35 Peluang Usaha Paling Menjanjikan Di Era New Normal

by Eko Ferdiyantho
0 comment
Peluang usaha

Ingin punya tambahan pemasukan atau beralih profesi menjadi pengusaha? Yuk, intip 35 peluang usaha di era New Normal terbaik dan paling menjanjikan.

Pandemi Covid-19 secara tidak langsung telah membuat perekonomian mengalami penurunan. Banyak perusahaan-perusahaan yang terpaksa tutup dan merumahkan karyawannya akibat dari pandemi ini.

Bahkan di beberapa negara maju seperti Korea dan Singapura mengalami resesi ekonomi.

Berbeda dengan di Indonesia, bisa dikatakan walaupun ekonomi Indonesia mengalami penurunan namun belum terjadi resesi. Saat ini Indonesia sedang dalam fase Transisi kenormalan baru.

Kini banyak perusahaan/ perorangan perlahan mulai bangkit di Era New Normal ini. Lalu peluang usaha apa saja yang bisa dimanfaatkan di Era New Normal ini ?

Ketika mencari peluang Usaha Sampingan, Anda perlu merancang sebuah perencanaan yang tepat. Anda harus dapat mengetahui potensi dalam diri jenis bisnis apa yang tepat untuk diri Anda. 

Berikut ini 35 Peluang usaha yang paling menjanjikan di Tahun 2020.

35 peluang usaha Yang Paling Menjanjikan di Tahun 2020

1. Masker Kain

Peluang usaha Masker Kain

Sumber Gambar: Pexels

Saat ini masker sudah menjadi barang yang wajib digunakan. Pemerintah sudah mengeluarkan aturan wajib menggunakan masker, jika tidak akan dikenakan denda. Tujuan penggunaan masker sebisa mungkin untuk menghindari penyebaran virus Covid 19. 

Masker kain bisa menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan di Era New Normal ini. Anda cukup mengeluarkan modal membeli kain dengan berbagai motif lalu dijadikan masker. Semakin menarik motif maskernya, semakin di cari oleh konsumen.

2. Frozen Food 

Peluang usaha Froozen food

Sumber Gambar: Pexels

Ditengah Pandemi seperti ini, peluang usaha menjual Frozen Food menjadi bisnis yang menjanjikan.

Banyaknya masyarakat yang memilih membatasi aktivitas diluar rumah, membuat mereka membeli dan menyimpan makanan beku, selain praktis Frozen Food ini lebih tahan lama. Anda bisa menjualnya secara.

Baca Juga: 5 Ide Peluang Usaha Sampingan Online yang Cocok untuk Milenial

3. Delivery Kebutuhan Pokok 

Peluang usaha delivery

Sumber Gambar: Pexels

Banyaknya Masyarakat yang membatasi aktivitas mereka keluar rumah, termasuk membeli kebutuhan pokok membuat bisnis delivery kebutuhan pokok menjadi peluang usaha yang menjanjikan di Era New Normal ini. 

Anda hanya perlu menjalin kerjasama dengan suplier di pasar tradisional / swalayan  yang menjual beraneka kebutuhan pokok sehari-hari seperti buah, sayur, bumbu dan sembako dalam menjalankan bisnis ini. Anda harus mempunyai harga yang murah namun kualitasnya sangat terjamin. Ketepatan waktu pengantaran menjadi poin plus ketika Anda berhasil menjalankan bisnis ini.

4. Produk-Produk Hobi 

Peluang usaha hobi

Sumber Gambar: Pexels

Banyaknya masyarakat lebih memilih diam dirumah, membuat mereka untuk kembali menekuni atau memuli hobi barunya agar tidak bosan. Hobi yang banyak digeluti di era new normal ini adalah bercocok tanam, bersepeda, melukis dll. 

Anda dapat menjadikannya sebagai peluang usaha untuk memulai bisnis Anda dengan menjual dan menyediakan kebutuhan hobi masyarakat, tetapi Anda harus bisa fokus pada salah satunya, misal dengan menjual tanaman, menjual sepeda tanpa perlu resetock banyak atau menyiapkan perlengkapan melukis.

5. Kursus Online

Peluang usaha kursus

Sumber Gambar: Pexels

Adanya Pandemi Covid-19, salah satu kebijakan pemerintah adalah belajar dirumah untuk Anak Sekolah. Jika Anda memiliki keterampilan dan kemampuan mengajar seperti menjadi guru calistung, musik, bahasa dll.

