7 Inspirasi Usaha Sampingan di Industri Pernikahan Tahun 2020

by Eko Ferdiyantho
0 comment
Usaha Sampingan di Industri Pernikahan

Usaha Sampingan di Industri Pernikahan – Industri pernikahan menjadi salah satu peluang besar usaha sampingan dan untuk dijadikan sebagai inspirasi. Meski industri pernikahan ini sudah sejak dulu ada, namun semakin kesini industri yang satu ini semakin kreatif.

Bahkan sampai saat ini sudah banyak sekali pasangan pengantin yang ingin mengabadikan momen sakral yang hanya satu kali seumur hidup.

Nah, berikut ini merupakan 7 inspirasi usaha sampingan di industri pernikahan yang bisa Anda coba.

1. Party Planner

Usaha sampingan di industri pernikahan yang pertama adalah party planner.

Saat ini jasa party planner memang sangat dibutuhkan bagi siapapun yang akan merayakan pesta pernikahan. Bukan hanya pernukahan saja, party planner juga banyak dibutuhkan saat acara ulang tahun atau jika di luar negeri ada bridal shower.

Bridal shower ini merupakan sebuah acara yang mana sang calon pengantin wanita akan mendapatkan hadiah dari teman-teman wanita terdekatnya.

Nah, di Indonesia sendiri acara bridal shower ini lebih sederhana yakni hanya sebuah perayaan bagi calon pengantin wanita yang akan segera melepaskan masa lajangnya.

Sedangkan yang mengadakan adalah sahabat-sahabat terdekatnya. Nah, peluang ini bisa Anda manfaatkan untuk menghasilkan pundi-pundi uang.

Baca Juga: Terapkan 6 Langkah Ini Untuk Membangun Bisnis Sampingan Sambil Kerja

2. Wedding Souvenir

Saat ini setiap pesta pernikahan akan selalu menyertakan souvernir bukan? Nah, inilah peluang usaha sampingan yang bisa Anda geluti untuk meraup keuntungan.

Apalagi saat ini sudah banyak sekali ide-ide souvernir pernikahan yang menarik. Salah satu alasan mengapa wedding souvernir menjadi salah satu inspirasi usaha sampingan di industri pernikahan karena kuantitasnya yang selalu meningkat.

3. Photo Corner

Saat ini di setiap acara pernikahan serasa wajib ada photo booth, mulai dari acara yang sederhana hingga yang megah sekalipun.

Nah, hal tersebut tentunya bisa Anda jadikan sebagai salah satu inspirasi usaha di industri pernikahan. Anda bisa menyediakan jasa cetak sekaligus atau bisa dengan menyediakan spot foto saja.

Hal tersebut sangat menjanjikan jika ditekuni.

4. Wedding Invitation Designer

Nah, inspirasi usaha sampingan di industri pernikahan yang satu ini cukup simple. Apalagi saat ini tengah didukung dengan kemajuan teknologi dalam pembuatan undangan pernikahan.

Kini desainnya lebih praktis dan simpel bahkan bisa dibuat digital yang tak kalah menariknya.

Nah, bisnis yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang sudah bisa berkecimpung dalam dunia desain atau bahkan dimulai dengan belajar desain.

Apalagi saat ini belajar desain juga tak sesulit yang dibayangkan, bahkan hanya dengan tutorial di YouTube saja sudah bisa mahir.

Baca Juga: 8 Ide Bisnis Kreatif 2020 Yang Menguntungkan dan Mudah Dijalankan

5. Dokumentasi

Dokumentasi dalam sebuah acara pernikahan memang menjadi hal yang sangat wajib. Terlebih acara sakral ini hanya dilakukan seumur hidup sekali.

Tentunya setiap pasangan mempelai tak ingin melewatkan momen tersebut dan ingin mengabadikan setiap waktu. Oleh sebab itu, fotografi atau videografi menjadi salah satu bisnis yang cukup menguntungkan.

Nah, bagi Anda yang punya bakat di dunia fotografi dan videografi ini bisa mencobanya.

6. Food Booth or Food Truck

Setiap acara apapun pasti tak akan pernah meninggalkan acara intinya yaitu makan-makan. Dalam pernikahan tak hanya mementingkan makanan utama saja yakni buffet, namun makanan pelengkap juga tak kalah pentingnya.

Nah, hal tersebut bisa Anda jadikan peluang untuk membuka jasa food booth atau foot truck yang biasanya lebih menarik.

7. Wedding Gifts

Inspirasi usaha sampingan di industri pernikahan yang terakhir adalah wedding gift.

Nah, ini benar-benar sangat dibutuhkan oleh siapapun termasuk Anda sendiri bukan?

Sebab sangat sulit menentukan pilihan kado pernikahan apa yang cocok diberikan. Apalagi kado pernikahan biasanya hanya itu-itu saja.

Maka dari itu, Anda bisa membuka usaha jasa wedding gift ini. Dalam hal ini tak perlu Anda mengeluarkan uang untuk membeli barang-barang yang akan dijadikan sebagai kado.

Namun Anda bisa mendata harga barang-barang yang banyak dijadikan kado di sebuah toko.

Hal tersebut bertujuan agar Anda bisa mengetahui perkiraan harga jual yang perlu Anda berikan. Setelah itu barulah Anda pack dengan semenarik mungkin.

Nah, 7 inspirasi usaha sampingan di industri pernikahan di atas tentunya bisa Anda pilih salah satunya. Apalagi peluang tersebut sangat besar dan jangan sampai Anda melewatkannya.

You may also like