Agama Tertua di Indonesia Beserta Penyebarannya yang Mesti Tahu!

Agama Tertua di Indonesia

Agama diketahui sebagai salah satu unsur yang membentuk sebuah bangsa selain suku bangsa, kebudayaan dan bahasa yang beragam tiap daerahnya. Agama Tertua di Indonesia beserta penyebarannya juga memberikan perubahan dan pengaruhnya dalam keberjalanan berbangsa dan negara.

Sebagaimana yang kita ketahui ada beberapa agama yang sudah eksis sejak ribuan tahun yang lalu dan menyebar hingga ke berbagai belahan bumi.

Sebagai salah satu negara yang berkembang, Indonesia kaya akan ragam budaya dan kekayaan alam yang berlimpah lengkap keunikan masyarakatnya yang memiliki suku, agama, serta bahasa yang berbeda-beda.

Setiap orang memiliki hak untuk menganut sebuah kepercayaan dalam tata cara menjalani dan sebagai pedoman kehidupannya sehari-hari. Agama lah yang mengajarkan makna kehidupan, berbuat baik terhadap sesama dan menjadi fitrah bagi setiap manusia menuntun kepada kebaikan.

Bersilaturahmi kepada tetangga, kerabat, teman-teman lama kita merupakan salah satu kebaikan yang bisa kita lakukan.

Adapun sambil bersilaturahmi adalah momen yang tepat untuk coba berikhtiar dengan menawarkan produk dan dapat penghasilan yang halal 💰

Mau tahu caranya? Silahkan daftar terlebih dahulu dengan mengklik button di bawah berikut dan isi registrasinya sekarang juga! 🤗

YUK, GABUNG DISINI!

Di Indonesia sendiri kita tahu bahwa selain Islam, ada terdapat beberapa agama lain yang terdapat di Indonesia dan sebaran pemeluknya.

Namun, apakah Anda pernah penasaran tentang apa saja agama yang tertua di Indonesia dan bagaimana penyebarannya? Tentunya berikut Admin sajikan dan rangkum dalam artikel berikut, simak sampai habis, ya.

Agama Tertua di Indonesia Beserta Penyebarannya

Sebagai warga negara yang baik dan peduli terhadap wawasan kebangsaannya, yuk cari tahu agama-agama tertua yang ada di Indonesia dengan menyimak daftar ulasan berikut di bawah ini.

1. Agama Tertua di Indonesia Beserta Penyebarannya : Islam

Agama Tertua di Indonesia
Sumber: unsplash.com

Pertama, yaitu ada agama Islam dan yang paling menempati posisi terbanyak pemeluknya di Indonesia.

Islam sebagai agama yang berlandaskan rahmatan lil alamin atau rahmat bagi semesta alam sudah ada sejak Nabi Muhammad dan ajarannya oleh para Nabi sebelumnya yang telah diutus oleh Allah Ta’ala ke bumi.

Kemudian, bagaimana sejarah masuknya Islam ke Indonesia dan kapan peristiwa tersebut terjadi?

Sejarah Penyebaran: Menurut salah satu teori, sekitar abad ke-7 Masehi Islam awalnya di bawa oleh pedagang Gujarat kemudian berbarengan dengan pedagang Arab dan Persia.

Salah satu buktinya adalah temuan makam Fatimah binti Maimun bin Hibatullah di Jawa Tengah.

Melansir dari The Pew Forum on Religion & Public Life, Indonesia merupakan negara dengan mayoritas berpenduduk agama Islam urutan ke satu dengan populasi sebanyak 88% dari estimasi total 207 juta penduduk.

Tak hanya masyarakatnya saja namun Islam aktif di Indonesia dan melahirkan sejumlah organisasi, komunitas dan majelis pengajian yang berkontribusi dalam segi sosial dan agama.

Kitab Suci : Al-Quran

Tempat Ibadah : Masjid

Hari Perayaan Keagamaan : Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha, Tahun Baru Hijrah, Maulid Nabi, Isra’ Miraj

2. Agama Tertua di Indonesia Beserta Penyebarannya : Kristen Protestan & Katolik

Agama Tertua di Indonesia
Sumber: unsplash.com

Agama berikutnya yang merupakan masuk ke dalam Agama Tertua di Indonesia Beserta Penyebarannya yaitu agama krtisten.

