7 Peluang Usaha di Desa Yang Menguntungkan

Pelaku usaha di desa saat ini sedang menjamur. Pelaku usaha tidak hanya mendominasi di kota besar. Karena kemudahan akses menjadikan masyarakat desa memiliki peluang yang sama besarnya.

Kemudahan akses tersebut adalah internet, logistik dan jalur transportasi. Hal menjadikan peluang usaha di desa dapat terus berkembang.

Memulai usaha di desa memiliki peluang sukses yang sama besarnya dengan di kota. Telah banyak jenis usaha yang dapat dilakukan masyarakat di sana. Berikut ini adalah beberapa ulasan mengenai peluang usaha di desa yang cocok untuk pemula.

Membuka Usaha Kecil-Kecilan di Rumah yang Menguntungkan adalah jalan yang tepat bagi Anda yang juga berperan sebagai ibu rumah tangga, klik disini.

Usaha Di Desa

1. Usaha Pertanian

Usaha di Desa
Sumber: Pexels.com

Lahan di kota sudah mulai berkurang. Sudah sedikit lahan yang bisa digunakan untuk pertanian. Hal ini menjadi peluang bagi para masyarakat di desa untuk berkembang dengan hasil taninya.

Karena keterbatasan produk hasil tani di kota. Masyarakat kota pun membutuhkan hasil tani dari Desa. Anda dapat mengelola hasil tani dari daerah setempat dan kemudian menjualnya ke kota.

Kemajuan teknologi bisa dimanfaatkan untuk membuka Usaha Internet yang pastinya akan mendatangkan keuntungan, yuk simak!

2. Usaha Ternak

Usaha di Desa
Sumber : Pexels.com

Kebutuhan akan hewan ternak terus meningkat seiring dengan perkembangan dunia kuliner. Hal ini berpotensi menjadi peluang usaha. Lahan luas dan sumber pakan melimpah menjadikan desa tempat yang tepat untuk usaha beternak.

Meskipun belum memiliki modal yang besar, namun peluang usaha dengan modal kecil ini bisa menjadi pilihan untuk dicoba, intip inspirasinya disini.

3. Budidaya Ikan

Usaha di Desa
Sumber : Pexels.com

Budidaya ikan juga merupakan binsis yang peluangnya besar dan menguntungkan di desa. Apalagi jika pasar yang ada di sekitar desa Anda masih minim pemasok ikan.

Baik ikan air tawar maupun ikan hias. Keduanya memiliki kesempatan yang sama baik. Pilih sesuai dengan potensi market yang ada.

Lahan yang luas di desa dapat menjadi tempat yang bagus untuk membuat tambak untuk budidaya ikan air tawar. Usaha Ikan air tawar cukup menjanjikan karena merupakan produk konsumsi.

4. Usaha makanan

usaha rumahan yang laris
sumber : Pixabays.com

Usaha kuliner tidak akan ada habisnya. Bahkan akan terus berkembang seiring dengan pertumbuhan penduduk. Karena tentunya setiap orang membutuhkan makanan setiap harinya.

Didukung dengan keadaan masyarakat yang sibuk akan rutinitasnya menyebabkan kebiasaan memasak di rumah berkurang. Kebiasaan membeli makanan di luar pun meningkat.

Maka dari itu, bisnis kuliner akan selalu menjadi peluang tanpa mengenal waktu dan tempat. Hasil produk dari industri kuliner dapat sangat bervariasi dan memiliki pasar yang luas. Karena merupakan kebutuhan sehari-hari semua orang.

5. Jual pulsa dan token listrik

Usaha di Desa
Sumber: Pixabay.com

Perkembangan Internet dan jaringan seluler yang pesat telah sampai jangkauannya pada masyarakat desa. Hal ini bagus untuk peluang usaha pulsa elektrik di desa.

Saat ini hampir semua orang menggunakan ponsel sebagai kebutuhan utamanya. Maka, pulsa dan paket data tidak luput sebagai komponen penunjangnya. Selain pulsa dan paket data, menjual token listrik pun menjadi usaha yang menjanjikan.

Menjadi seorang mahasiswa bukan hanya belajar saja, namun sebagai mahasiswa juga harus memiliki Usaha Sampingan Mahasiswa agar hidup tak selalu mengandalkan uang kiriman orang tua.

6. Membuka toko online

usaha rumahan yang laris
sumber : Pixabays.com

Membuka toko online merupakan peluang usaha yang bisa diterapkan dimana saja karena kemudahannya. Waktu yang fleksibel membuat usaha ini bahkan dapat dilakukan dari rumah.

Anda bisa menjual produk yang dibutuhkan warga desa. Dapat disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Membuka toko online lebih praktis karena anda tidak perlu menyediakan tempat untuk menawarkan barang anda.

Peluang usaha sampingan untuk karyawan ini bisa Anda coba untuk mengisi waktu kosong di sela-sela pekerjaan Anda.

7. Menjadi dropshipper/reseller

usaha rumahan yang laris
sumber : Pixabays.com

Dropshipper merupakan bisnis online. Bisnis yang bisa dikerjakan dari mana saja tanpa batas dan waktu. Jaringan internet sudah tersebar, mulai dari kota hingga ke desa. Dengan perkembangan ini, kita bisa memanfaatkan itu untuk berbisnis.

Dropshipper adalah kegiatan menjual barang-barang yang dipasarkan pada market online. Namun berbeda dengan membuka toko online sendiri. Menjadi dropshipper minim bahkan tanpa modal.

Karena seorang dropshipper tidak perlu untuk membeli barangnya terlebih dahulu. Sehingga minim biaya dan juga minim resiko.

Menjalankan bisnis saat ini tidak hanya bisa dilakukan oleh masyarakat di perkotaan. Akses terhadap barang dan kebutuhan semakin mudah dengan adanya akses internet dan transportasi yang memadai.

Tinggal di desa adalah hal yang paling pas untuk membuka usaha, apalagi yang Anda jalankan adalah Usaha Unik di Desa, tentu sangat berpeluang untung besar.

Jika anda berminat untuk mencoba memulai usaha. Tidak ada salahnya mencoba memulai bisnis yang minim modal terlebih dulu. Bila anda berminat untuk memulai usaha tanpa modal, anda dapat mencoba Menjadi reseller di Evermos.

Dengan menciptakan usaha sendiri, anda akan mendapat kemudahan lebih. Karena waktu yang diperlukan sangat fleksibel. Ada banyak sekali peluang usaha yang bisa anda manfaatkan.

×