Ada Apa dengan Tanggal 20 Agustus? Islam Berjaya di Tanah Palestina

Ada apa dengan Tanggal 20 Agustus – Masih dalam rangka memperingati bulan kemerdekaan Republik Indonesia, Blog Evermos masih akan membahas tentang apa yang terjadi pada bulan ini.

Artikel kali ini akan memberikan informasi mengenai apa saja peristiwa yang terjadi pada tanggal 20 Agustus.

Tak banyak orang yang mengetahui bahwasanya ada beberapa peristiwa penting yang terjadi pada tanggal ini.

Salah satunya adalah proses awal pembangunan jembatan Suramadu yang menjadi ikon kota Surabaya dan Madura.

Penasaran ada apa dengan tanggal 20 Agustus? Berikut ulasannya untuk Anda.

Ada Apa dengan Tanggal 20 Agustus? Ini Peristiwa Penting yang Terjadi!

Berikut ini adalah beberapa peristiwa penting yang terjadi pada tanggal 20 Agustus baik dari dalam maupun luar negeri.

1. Ada Apa dengan Tanggal 20 Agustus? Adalah Awal Pembangunan Jembatan Suramadu

Ada Apa dengan Tanggal 20 Agustus
Sumber: google.com/bersosial

Peristiwa pertama yang terjadi pada tanggal 20 Agustus adalah awal pembangunan jembatan Suramadu, tepatnya pada 20 Agustus 2003.

Jembatan ini menjadi ikon bagi Surabaya dan Madura, oleh karena itu diberi nama Suramadu, yang merupakan singkatan dari Surabaya dan Madura.

Selain itu, jembatan ini juga sekaligus sebagai penghubung antara Pulau Jawa dan Pulau Madura.

Jembatan yang membentang sepanjang 5.438 meter ini selesai dan diresmikan 6 tahun kemudian, atau pada 1 Maret 2009.

Saat ini jembatan Suramadu menjadi akses utama bagi masyarakat Surabaya yang akan ke Madura, begitupun sebaliknya.

2. Tanggal 20 Agustus 636 Muslim Duduki Suriah dan Palestina

Ada Apa dengan Tanggal 20 Agustus
Sumber: google.com/bersosial

Kemudian, pada tanggal yang sama, namun tahun yang berbeda, yakni tahun 636 masehi, ada peristiwa penting yang harus diingat oleh umat Muslim. Yakni perang Yarmuk.

Perang Yarmuk adalah perang antara muslim Arab dan kekaisaran Romawi Timur yang terjadi pada tahun 636. 

Pertempuran ini, oleh beberapa sejarawan, dipertimbangkan sebagai salah satu pertempuran penting dalam sejarah dunia, karena dia menandakan gelombang besar pertama penaklukan muslim di luar Arab, dan cepat masuknya islam ke Palestina, Suriah, dan Mesopotamia yang rakyatnya menganut agama Kristen. 

Peristiwa ini merupakan salah satu kemenangan Khalid bin Walid yang paling gemilang, dan memperkuat reputasinya sebagai salah satu komandan militer dan kavaleri paling brilian di zaman pertengahan. Pertempuran ini terjadi pada masa pemerintahan Umar bin Khattab, khalifah Rasyidin kedua.

Pada pertempuran tersebut, pasukan Muslim Arab kehilangan sekitar 4.000 tentara, sedangkan Kekaisaran Bizantium kehilangan 70.000 hingga 120.000 prajurit.

3. Estonia Merdeka dari Uni Soviet

Ada Apa dengan Tanggal 20 Agustus
Sumber: google.com/bersosial

Selanjutnya adalah kemerdekaan Estonia yang terjadi pada 20 Agustus. Negara tersebut berhasil meraih kemerdekaannya dari Uni Soviet yang saat itu adalah negara komunis terbesar di dunia, pada tanggal 20 Agustus 1991.

Estonia adalah negara berdaulat di kawasan Baltik di Eropa Utara. Selain itu Estonia merdeka dari Uni Soviet pada 20 Agustus 1991. 

Kemudian Estonia berbentuk republik dengan corak demokrasi parlementer dan dibagi ke dalam 15 wilayah setara kabupaten. 

Kota terbesar sekaligus pusat pemerintahan Estonia adalah Tallinn. Dengan populasi sejumlah 1,34 juta jiwa, Estonia menjadi salah satu negara berpenduduk tersedikit di Uni Eropa, Zona Euro, dan NATO.

4. Tanggal 20 Agustus 1962 Jepang Mendirikan NHK

nhk
Sumber: google.com/bersosial

Peristiwa lainnya yang menjadi sejarah bagi dunia dan terjadi pada tanggal 20 Agustus adalah berdirinya Perusahaan Penyiaran Publik Jepang NHK.

Nippon Hoso Kyokai (NHK) merupakan perusahaan penyiaran publik Jepang yang didirikan pada 20 Agustus 1962. NHK sendiri mengacu pada model perusahaan radio Britania Raya, BBC. 

Seiring berjalannya waktu, kini NHK telah menghasilkan dua siaran televisi dan tiga rangkaian radio. Sebuah jaringan radio kedua dimulai pada 1931, dan siaran gelombang pendek dipancarkan ke luar negeri pada 1935.

5. Hari Nyamuk Sedunia

Hari nyamuk sedunia
Sumber: google.com/bersosial

Selain 4 peristiwa yang terjadi di atas, ada juga hal yang jarang bahkan tak banyak orang yang mengetahuinya, yakni hari nyamuk sedunia diperingati setiap tanggal 20 Agustus.

Setiap tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Nyamuk Sedunia (World Mosquito Day). Hari Nyamuk ini merupakan peringatan global atas penemuan Sir Ronald Ross pada tahun 1897 bahwa nyamuk Anopheles betina menularkan malaria antar manusia.

Hari Nyamuk Sedunia menghormati tanggal ketika Sir Ronald Ross, seorang ahli bedah tentara Inggris yang bekerja di India, membuktikan bahwa nyamuk menularkan malaria dengan mengidentifikasi parasit malaria berpigmen pada nyamuk yang menghisap pasien terinfeksi. 

Penemuan ini merevolusi pengetahuan tentang malaria dan mengarah pada tindakan pencegahan baru. 

Ross memenangkan Hadiah Nobel untuk Fisiologi atau Kedokteran pada tahun 1902. Ross mendeklarasikan Hari Nyamuk Dunia pertama saat itu juga, menyatakan bahwa dunia harus disadarkan akan hubungan antara nyamuk dan malaria.

Itulah beberapa peristiwa penting yang terjadi pada tanggal 20 Agustus di seluruh dunia. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Jika ingin membaca artikel peristiwa penting lainnya, silahkan untuk selalu mengunjungi situs Blog Evermos.

Selain itu Anda juga bisa berikhtiar bersama Evermos dengan menjadi bagian dari reseller Evermos yang meraih banyak keuntungan dan keberkahan.

Anda bisa mendapatkan uang hanya dengan diam di rumah saja dan modal HP saja. Penasaran? Langsung saja klik tombol di bawah ini, ya.

YUK, GABUNG DISINI!

×
slot88