Kursus online bisa menjadi peluang usaha Anda. Anda dapat menentukan tarif mulai dari waktu mengajarnya.

Baca Juga: 6 Peluang Usaha Makanan Kekinian Dengan Omset Jutaan Rupiah

6. Jasa Pembuatan Website

Peluang usaha website

Sumber Gambar: Pexels

Salah satu bisnis yang bisa dijalankan di era New Normal ini adalah jasa pembuatan website. Jika Anda seorang web developer, tidak ada salahnya menjalankan bisnis ini. 

Selain membuat website, Anda juga bisa menjadi reseller dari hosting dan domain. Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan bekerjasama dengan pihak lain. Untuk memulai bisnisnya Anda tidak perlu mengeluarkan modal.

7. Jualan Makanan Ringan 

Peluang usaha makanan

Sumber Gambar: Pexels

Jualan Makanan Ringan menjadi salah satu bisnis yang paling menjanjikan. Anda cukup mencari suplier makanan ringan seperti kerupuk, keripik, makroni dll dan membungkus kembali dengan packaging yang menarik versi Anda tentunya dengan variasi rasa dan ukuran yang bervariasi. Kuncinya Anda harus bisa mempertahankan kualitas produknya.

Memulai bisnis ini tidak perlu mengeluarkan modal yang besar dan Anda bisa memasarkannya secara online.

8. Menjadi Penulis Online 

Peluang usaha penulis

Sumber Gambar: Pexels

Jika Anda mempunyai hobi menulis bisa jadi ini peluang usaha yang cukup menjanjinkan. Anda bisa bisa menjadi penulis online. 

Bisnis ini tidak perlu mengeluarkan modal sedikitpun. Anda bisa menjadi penulis online paruh waktu atau full time. Beberapa platform akan membantu Anda mendapatkan Project antara lain Sribulancer dan Upwork. Apabila Anda suka menulis cerita Fiksi, Wattpad bisa jadi sarana Anda juga.

Baca Juga: 4 Peluang Usaha Sampingan Untuk Karyawan Kantor

9. Jual Minuman Herbal 

Peluang usaha minuman herbal

Sumber Gambar: Pexels

Produk yang bisa dipasarkan di musim Pandemi ini adalah minuman herbal atau jamu. Minuman ini dapat membantu menjaga kesehatan tubuh Anda. 

Untuk memulai bisnis ini, Anda bisa bekerja sama dengan suplier produk kesehatan atau jika Anda mempunyai keahlian membuat minuman herbal bisa memproduksinya sendiri. Anda dapat menjualnya dalam bentuk serbuk atau kemasan botol siap minum dan memasarkannya melalui online atau langsung.

10. Jualan E-book

Peluang usaha ebook

Sumber Gambar: Pexels

Buku menjadi sumber informasi yang perlahan mulai digantikan oleh E-Book. Salah satu kemudahannya adalah dapat membacanya kapan saja melalui media seperti ponsel atau tablet. 

Jika Anda mempunyai keahlian dalam salah satu bidang, Anda dapat merangkum dalam sebuah E-book dan menyimpannya dalam bentuk PDF. Anda bisa memasarkannya melalui website Anda atau bekerjasama dengan toko buku online.

11. Bisnis Cuci Sepatu 

Peluang Usaha Bisnis Cuci Sepatu 

Sumber Gambar: Pexels

Bisnis Cuci Sepatu bisa menjadi peluang usaha Anda di Era New Normal ini. Dengan Modal Rp. 100 Ribu Anda sudah bisa menjalankan bisnis ini dan meraup omzet hingga jutaan rupiah per bulannya. 

Anda bisa mulai dengan membeli perlengkapan cuci sepatu yang saat ini sudah banyak di jual di berbagai marketplace. Anda bisa memulainya dengan menawarkan jasa cuci sepatu ke rekan-rekan terdekat Anda.

12. Pet Shop 

Peluang Usaha Pet Shop 

Sumber Gambar: Pexels

Apakah Anda pecinta hewan? membuka Pet Shop bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Anda bisa memulai usahanya dengan jasa grooming (perawatan) hewan peliharaan terlebih dahulu dan bisa menyetok sedikit produk makanan, aksesoris hewan di toko Anda. Anda juga bisa menjual kebutuhan hewan secara online.

