammadar Rasulullah. Allahumma sholli ‘alaa sayyidina Muhammad wa ‘alaa aali sayyidina Muhammad.  Kamaa Shollaita ‘Alaa Sayyidinaa Ibraahiim. Wa ‘alaa Aali Sayyidinaa Ibrahiim. Wabaarik ‘alaa Sayyidinaa Muhammad. Wa ‘alaa aali Sayyidina Muhammad. Kamaa Baarakta ‘alaa Sayyidinaa Ibraahim. Wa ‘alaa aali Sayyidina Ibraahim. Fil ‘aalamiina Innaka Hamiidun Majiid.

Artinya: “Segala kehormatan, keberkahan, rahmat dan keselamatan, serta kebaikan hanyalah kepunyaan Allah. Keselamatan, rahmat, dan berkah dari Allah semoga tetap tercurah atasmu, wahai Nabi (Muhammad). Keselamatan, rahmat dan berkah dari Allah semoga juga tercurah atas kami, dan juga atas seluruh hamba Allah yang sholeh. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah. Semoga rahmat Allah tercurah kepada Muhammad dan atas keluarga Muhammad. Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Gusti kita Nabi Muhammad dan kepada keluarga Gusti kita Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat kepada Gusti kita Nabi Ibrahim dan keluarga Gusti kita Nabi Ibrahim.”

Kandungan Doa Allahumma Inni A’udzubika min Adzabi Jahannam Wa Min Adzabil Qobri 

Allahumma Inni A'udzubika Min Adzabi Jahannam
Sumber: unsplash.com

Rasulullah SAW menganjurkan kepada umat Muslim agar senantiasa berdoa dan meminta perlindungan kepada Allah SWT agar selamat dari hal-hal yang buruk.

Oleh karenanya doa tambahan dalam tahiyat akhir ini menjadi doa yang dianjurkan oleh Rasulullah sebagaimana kandungannya dalam hadist berikut.

Rasulullah SAW pernah bersabda,

“Jika kalian selesai melakukan tasyahud akhir, berlindunglah pada Allah dari empat hal, azab neraka Jahanam, azab kubur, fitnah hidup dan mati, dan keburukan Dajjal yang terhapus dari rahmat Allah.”

Maka dari itu, keutamaan doa  allahumma inni a’udzubika min adzabi jahannam wa min adzabil qobri ini yaitu dapat menjauhkan diri dari azab kubur, selamat dari azab neraka, dapat menjauhkan diri dari fitnah hidup dan fitnah mati serta terhindar dari fitnah Al-Masih Ad-Dajjal.

Nah itulah pembahasan tentang doa meminta perlindungan dari azab dan siksa kubur yang penting untuk diketahui oleh semua muslim.

Semoga Allah SWT selalu memberikan perlindungan kepada hamba-hamba-Nya yang meminta doa kepada-Nya.

Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda, sebarkan juga kepada orang-orang terdekat yang membutuhkannya.

Baca juga artikel menarik, informatif dan terbaru lainnya di Blog Evermos.

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)