Menurut Indonesia Investments, sekitar 10%% dari populasi di Indonesia terdaftar sebagai umat kristen atau mencakup sekitar 23,5 juta jiwa. 

Sejarah : Salah satu teori pertama yang diketahui mengenai kemunculan agama Kristen di Indonesia merujuk kepada sebuah karya ensiklopedia Abu Salih Al-Armini yakni seorang Kristen Mesir pada abad ke-12.

Terdapat dua agama yang bersumber dalam Kristen yaitu ajaran agama Katolik dan ajaran agama Kristen Protestan.

Sekilas dari sejarahnya bahwa Kristen Protestan muncul setelah peristiwa protes Marthin Luther pada 1517 dan kini keseluruhan jumlah pemeluknya adalah 6,9% di Indonesia.

Sementara itu, Kristen Katolik hadir di Indonesia ketika masa penjajahan bangsa Portugis datang ke kepulauan Maluku dan kini jumlah penganutnya adalah 2,9% dari total masyarakat Indonesia.

Meski begitu, umat kristen juga memiliki rasa kebanggaan nasionalis yang sama kuatnya seperti umat muslim yang menjadi mayoritas di Indonesia.

Kitab Suci : Alkitab

Tempat Ibadah : Gereja

Hari Perayaan Keagamaan : Hari Natal, Hari Jumat Agung, Hari Paskah, Hari Kenaikan Isa Almasih

Baca Juga : 8 Agama Tertua di Dunia | Lantas Agama Apa yang Paling Benar?

4. Agama Tertua di Indonesia Beserta Penyebarannya : Hindu

Agama Tertua di Indonesia
Sumber: unsplash.com

Kemudian setelah terdapat agama Islam dan Kristen yang eksis di Nusantara ada agama Hindu.

Agama Hindu juga adalah agama yang sudah ada sejak ribuan tahun lamanya, pusatnya di India dan masih eksis hingga sekarang.

Jika Anda pernah bepergian ke Bali, biasanya akan sering melihat situs atau tempat salah satu ibadah dan ritual yang umat Hindu laksanakan.

Sejarah Penyebaran : Indonesia yang merupakan negara strategis pada bidang perdagangan telah membawa pengaruh-pengaruh ke Nusantara salah satu diantaranya adalah kepercayaan.

Pada tahun awal-awal masehi, agama Hindu dan Buddha masuk ke Indonesia yang kemudian terjadilah akulturasi kebudayaan.

Jauh sebelum itu, zaman prasejarah telah melahirkan banyak kepercayaan kuno seperti animisme dan dinamisme yang kemudian berubah menjadi kehidupan beragama dengan adanya agama-agama tersebut.

Terdapat sejumlah teori yang sama- sama menyatakan kapan tepatnya agama Hindu-Buddha ke Indonesia.

Teori tersebut adalah Teori Ksatria, Teori Waisya, Teori Brahmana, Teori Sudra, dan Teori Arus Balik beserta jalur darat dan jalur laut.

Salah satu bukti yang terdapat dalam penyebarannya ialah temuan Candi Prambanan, 

Walau pemeluknya hanya terdapat sekitar 1,7% dari jumlah total bangsa Indonesia, umat Hindu beradaptasi dan harmonis hidup bersama umat beragama lainnya.

Kitab Suci : Weda/Veda

Tempat Ibadah: Pura

Hari Perayaan Keagamaan : Hari Raya Nyepi dan Hari Raya Siwa Latri.

Sudah coba berbagai cara untuk mendapatkan penghasilan tapi masih belum ada income juga?

Mau coba usaha ala Rasulullah yang jamin akan bawa keberkahan dan sukses berkali-kali lipat?

Usaha sampingan menjadi reseller produk di Evermos adalah usaha yang patut kamu coba! 🤑

Karena Anda akan belajar bagaimana caranya berjualan dan menawarkan produk dari nol hingga sukses!