13. Berjualan tutorial 

Peluang Usaha Berjualan tutorial 

Sumber Gambar: Pexels

Jika Anda mempunyai keahlian dalam membuat tutorial bidang tertentu. Peluang usaha ini bisa jadi peluang yang menjanjikan. Anda cukup membuat tutorial dengan cara merekamnya melalui screen recorder atau Handphone, kemudian menjualnya secara eksklusif. Misalnya membuat tutorial membuat blog, website, mencuci sepatu dll. 

Anda bisa memasarkannya melalui website, media sosial pribadi anda atau marketplace tertentu.

Baca Juga: 4 Ide Peluang Usaha Modal Kecil Untung Besar, Cukup 2 Jutaan

14. Jasa Pembuatan CV 

Peluang Usaha Jasa Pembuatan CV 

Sumber Gambar: Pexels

Curiculum Vitae atau CV adalah hal yang sangat penting bagi para pelamar kerja. Dahulu CV harus dibuat seformal mungkin dan ada standar susunannya.

Saat ini CV dapat didesain semenarik mungkin agar dapat di baca oleh perusahaan. Bisa dikatakan desain CV bisa menjadi indikator penentu lolos atau tidaknya lamaran di suatu perusahaan. 

Peluang usaha jasa pembuatan CV, kini bisa menjadi bisnis yang menjanjikan di Era New Normal ini, karena banyak sebagian dari mereka yang terpaksa dirumahkan, mau tidak mau mereka harus membuat ulang CV nya. 

Jika Anda mempunyai keahlian dalam mendesain tidak salahnya mulai menekuni bisnis ini. Anda dapat memulai membuat contoh template CV yang menarik dan bisa Anda tawarkan ke rekan-rekan atau memasarkannya secara online.

Rata-rata jasa pembuatan CV ini dibanderol mulai dari harga Rp.100 ribu sampai Rp. 400 ribu tergantung dari kesulitan pembuatan desainnya.

Semakin banyak template yang menarik, semakin banyak Anda meraup untung dari peluang usaha ini.

15. Catering Makanan Sehat 

Peluang Usaha Jasa Pembuatan CV 

Sumber Gambar: Pexels

Di Era New Normal ini, beberapa orang jadi mempunyai hobi masak. Selain lebih hemat, memasak ditujukan agar ada kegiatan. Namun, ada juga yang sibuk karena work from Home, lebih menyukai memesan menu lengkap yang siap makan. 

Trend yang saat ini berkembang, bisa jadi peluang usaha Anda membuat Catering Makanan Sehat yang banyak dicari oleh keluarga menengah ke atas yang menjajikan menu lengkap. Anda bisa mulai membuat draft dan sample menu yang bisa ditawarkan ke relasi Anda. Dengan Modal sedikit peluang usaha ini sangat menjanjikan, terlebih jika Anda bisa membuat variasi masakan sehat dan menarik.

16.

Peluang Usaha Menciptakan Produk Kreatif Ramah Lingkungan

Sumber Gambar: Pexels

Membuat produk yang bermanfaat sambil menjaga lingkungan bisa jadi peluang usaha yang baik.

Di Era New Normal ini menciptakan produk kreatif ramah lingkungan selain menambah kegiatan dan menjadikan ini sebagai peluang usaha untuk memulai bisnis Anda,

Anda bisa mulai mengumpulkan plastik-plastik bekas bungkus kopi, sabun atau snack dan barang daur ulang lainnya yang dapat di manfaatkan menjadi sebuah benda yang bernilai tinggi.

Anda bisa menganyam atau membuat produk menjadi sebuah kerajinan berbentuk tas atau karpet dan lainnya yang bisa Anda jual ke relasi, kerabat atau bisa juga Anda mengikuti Pameran UMKM yang sering diadakan oleh Pemerintah.

17. Usaha Rental Mobil 

Peluang Usaha Rental Mobil 

Sumber Gambar: Pexels

Usaha Rental Mobil mungkin masih belum banyak diminati karena membutuhkan modal yang besar seperti harus menyiapkan unit mobilnya.

Di era new normal ini banyak masyarakat lebih nyaman berpergian menggunakan mobil pribadi daripada naik kendaraan umum.

Peluang Usaha ini bisa Anda coba dengan mulai merentalkan mobil pribadi Anda beserta supirnya, jika sudah mulai maju Anda dapat menyicil membeli unit baru.

Omzet per bulan jika sudah berhasil menjalankan bisnis ini bisa mencapai Rp. 78 juta per bulan.

