7 Peluang Usaha Ternak Yang Menjanjikan dan Patut Kamu Coba!

by Eko Ferdiyantho
0 comment
Peluang Usah Ternak

Tahukah kamu? Ada 7 peluang usaha ternak yang sangat menguntungkan lho. yuk, simak ulasannya pada artikel berikut ini.

Dari dulu hingga saat ini, bisnis di bidang ternak masih menjadi bisnis yang menjanjikan. Mengingat harga ternak yang semakin meningkat, tak heran jika kini banyak orang yang terjun di bidang ini dan menjadikannya sebagai bisnis.

Apalagi jika Anda tinggal di desa, pastinya akan sangat mudah dalam bertengkar. Karena masih tersisa lahan yang luas serta pakan atau rumput yang masih banyak tersedia.

Apakah Anda merupakan alah satu orang yang ingin beternak? Namun, yang menjadi permasalahan adalah sulitnya menentukan ternak apa yang tepat.

Tak perlu khawatir karena pada ulasan kali ini akan dibahas mengenai 7 peluang usaha ternak yang bisa Anda pilih.

Peluang Usaha di Bidang Peternakan

Dari sekian banyak jenis ternak, pada ulasan kali ini akan dibahas 7 peluang usaha ternak yang memang mudah dijalankan serta paling banyak digunakan.

1. Ternak Ayam Pedaging

Peluang Usah Ternak

Sumber Gambar: Pixbay

Peluang usaha ternak yang pertama direkomendasikan yaitu ternak ayam pedaging.

Mungkin bagi Anda yang sering berkunjung ke desa banyak menjumpai orang yang beternak ayam pedaging.

Hal ini dikarenakan bisnis ini sangat mudah dijalankan.

Selain itu, keuntungan yang didapatkan juga terbilang sangat besar, mengingat saat ini permintaan akan daging ayam semakin meningkat, sehingga usaha ini cocok Anda pilih.

Belum lagi menjelang lebaran, harga ayam akan semakin meningkat sehingga keuntungan yang didapatkan juga semakin banyak.

2. Ternak Sapi

Peluang Usah Ternak

Sumber Gambar: Pixbay

Seperti yang kita ketahui setiap orang yang memiliki ternak sapi terlihat lebih sukses. Hal ini memang benar adanya.

Karena sapi merupakan jenis ternak yang saat ini diburuhkan, terutama dagingnya. Bahkan, dari dulu hingga sekarang permintaan daging sapi selalu meningkat.

Jadi apakah Anda ingin ternak sapi?

Jika benar, Anda harus menyiapkan lahan yang luas serta faham bagaimana caranya beternak sapi. Mulai dari pemberian makanan, kesehatan dan lain sebagainya.

Keuntungan yang Anda dapatkan jika sapi terjual cukup tinggi. Belum lagi menjelang hari raya idul Adha, pastinya permintaan akan semakin meningkat.

3. Ternak Kambing

Peluang Usah Ternak

Sumber Gambar: Pixbay

Peluang usaha ternak yang selanjutnya yaitu ternak kambing. Banyak orang yang lebih memilih ternak kambing dikarenakan mudah dalam merawatnya.

Bahkan, dalam waktu singkat ternak kambing sangat menguntungkan. Meskipun hanya dijadikan sebagai bisnis sampingan, namun keuntungan yang didapatkan tak perlu diragukan lagi.

Bagi Anda yang tinggal di desa pastinya akan mudah sekali ternak kambing. Mengingat lahan luas masih tersedia dan persediaan rumput yang masih banyak.

4. Ternak Bebek

Peluang Usah Ternak

Sumber Gambar: Pixbay

Bagi para pelaku usaha yang ingin mendapatkan banyak keuntungan, ternak bebek bisa menjadi solusi yang tepat.

Dibilang usaha yang tepat karena modal yang dibutuhkan terbilang kecil jika dibandingkan dengan ternak hewan lainnya.

Bahkan, saat ini satu butir telur bebek seharga 2000 rupiah. Bayangan saja jika ant memiliki bebek puluhan, sudah bisa dibayangkan keuntungan yang didapatkan sebulannya snagat banyak.

Banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari ternak bebek, selain keuntungan yang besar, pakannya mudah dibeli di toko.

5. Ternak Lele

Peluang usaha ternak lainnya yang tak kalah menjadi favorit yaitu usaha ternak lele. Keuntungan yang didapatkan dari ternak lele sangatlah besar.

Hal ini dikarenakan masa panen ikan lele yang terbilang cepat dan  ternak lele tidak membutuhkan lahan yang luas.

Jika tidak memiliki lahan yang luas, bisa ternak lele menggunakan drum bekas atau membuat kolam dari terpal.

6. Ternak Burung

Banyak sekali jenis burung yang bisa diternak. Seperti halnya burung love bird, kace, jalak bali, beo, kakaktua, murai batu, dan lain sebagainya.

Tips dalam ternak burung memang harus telaten dan teliti. Pastikan untuk selalu memberikan makan secara rutin dengan makanan yang beegizi.

7. Ternak Ayam Kampung

Selain ternak ayam potong, ayam kampung juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya ayam jenis ini memiliki kualitas yang bagus, baik dari segi daging dan telurnya.

Harga daging dan telur ayam kampung juga lebih mahal dibandingkan ayam biasa.

Bayangkan saja jika Anda memiliki ayam kampung dengan jumlah yang banyak, pastinya keuntungan yang didapatkan juga akan berlipat-lipat.

7 Peluang usaha ternak tersebut bisa Anda pilih mana yang sekiranya mudah untuk dilakukan.

Pastinya pilih ternak yang bisa mendatangkan banyak keuntungan.

Pemilihan bisnis ini juga perlu memperhatikan lahan yang Anda miliki.

 

You may also like