7 Tips Menjalankan Usaha Sampingan Karyawan Dengan Modal Kecil

by Eko Ferdiyantho
0 comment
Usaha Sampingan Karyawan

Kesibukan yang dijalani para pegawai, tidak menutup kemungkinan bagi mereka untuk menjalankan sebuah usaha sampingan karyawan.

Banyak jenis usaha yang bisa dijalankan oleh pegawai untuk menambah penghasilan. Selain itu, dengan menjalankan sebuah usaha juga bisa menambah pengalaman pegawai dibidang bisnis.

Jika Anda sebagai pegawai yang ingin memulai usaha, maka Anda perlu memperhatikan beberapa hal yang bisa membantu Anda dalam mempersiapkan sebuah usaha.

Sebagai pemula memang perlu mendapatkan informasi mengenai pengelolaan usaha sampingan karyawan, supaya Anda tidak kebingungan dalam menjalankan usaha tersebut.

1. Tidak Ada Larangan dari Perusahaan

Usaha Sampingan Karyawan

Sumber Gambar: Pexels

Setiap perusahaan biasanya memiliki ketetapan yang harus dijalankan oleh semua pegawai.

Jika perusahaan melarang setiap pegawai memiliki sebuah usaha sampingan karyawan, maka lebih baik Anda tidak menjalankan sebuah usaha karena akan mempengaruhi pekerjaan Anda.

Tetapi jika perusahaan tidak melarang hal tersebut, maka Anda bisa menjalankan usaha sesuai dengan keinginan Anda.

Baca Juga: 5 Peluang Usaha Sampingan Karyawan yang Kerja Sift

2. Siapkan Modal dari Gaji yang Didapatkan

Usaha Sampingan Karyawan

Sumber Gambar: Pexels

Modal merupakan salah satu hal yang perlu disiapkan sebelum Anda memulai sebuah bisnis.

Jika Anda benar-benar ingin memulai sebuah bisnis, maka Anda harus menyisihkan sebagian gaji yang didapatkan untuk modal berbisnis. Dengan begitu, Anda bisa menyiapkan modal lebih awal dengan mudah.

Hal ini tidak mudah dilakukan apalagi jika pengeluaran kebutuhan Anda sangat banyak. Untuk mengatasi hal ini, maka Anda bisa menggunakan gaji Anda untuk kebutuhan terlebih dahulu kemudian sisanya dikumpulkan untuk modal bisnis.

Dengan melakukan hal ini, maka Anda tidak akan terbebani dalam menyisihkan gaji Anda untuk modal berbisnis.

3. Yakin dalam Menjalankan Bisnis Sampingan

Usaha Sampingan Karyawan

Sumber Gambar: Pexels

Menjalankan sebuah usaha sambil bekerja memang tidak mudah, karena itu sama dengan menjalankan dua pekerjaan secara bersamaan.

Untuk itu, jika Anda ingin mendirikan sebuah usaha sampingan maka Anda harus mempunyai keyakinan yang kuat. Jika tidak ada keyakinan, maka usaha Anda bisa saja tidak berjalan dengan lancar.

Baca Juga: 4 Peluang Usaha Sampingan Untuk Karyawan Kantor

4. Fokus dalam Menjalankan Pekerjaan

Usaha Sampingan Karyawan

Sumber Gambar: Pexels

Jika Anda sudah yakin untuk menjalankan bisnis sambil bekerja, maka Anda harus menjalankan kedua pekerjaan tersebut dengan benar.

Karena jika Anda tidak serius dalam menjalankan kedua pekerjaan tersebut, maka pekerjaan tersebut akan hilang dua-duanya. Untuk itu, kefokusan dalam bekerja dibutuhkan dalam situasi ini.

Fokus disini bukan berarti hanya fokus dalam salah satu pekerjaan, tetapi harus fokus dalam menjalankan kedua pekerjaan tersebut.

Dengan begitu, pekerjaan dan usaha Anda akan berjalan dengan baik kedepannya. Selain itu, Anda juga tidak boleh menambah bisnis karena bisa mengacaukan pekerjaan Anda.

Lebih baik menjalankan satu bisnis dengan lancar, daripada menjalankan banyak bisnis tetapi semuanya berantakan.

5. Bisa Membagi Waktu

Usaha Sampingan Karyawan

Sumber Gambar: Pexels

Salah satu hal yang penting dalam menjalankan pekerjaan sambil menjalankan sebuah usaha sampingan karyawan adalah waktu. Karena apabila Anda tidak bisa membagi waktu dengan baik, maka pekerjaan Anda bisa berantakan.

Untuk itu, buatlah jadwal mengenai pembagian waktu bekerja dan menjalankan usaha.

Baca Juga: 6 Cara Memulai Usaha Rumahan Bagi Karyawan Pabrik

6. Membuat Rancangan Bisnis Sederhana

Usaha Sampingan Karyawan

Sumber Gambar: Pexels

Rencana bisnis merupakan hal yang perlu disiapkan dalam menjalankan sebuah bisnis. Dengan rancangan bisnis, maka Anda bisa mendata semua keperluan yang dibutuhkan dalam berbisnis.

Mulai dari jenis produk yang dijual, cara pemasaran, cara melakukan promosi, pemasukan yang didapatkan, dan masih banyak lagi.

Dengan membuat rancangan bisnis, Anda juga bisa mengetahui keperluan apa yang membutuhkan biaya banyak.

Dengan begitu, Anda bisa mencari solusi untuk meminimalisir pengeluaran sebelum Anda menjalankan sebuah usaha. Hal ini perlu dilakukan supaya usaha Anda bisa berkembang dengan baik.

7. Cari Mitra Kerja untuk Menjalankan Bisnis Bersama

Usaha Sampingan Karyawan

Sumber Gambar: Pexels

Sebagai pemula yang ingin menjalankan sebuah usaha sampingan karyawan, Anda perlu mencari mitra kerja supaya Anda bisa bekerjasama.

Melalui mitra kerja Anda bisa mendapatkan pengalaman untuk menjalankan usaha secara mandiri

Jadi tidak masalah apabila seorang pemula menjalankan usaha dengan bantuan mitra kerja. Hal ini pastinya akan menguntungkan Anda di dunia bisnis.

Mempunyai pekerjaan tetap bukan berarti membuat seseorang tidak bisa mempunyai usaha sampingan. Dalam menjalankan sebuah usaha, seseorang tidak harus meluangkan waktu untuk bisa mengelolanya.

Karena ada beberapa jenis usaha yang bisa dilakukan tanpa menguras waktu Anda dalam melakukan pekerjaan tetap.

You may also like