18. Wedding Organizer 

Peluang Usaha Wedding Organizer

Sumber Gambar: Pexels

Di Era New Normal ini kelihatannya bisnis Wedding Organizer sedang lesu. Namun bagi Anda yang ingin memulai bisnis, peluang usaha ini bisa jadi bisnis yang menjanjikan.

Tentunya WO yang Anda bangun harus benar-benar memperhatikan protokol kesehatan yang ketat yaa. 

Untuk memulai bisnis ini sama sekali tidak membutuhkan modal, jika pun ada modal yang dibutuhkan sedikit. Anda harus bisa menawarkan paket-paket pernikahan yang menarik dan tentunya sudah bekerjasama dengan vendor-vendor seperti fotografi, catering, dekorasi, MUA, Attire dll. Omzet yang bisa Anda dapatkan ketika sudah menjalankan bisnis ini bisa mencapai Ratusan juta per tahunnya.

19. Affiliate Marketing 

Peluang Usaha Affiliate Marketing 

Sumber Gambar: Pexels

Peluang usaha Affiliate marketing memungkinkan Anda mendapatkan uang dengan cara mempromosikan produk pihak lain. Bisnis ini cukup menggiurkan karena Anda bisa memulainya tanpa modal, terlebih di Era New Normal seperti ini. Contoh peluang usaha Affiliate marketing adalah menjual hosting.

Baca Juga: 8 Peluang Usaha Sampingan yang Unik dan kreatif

20. Membuat Kerajinan Tangan 

Peluang Usaha Membuat Kerajinan Tangan 

Sumber Gambar: Pexels

Jika Anda mempunyai keahlian dalam mengolah suatu bahan menjadi kerajinan tangan, Anda bisa menjadi bisnis yang menjanjikan. 

Anda bisa memulainya dengan modal kecil. Yang paling penting adalah mulai tekun dan melihat kejelian peluang usahanya. 

Contohnya Anda mempunyai keahlian menjahit dan bisa membuat tas dari seleting, dengan modal membeli seleting dan menjahitnya menjadi produk berupa tas, pouch, tempat hp dll. Anda sudah bisa meraup omzet jutaan per bulannya.

21. Menjadi Dropshipper 

Peluang Usaha Membuka Toko Online

Sumber Gambar: Pexels

Bisnis dropship mirip dengan reselleing. Dimana hasil keuntungannya berasal dari selisih harga yang Anda terima dari produk yang Anda jual. 

Peluang usaha ini tidak membutuhkan modal, tetapi omzet yang didapatkan tidak dapat dianggap remeh.

22. Berjualan Perangkat Lunak/Software 

Peluang Usaha Berjualan Perangkat Lunak Software 

Sumber Gambar: Pexels

Dunia teknologi informasi berkembang sangat pesat dan akan terus maju setiap saat. Jika Anda mempunyai kemampuan di bidang pemrograman, Anda bisa memanfaatkan peluang usaha ini dengan berjualan software.  

Sudah banyak yang sukses di bisnis ini, mungkin Anda salah satunya. Anda bisa membuat sebuah aplikasi yang dibutuhkan masyarakat saat ini dan menjualnya melalui website pribadi Anda.

23. Usaha Potong Rambut

Peluang Usaha Usaha Potong Rambut

Sumber Gambar: Pexels

Anda pernah dengar sayembara tukang cukur rambut saat Pilkada Jawa Barat yang digagas oleh Gubernur Jawa Barat saat ini yaitu Ridwan Kamil.

Sayembara unik tersebut telah menarik peminat para tukang cukur untuk mengikuti sayembara tersebut. 

Peluang Usaha Potong Rambut ini, bisa menjadi bisnis Anda apalagi di Era New Normal ini. Banyak masyarakat enggan ke barbershop atau salon di masa pandemi ini.

Anda bisa menawarkan jasa cukur rambut kerumah atau istilah kerennya Delivery Hair Cut tentunya dengan meyakinkan calon konsumen bahwa bisnis Anda sudah sesuai standar protokol kesehatan.

Anda juga bisa menawarkan menjual alat cukur yang bisa mudah digunakan oleh calon konsumen, Bisnis ini cukup menjanjikan di era New Normal.

