7 Tips Hemat Budget Untuk Acara Lamaran Sederhana di Rumah

Sebelum menempuh jenjang pelaminan, ada tahapan yang harus dilalui yaitu lamaran. Namun, momen spesial ini tentunya membutuhkan persiapan dan biaya khusus. Untuk itu, berikut kami berikan tips mengadakan acara lamaran sederhana di rumah saja.

Lamaran adalah proses di mana pihak pria mengajak calon pasangannya untuk menikah. Tujuannya adalah untuk memberi kepastian dan perkenalan antar dua keluarga.

Bagi sebagian orang lamaran adalah momen yang memerlukan banyak biaya dengan standar yang tinggi. Namun sebagaimana kita tahu bahwa prioritas finansial setiap orang berbeda-beda. Ada orang yang lebih mementingkan fokus biaya untuk pernikahan atau asset jangka Panjang.

Karena sebenarnya esensi dari lamaran adalah pengungkapan isi hati secara sederhana untuk menyampaikan niat baik, buka untuk bermewah-mewahan. Jadi jangan khawatir untuk menciptakan momen lamaran sesuai keinginan dan kemampuan Anda.

Untuk itu tidak ada salahnya untuk membuat acara lamaran sederhana di rumah saja. Ingin tahu bagaimana cara mengonsep dan mengemas budget dan acara lamaran dengan sederhana di rumah? Langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

Baca Juga : 6 Keterampilan Keuangan yang Harus Anda Miliki Agar Bisa Pensiun Dini

7 Tips Hemat Budget Untuk Acara Lamaran Sederhana di Rumah Saja

1. Menentukan Jumlah Undangan

acara lamaran sederhana di rumah
sumber : pexels.com

Menentukan jumlah undangan yang akan hadir itu hal yang paling penting dalam menetapkan budget. Terutama untuk menentukan tempat lamaran dan menghitung jumlah konsumsi.

Mengingat lamaran ini adalah momen kekeluargaan maka Anda tidak mengapa perlu mengundang terlalu banyak orang. Hal ini sekaligus bisa memangkas budget lamaran.

Lamaran adalah acara yang penuh dengan keakraban. sehingga tidak perlu mengundang terlalu banyak orang.

Cukup Ikut sertakan keluarga inti, sahabat, dan beberapa orang yang kamu nilai harus ada di momen spesial. Hal ini akan membuat proses lamaran Anda semakin berkesan.

Baca Juga : 5 Cara Beli Emas Antam dengan Mudah Tanpa Ribet

2. Menentukan tempat lamaran

acara  lamaran sederhana di rumah
sumber : unsplash.com

Tempat adalah hal pertama yang terpikirkan saat menentukan biaya lamaran. Bersambung dari hal tadi, jika kita mengundang sedikit kerabat, maka tidak terlalu membutuhkan space besar untuk lamaran.

Jadi, tidak ada masalah untuk melaksanakan lamaran hanya di rumah untuk memangkas budget.  Proses lamaran pun bisa jadi lebih leluasa karena tidak terbatas waktu.

Bila kamu memutuskan mengadakan prosesi lamaran di rumah, tentu kamu perlu lebih selektif untuk urusan tamu

Jika pun tidak memungkinkan untuk mengadakan acara di rumah, maka Anda bisa rbagai opsi tempat lamaran selain di rumah sendiri adalah dengan memilih opsi di kafe atau restoran agar lebih mehemat. Karena biaya sewa tempat umumnya di kisaran Rp2 juta. Namun jika Anda memilih venue/Gedung maka akan lebih mahal.

Selain membutuhkan dana lebih besar, penyewaan gedung atau hotel juga akan berdampak pada kebutuhan dekorasi besar-besaran dan jumlah undangan akan lebih banyak

3. Merancang Outfit Lamaran

acara  lamaran sederhana di rumah
google/bersosial

Selanjutnya kita akan membahas dari sisi pakaian. Pasti Anda sering melihat pasangan yang lamaran dengan memakai baju couple. Hal ini bisa anda siasati dengan menjahit baju sendiri.

Selain modelnya yang tidak pasaran, menjahit baju sendiri juga bisa sangat menghemat budget. Yang terpenting untuk jaman sekarang adalah harus kreatif dan percaya bahwa untuk menjadi.

selain menghemat budget, menjahit baju sendiri juga bisa membuat baju yang kita kenakan antimainstream karena tidak ada model yang sama.

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk menjahitnya, maka Anda bisa memilih cara menyewanya karena hanya akan dipakai satu kali saja.

4. Dekorasi lamaran

acara  lamaran sederhana di rumah
sumber : pexels.com

Memang jika dilihat secara ringkas bahwa Anda bisa menyerahkan urusan dekorasi ke vendor..

Namun, Jika ingin lebih murah maka Anda bisa mendekorasi ruangan dibantu oleh keluarga atau teman dekat, ini tentu akan menekan biaya lamaran.

5. Fotografer

acara  lamaran sederhana di rumah
sumber : unsplash.com

Tidak hanya sampai di sini. Masih ada beberapa aspek yang mendukung jalannya lamaran. Satu hal yang tidak boleh terlupakan adalah fotografer handal untuk kebutuhan konten di media sosial.

Tidak dapat kita pungkiri bahwa konten menjadi fokus utama jaman sekarang. Proses mengabadikan momen menjadi hal yang patut diprioritaskan.

Untuk menghemat budget, maka Anda bisa menggunakan jepretan kamera smartphone untuk dokumentasi. Karena sebenarnya jenis kameranya pun sudah bagus.

Namun, apabila Anda kurang puas akan hasilnya, maka Anda bisa mencari kenalan teman fotografer, karena biasanya mereka kerap memberikan potongan harga untuk teman.

6. Make up Lamaran

acara  lamaran sederhana di rumah
sumber : unsplash.com

Kita juga bisa meminta bantuan teman dalam hal ini. Tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa teman untuk menghemat biaya.

Selain memperoleh potongan harga teman, tentu Anda akan merasa lebih nyaman karena sudah mengenal teman Anda dengan baik. sehingga Anda bisa mengarahkan makeup sesuai keinginan.

7. Eliminasi Biaya yang Tidak Penting

acara  lamaran sederhana di rumah

Tinjau ulang semua dekorasi dan perintilan persiapan dari lamaran Anda serta kurangi budget tidak penting.

Contohnya ialah apakah perlu untuk mendekorasi rumah dengan bunga besar bertuliskan nama pengantin. Kemudian memasang karpet bertabur bunga untuk jalan masuk?

Anda bisa mengeliminasi beberapa hal yang tidak memberi nilai lebih dan mengalokasikan dana tersebut untuk hal yang lebih penting.

Demikianlah ulasan mengenai tips minim budget saat acara lamaran sederhana di rumah. Semoga dengan artikel ini kita bisa lebih pintar dalam mengatur keuangan saat acara lamaran.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang membutuhkannya. Untuk membaca artikel keuangan menarik lainnya, Anda bisa mengunjungi situs Blog Evermos.

×