Patut Dilakukan! Inilah 5 Sedekah yang Paling Mudah Berupa

Sedekah yang paling mudah berupa – Banyak sekali bentuk yang bisa menjadi sedekah dan tidak disadari oleh banyak orang. Apakah Anda salah satu orang yang belum mengetahui sedekah yang paling mudah berupa apa? Jika belum, maka Anda wajib membaca artikel ini sampai selesai. 

Sedekah merupakan salah satu hal yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Islam, karena sedekah bisa menjadi penolong seseorang.

Banyak sekali bentuk sedekah yang bisa dilakukan, mulai dari yang paling mudah dan yang sulit untuk dilakukan.

Sulit dalam artinya ada sesuatu yang belum disanggupi seseorang hingga ia belum mampu bersedekah. 

Namun inilah bentuk sedekah yang paling mudah berupa sesuatu yang sangat erat dalam kehidupan sehari-hari.

Sedekah yang Paling Mudah Berupa Apa? Inilah 6 Bentuk Sedekah yang Mudah Dilakukan 

Sedekah yang mudah dilakukan berupa
Sumber: shutterstock.com

Berikut ini adalah 6 sedekah yang mudah dilakukan dan tanpa sengaja dapat dilakukan:

1. Sedekah yang paling mudah berupa senyum

Semua orang bisa bersedekah dengan sangat mudah yaitu menggunakan senyuman. Saat seseorang tersenyum dengan tulus dan ikhlas, maka ia akan memancarkan energi positif yang luar biasa.

Hal ini membuat orang lain yang menerima senyuman tersebut juga akan tertular energi positif yang sama. Tentu ini akan memberikan manfaat yang luar biasa.

Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak bersedekah. Ada begitu banyak cara yang mudah dilakukan untuk bersedekah. Salah satu sedekah yang paling mudah dilakukan oleh siapa saja adalah dengan tersenyum.

2. Sedekah yang paling mudah berupa memberi makan hewan

Kemudian ada sedekah yang sangat mudah dilakukan, yakni memberi makan hewan. Sedekah bukan hanya dapat dilakukan dengan sesama manusia saja. 

Akan tetapi, sedekah juga bisa dilakukan kepada hewan. Misalnya, dengan memberi makanan kepada hewan liar yang ditemui di jalanan maupun di tempat umum.

Tidak seperti manusia yang dapat mencari makan sendiri, hewan membutuhkan bantuan manusia. Karena itulah hal-hal seperti ini menjadi ladang pahala untuk setiap manusia.

3. Sedekah yang paling mudah berupa sedekah tenaga

Contoh sedekah lainnya yang bisa dilakukan dengan mudah adalah sedekah tenaga. Apabila seseorang mengeluarkan tenaga guna membantu orang lain, maka ini juga termasuk ke dalam kategori sedekah.

Hal lainnya yang termasuk ke dalam kategori sedekah tenaga adalah ketika menolong orang lain yang tidak dikenal sekalipun.

4. Sedekah uang adalah yang mudah dilakukan

Sedekah uang menjadi jenis sedekah yang dirasa cukup mudah dilakukan. Namun, perlu dipahami bahwa nominal sedekah uang tidaklah harus banyak. Nominal sedekah uang bisa disesuaikan dengan kemampuan diri.

Sedekah berupa uang bisa dilakukan, misalnya, lewat amal Jumat. Biasanya setiap hari Jumat ada penarikan amal Jumat.

Selain itu, sedekah berupa uang juga bisa dilakukan ketika melakukan shalat di masjid. Selepas shalat, siapapun bisa langsung memasukkan uang ke dalam kotak amal.

Bahkan ketika seseorang berpapasan dengan penjual minuman di jalan dan membelinya, ini juga termasuk sedekah.

5. Sedekah yang paling mudah berupa sedekah makanan

Selain uang, memberikan makanan kepada seseorang pun termasuk ke dalam bentuk sedekah.