Baca Juga: 7 Peluang Usaha dengan Modal Kecil yang Menguntungkan

24. Jasa Penitipan Anak

Peluang Usaha Jasa Penitipan Anak

Sumber Gambar: Pexels

Apakah Anda suka anak-anak, Anda mungkin bisa membuka jasa penitipan Anak. Peluang Usaha ini cukup menjanjikan apabila dan dijalankan di kota-kota besar. Kesibukan orang tua bekerja seringkali mengharuskan anak dititipkan ke pihak lain. 

Anda harus menyiapak modal untuk merenovbasi rumah Anda dan menyulapnya menjadi area bermain. Anda juga harus membeli beberapa perlengkapan bermain anak sebagai sarana promosi bisnis Anda. Anda juga bisa menyiapkan fasilitas cctv yang dapat di akses oleh orang tua anak yang Anda asuh sehingga mereka tidak perlu khawatir ketika menitipkan anak mereka. Anda bisa mulai membuka tarif Rp. 500.000 per bulanya untuk satu orang anak.

25. Bisnis Waralaba/Franchise 

Peluang Usaha Franchise 

Sumber Gambar: Pexels

Bisnis waralaba adalah bisnis yang dijalankan dengan model kemitraan, Bekerja sama dengan perusahaan yang produknya sudah dikenal tentu lebih cepat. Potensi bisnis yang ditawarkan cukup baik dan sudah berkembang. 

Banyak pilihan waralaba dengan modal kecil, saat ini banyak pilihan waralaba seperti laundry, jasa kirim barang, pelatihan dan lainnya. 

26. Jasa Terjemah 

Peluang Usaha Jasa Terjemah 

Sumber Gambar: Pexels

Jika Anda mempunyai kemampuan berbahasa asing, ini bisa jadi peluang bisnis Anda. Anda bisa mulai bisnis sebagai jasa terjemah dengan omzet mencapai $500/bulan. Anda tidak perlu membutuhkan modal dan bisa menjalankannya dari rumah.

27. Membuka Toko Online

Peluang Usaha Membuka Toko Online

Sumber Gambar: Pexels

Anda mempunyai barang yang menarik dijual?, tidak ada salahnya Anda membuka toko online dengan memanfaatkan platform-platform e-commerce tanpa mengeluarkan modal sedikitpun. Anda juga bisa menjualnya melalui akun media sosial Anda. 

Potensi peluang usaha ini bisa mencapai Rp. 77 triliun pada tahun 2018. Banyak orang sukses dan meraup keutungan ratusan juta hanya dengan membuka toko online, tentunya barang yang Anda jual harus menarik dan kualitasnya terjamin, sehingga calon konsumen akan membeli berulang dan sudah percaya toko online Anda.

28. Berjualan Tema Blog

Peluang Usaha Berjualan Tema Blog

Sumber Gambar: Pexels

Anda suka menulis blog, suka mengganti tema agar blog lebih menarik dan bisa membuat tema blog ? Peluang usaha ini bisa Anda coba. Anda bisa membuat bermacam-macam tema blog dan menjualnya kepada para penulis blog. Tidak Sembarangan tema blog bisa Anda jual, Anda harus memahami keriteria tema blog yang baik seperti mobile-friendly, SEO Optimized, loading cepat dan temanya menarik.  Untuk memulai bisnis ini Anda tidak membutuhkan modal dan bisa dilakukan dari rumah.

29. Berjualan Costume Casing Handphone

Peluang Usaha Berjualan Costume Casing Handphone

Sumber Gambar: Pexels

Apakah Anda bisa membuat desain dan suka mengganti casing Handphone ?, mungkin Anda bisa mencoba peluang usaha ini dengan berjualan Costume Casing HP. Anda bisa menjual casing handphone dengan berbagai tema, karakter dan bisa melayani costume sesuai permintaan konsumen Anda. 

Anda cukup mengeluarkan modal dengan membeli mesin pencetak Casing terbaik, casing polos dari semua jenis hp dan bisa melihat trend saat ini.

30. Jual Beli Barang antik

Peluang Usaha Jual Beli Barang antik

Sumber Gambar: Pexels

Jika Anda hobi mengoleksi barang antik, pasti Anda pernah mengalami memburu barang antik tersebut dan di beli dengan harga tinggi ?, Nah peluang usaha ini bisa Anda coba. 

Banyak penjual barang antik mengawali bisnisnya sebagai kolektor, namun karena peluang usaha ini cukup menjanjikan mereka mulai menjadikannya sebagai bisnis juga. Omzet yang bisa didapatkan dari menjual barang antik ini bisa mencapai ratusan juta lho. Tidak ada salahnya mencoba peluang usaha ini.