Isi dulu yuk formulir berikut agar selanjutnya Anda bisa mulai untuk berjualan semua produknya. 😊

DOWNLOAD APLIKASI SEKARANG

5. Agama Buddha

Agama Tertua di Indonesia
Sumber: unsplash.com

Agama Buddha merupakan agama yang termasuk dalam 6 agama besar di Indonesia dan terdapat pengikutnya serta agama yang di akui oleh negara Indonesia.

Belum banyak yang tahu bahwa agama Buddha memliki beberapa aliran dalamnya yaitu Buddha Theravada, Buddha Mahayana : Zen, dan Buddha Vajrayana.

Sejarah Penyebaran : Tokoh pembawa dan penyebar agama Buddha kala itu merupakan pedagang dari India dan China. 

Sama halnya seperti agama Hindu dan agama besar lainnya, menggunakan perdagangan sebagai andil dalam penyebaran kepercayaan kepada masyarakat.

Salah satu bukti penyebaran tersebut yakni dengan adanya Candi-Candi Borobudur, Kalasan, Plaosan, Siwa, yang kerap sebagai salah satu objek wisata religi yang ada di Jawa Tengah.

Mengutip dari situs resmi Indonesia, agama Buddha memiliki penganut sekitar 0,7% dari jumlah total populasi yang ada di Indonesia.

Kitab Suci : Tripitaka

Tempat Ibadah : Vihara, Candi-Candi.

Hari Perayaan Keagamaan : Hari Raya Waisak, Magha, Asadha.

6.  Agama Khonghucu

Agama Tertua di Indonesia
Sumber: unsplash.com

Terakhir, yaitu ada agama Khonghucu sebagai salah satu Agama Tertua di Indonesia Beserta Penyebarannya selain dari agama Islam, Kristen, Hindu, Buddha.

Sejarah Penyebaran : Sama halnya dengan beberapa agama yang lain, agama Khonghucu juga muncul dari para pedagang Tionghoa dan imigran pada abad ke-3 Masehi.

Umumnya agama Khonghucu banyak terdapat di negara Asia seperti Korea, Jepang, Taiwan, Hong Kong dan Republik Rakyat China (RRC). 

Sebagai salah satu agama besar dan tertua yang ada di Indonesia, jumlah pengikutnya terdapat sekitar 0,05% dan tersebar di Indonesia umumnya masyarakat Tionghoa.

Kitab Suci : Shishu Wujing

Tempat Ibadah : Klenteng/Litang

Hari Perayaan Keagamaan : Hari Raya Imlek dan Cap Go Meh.

Rekomendasi Speaker Al-Quran Digital Merk Terbaik & Terjangkau Miliki Hanya di Evermos

Agama Tertua di Indonesia

Salah satu kegiatan yang dapat mendatangkan pahala dan amalan ibadah yaitu dengan mendengarkan murrotal Al-Quran untuk menemani aktivitas keseharian Anda.

Dengarkan lantunan ayat Al-Quran untuk menjernihkan pikiran, mendatangkan ketenangan hati serta memberikan makna yang positif terhadap diri kita.

Anda bisa memiliki produk ini sekaligus menjual dan mempromosikan kepada tetangga, kerabat, saudara dan orang-orang terdekat untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Dapatkan komisi penjualan hingga 35% yang bisa Anda manfaatkan sebagai penghasilan yang bermanfaat setiap harinya 😁

Tunggu apalagi, daftarkan diri untuk menjadi reseller dan lakukan transaksi pertama kali sekarang juga! 🤑

DAFTAR DISINI SEKARANG

Demikian artikel mengenai Agama Tertua di Indonesia Beserta Penyebarannya yang dapat Admin sajikan semoga dapat menghibur dan bermanfaat bagi Anda.

Sebarkan juga informasi berikut kepada kerabat, keluarga, dan orang-orang terdekat Anda yang membutuhkannya.

Jangan lewatkan artikel menarik lainnya kunjungi Blog Evermos.

×