Misalnya berbagi makanan untuk para tetangga, atau berbagi makanan untuk berbuka puasa, itu adalah termasuk ke dalam salah satu bentuk sedekah.

Jadi, tak ada alasan untuk tidak bersedekah, karena banyak sekali cara yang bisa dilakukan dengan mudah.

Dalil yang Memerintahkan untuk Bersedekah

sedekah yang paling mudah dilakukan berupa
sumber: unsplash.com

Sedekah juga sudah diatur dan dijelaskan oleh Allah dalam beberapa surat di Al-Quran, berikut ini dalil yang menjelaskan tentang sedekah:

1. Surat Al-Hadid ayat 7

ءَامِنُوا۟ بِٱللَّهِ وَرَسُولِهِۦ وَأَنفِقُوا۟ مِمَّا جَعَلَكُم مُّسْتَخْلَفِينَ فِيهِ ۖ فَٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مِنكُمْ وَأَنفَقُوا۟ لَهُمْ أَجْرٌ كَبِيرٌ

Latin: āminụ billāhi wa rasụlihī wa anfiqụ mimmā ja’alakum mustakhlafīna fīh, fallażīna āmanụ minkum wa anfaqụ lahum ajrun kabīr.

Artinya: Berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan nafkahkanlah sebagian dari hartamu yang Allah telah menjadikan kamu menguasainya. Maka orang-orang yang beriman di antara kamu dan menafkahkan (sebagian) dari hartanya memperoleh pahala yang besar.

2. Surat Al-Baqarah ayat 245

مَّن ذَا ٱلَّذِى يُقْرِضُ ٱللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَٰعِفَهُۥ لَهُۥٓ أَضْعَافًا كَثِيرَةً ۚ وَٱللَّهُ يَقْبِضُ وَيَبْصُۜطُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

Latin: Man żallażī yuqriḍullāha qarḍan ḥasanan fa yuḍā’ifahụ lahū aḍ’āfang kaṡīrah, wallāhu yaqbiḍu wa yabṣuṭu wa ilaihi turja’ụn.

Artinya: Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan memperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan.

3. Surat Al-Baqarah ayat 261

مَّثَلُ ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَٰلَهُمْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِى كُلِّ سُنۢبُلَةٍ مِّا۟ئَةُ حَبَّةٍ ۗ وَٱٱللَّهُ يُضَٰعِفُ لِمَن يَشَآءُ ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ

Latin: Maṡalullażīna yunfiqụna amwālahum fī sabīlillāhi kamaṡali ḥabbatin anbatat sab’a sanābila fī kulli sumbulatin miatu ḥabbah, wallāhu yuḍā’ifu limay yasyā`, wallāhu wāsi’un ‘alīm.

Artinya: Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.

Itulah beberapa bentuk sedekah yang paling mudah berupa apa dan ayat yang menjelaskan tentang sedekah.

Jika Anda ingin membaca artikel islami menarik lainnya, silahkan kunjungi situs Blog Evermos. Selamat membaca!

Selain itu, dapatkan manfaat untuk berikhtiar bersama Evermos hanya dalam satu aplikasi, selain itu ada banyak penawaran dan promo menarik lainnya yang bisa Kamu dapatkan secara cuma-cuma.

Inilah benefit yang akan Anda dapatkan secara GRATIS:

  1. Punya toko online sendiri cuma modal HP,
  2. Jualan 80.000++ produk lokal berkualitas
  3. Akses E-Katalog tanpa batas
  4. Belajar bisnis dipandu trainer professional
  5. Gratis Ongkir*
  6. Packing dan pengiriman semua dari Evermos yang bantu,
  7. Bisa banget Jastip (Jasa Titip) untuk teman terdekat
  8. Kesempatan Umroh* tanpa diundi

*Syarat dan Ketentuan berlaku

Tertarik untuk mencobanya? Dapatkan akses ke seluruh produk dan siap jual sekarang juga dengan klik tombol di bawah berikut.

DAFTAR DISINI SEKARANG

Buka Usaha Jadi Reseller (Daftar Gratis)