31. Jasa Make Up

Peluang Usaha Jasa Make Up

Sumber Gambar: Pexels

Anda mempunya keahlian di bidang make up, membuka jasa make up sepertinya layak Anda coba. Untuk memulai bisnis ini Anda membutuhkan modal kisaran 1 – 5 juta rupiah bergantung pada besar kecilnya bisnis yang akan Anda bangun. Modal tersebut bisa Anda gunakan untuk membeli alat make up, biaya promosi dan busana awal. 

Peluang usaha ini cukup besar karena beberapa pebisnis bisa balik modal dalam waktu 3-4 bulan saja. Anda bisa menawarkan tema make up santai, elegan, rustic dan lainnya. Jika Anda berminat memulai bisnis ini Anda harus membuat perencanaan yang tepat.

32. Bisnis Laundry 

Peluang Usaha Bisnis Laundry 

Sumber Gambar: Pexels

Apakah Anda sering melihat usaha laundry ada dimana-mana ?, Secara tidak langsung bisnis jasa cuci ini sangat menjanjikan. 

Bisnis Laundry bisa jadi peluang usaha yang memiliki prospek bagus. Modal awal yang dibutuhkan tergantung berapa besar bisnis laundry yang akan Anda bangun.

Anda bisa memulainya dari rumah terlebih dahulu. Anda bisa juga memanfaatkan teknologi dengan membuat aplikasi atau website yang bisa di akses calon konsumen Anda, sehingga dapat memudahkan konsumen mengetahui biaya dan jasa yang dibutuhkan.

33. Jasa Menjahit Pakaian 

Peluang Usaha Jasa Menjahit Pakaian 

Sumber Gambar: Pexels

Anda punya keahlian menjahit ? Mungkin Anda bisa mencobanya. Peluang Usaha ini cukup menjanjikan dan bisa dijalankan dirumah. Saat ini bisnis fashion di Indonesia sedang mengalami trend positif.

Bahkan nilai ekspor bisnis ini tahun 2019 mencapai Rp. 122 Triliun. 

Dengan keahlian menjahit yang Anda miliki dan kejelian dalam memilih bahan, Anda dapat membuat bermacam-macam produk fashion yang dibutuhkan masyrakat.

Contohnya adalah bisnis busana muslim, piyama, hijab dan lainnya. Untuk Omzet tidak perlu dikhawatirkan Anda bisa meraih omzet hingga ratusan juta setiap bulannya.

34. Usaha Sewa Perlengkapan Mendaki 

Peluang Usaha Usaha Sewa Perlengkapan Mendaki 

Sumber Gambar: Pexels

Saat ini banyak orang menyukai kegiatan mendaki gunung. Selain bisa melepas penat, menikmati waktu bersama teman-teman dan dapat mempunyai foto-foto keren di atas puncak gunung. Nyatanya menyewakan perlengkapan mendaki dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. 

Modal yang dibutuhkan kisaran 3-10 juta rupiah untuk membeli alat-alat mendaki seperti sleeping bag, tenda, tongkat, kompor portable dan lainnya. Anda bisa mulai menyewakannya mulai dari harga 30ribu – 100ribu per harinya. Anda bisa memanfaatkan media sosial dan website sebagai alat pemasarannya.

35. Usaha Sewa Pakaian 

Peluang Usaha Usaha Sewa Pakaian 

Sumber Gambar: Pexels

Banyak event yang membutuhkan pakaian khusus seperti Hari Kartini yang mewajibkan dresscode busana daerah, Kebaya dan Jas saat hari kelulusan atau hari pernikahan. Banyak orang yang masih bingung mendapatkan baju yang pas. 

Usaha Sewa Pakaian ini bisa menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan. Anda juga bisa membuka jasa ini secara online dengan membuat website atau aplikasi, calon costumer Anda dapat dengan mudah memilih dan memesannya. Setiap bulannya bisnis ini dapat meraup omzet hingga jutaan dan bisa naik saat banyak event besar.

Banyak peluang usaha yang bisa kamu manfaatkan di Era New Normal ini. Anda bisa memanfaatkan keahlian, keterampilan dan kemampuan Anda dalam membangun bisnisnya. 

Kunci untuk membuka sebuah usaha adalah Anda harus tekun dan tidak pantang menyerah dalam memulai usaha Anda. Anda bisa memulainya dengan hal yang paling Anda sukai dan Anda bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini. 

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

 

You may also like