7 Cara Mudah Menghilangkan Memar

0

Dalam menjalani rutinitas sehari-hari pasti Anda pernah tidak sengaja terbentur bahkan terjatuh dan menimbulkan luka memar. Jika memar tersebut muncul pada bagian tubuh yang terbuka dan tidak tertutupi oleh pakaian, maka akan membuat penampilan Anda terganggu dan rasa percaya diri sedikit menurun.

Saat ini untuk membuat luka memar hilang sudah ada acara yang praktis , yaitu dengan cara berkunjung ke dokter dan melakukan sederet perawatan. Namun bagi Anda yang lebih suka pengobatan secara Alami bisa mencoba beberapa cara berikut ini yang bisa dilakukan di rumah.

Mengatur Pola Makan Dengan Tepat

Untuk menghilangkan memar di tubuh secara alami, yang pertama adalah dengan mengatur pola makan dengan nutrisi yang tepat. Ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu proses peremajaan kulit sehingga membuat luka memar menjadi tersamarkan. Makanan tersebut adalah:

  • Makanan dengan kandungan yang kaya akan zink seperti Lobster, Bayam, kacang polong dan biji labu dapat membuat luka memar menjadi sembuh, hal ini dikarenakan zat berupa zink yang terkandung dalam makanan tersebut berfungsi untuk memperbaiki jaringan dan berperan dalam pembentukan sel-sel baru.
  • Makanan yang kaya akan kandungan flavonoid seperti jeruk nipis, lemon dan jeruk bisa menghilangkan memar di tubuh karena di dalam buah tersebut banyak kandungan antioksidan yang bisa membantu regenerasi sel dan jaringan yang rusak.

Cara menghilangkan memar dengan buah-buahan tersebut sangat mudah, bisa dikonsumsi atau cukup dioleskan saja secara rutin pada bagian yang memar.

  • Makanan yang kaya akan protein seperti ungags, Ikan dan tofu juga sangat direkomendasikan apabila Anda ingin luka memar segera hilang. Dengan rutin konsumsi makanan tersebut memar di tubuh Anda akan hilang secara Alami karena kandungan protein yang ada di dalam makanan dapat membuat pembuluh darah kecil menjadi kuat sehingga pembentukan jaringan pada luka memar bisa terlaksana

dengan baik

Membuat Memar Hilang Dengan Es Batu

Es batu memilki sederet manfaat untuk kulit, salah satunya bisa digunakan sebagai media untuk membuat memar di kulit hilang sedikit-demi sedikit, caranya cukup dengan kompreskan es batu berlapis kain pada luka selama 10 menit. Es batu berkhasiat untuk memperkecil ukuran memar , membuat rasa sakit berkurang dan mencegah pembengkakan. Lakukan kompresan secara teratur agar memar segera tersamarkan.

Menggunakan Cuka Apel

Manfaat cuka apel untuk kesehatan sangat banyak, salah satu diantaranya bisa digunakan untuk menyembuhkan luka memar. Cuka apel kaya akan kandungan eksfoliasi dan anti-inflamasi yang bisa membuat kulit menjadi tenang sehingga proses penyembuhan menjadi lebih cepat.

Cara penggunaannya sangat  mudah  yaitu cukup siapkan  1 sdm cuka apel , 2 sdm air dan kapas secukupnya. Kemudian rendam kapas dalam campuran cuka dan air lalu oleskan pada luka memar secara merata dan diamkan selama 10 menit. Lakukan berulang kali dalam beberapa hari sampai kulit yang memar sembuh.

Kompres Dengan Handuk Hangat

Mengkompres luka dengan handuk hangat ini juga sangat direkomendasikan untuk luka memar yang ada di kulit. Suhu hangat yang ada di dalam handuk dapat memperlancar sirkulasi darah di area luka sehingga pembuluh darah tidak mengalami pembekuan.  Untuk menggunakan handuk hangat sbagai kompres untuk luka  memar sangatlah mudah caranya yaitu, letakkan handuk hangat di area kulit yang memar dan diamkan selama beberapa saat.

Lakukan mengkompres secara rutin agar luka memar bisa segera hilang.

Berjemur Di Bawah Sinar Matahari

Selama ini sinar matahari sering dianggap sebagai momok untuk sebagian orang, karena matahari bisa membuat kulit menjadi gelap. Namun sinar matahari ternyata juga bisa dijadikan alternative untuk membuat luka memar berkurang, hal ini karena matahari mengandung sinar UV yang dapat membuat zat bilirubin dalam kulit menjadi pecah. Zat bilirubin sendiri adalah senyawa yang bsa membuat luka memar berwarna kekuningan dan terasa sakit. Dengan berjemu di bawah sinar matahari sekitar 10-15 menit akan membuat penyembuhan luka memar menjadi efektif dan lebih cepat.

Menyembuhkan Dan Menghilangkan Luka Memar Dengan Nanas

Nanas merupakan buah yang kaya akan kandungan bromeilain . Enzim ini sangat berguna untuk menyerap protein yang bisa menyebabkan peradangan pada luka memar sehingga proses penyembuhan pada area luka bisa terlaksana dengan baik dan mempercepat regenerasi sel-sel yang rusak. Untuk menggunakan nanas sebagai bahan untuk menghilangkan memar caranya sangat mudah yaitu:

  • Siapkan buah nanas kira-kira setengah buah
  • Kupas kemudian cuci dengan bersih di air mengalir
  • Potong tipis-tipis
  • Balurkan pada area kulit yang memar kemudian diamkan selama beberapa saat
  • Ulangi pemakaian dalam beberapa hari agar hasil maksimal dan luka memar bisa sembuh kemudian hilang

Membuat Luka Memar Hilang Dengan Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung banyak manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Di dalam Aloevera atau lidah buaya banyak mengandung vitamin A, b1, c, zat besi , fosfor dan juga protein dan kalsium yang sanat berguna untuk tubuh. Di dalam lidah buaya juga kaya akan kandungan zat Anti bakteri dan Anti-inflamasi yang bisa mencegah peradangan pada luka memar dan membuat proses penyembuhan menjadi lebih maksimal dan luka memar menghilang perlahan.

Cara untuk menghilangkan luka memar menggunakan lidah buaya ini adalah, ambil satu batang tumbuhan  lidah buaya kemudian cuci dan ambil gel yang ada di bagian tengan dengan pisau, setelah itu oleskan pada area yang memar dan biarkan hingga kering. Lakukan pemakaian ini secara rutin dalam beberapa hari agar luka memar cepat sembuh dan hilang.

Membuat Memar Hilang Dengan Seledri

Seledri ternyata bukan hanya sayuran pelengkap dapur. Seledri juga banyak digunakan untuk kesehatan karena mengandung beberapa  enzim dan juga merupakan sumber asam emino esensial yang baik dan sangat berguna untuk tubuh. Daun seledri juga dipercaya mampu membuat peradangan berkurang dan mencegah pembengkakan pada luka memar.

Cara menggunakan seledri untuk membuat luka memar hilang adalah sebagai berikut:

  • Siapkan kira-kira satu batang seledri lalu cuci sampai bersih
  • Tumbuk sampai hancur
  • Kemudian balurkan pada tubuh yang mengalami memar

Lakukan hal tersebut secara rutin agar luka memar bisa segera hilang dan penampilan kembali oke.

Mengobati luka memar dengan bahan alami tentu lebih sehat dan efisien dari segi waktu dan biaya dibandingkan jika pergi ke dokter. Bahan yang diperlukan sangat mudah di dapatkan dan juga cara penggunaannya simple, jadi sangat direkomendasikan untuk Anda coba agar luka memar hilang dan cepat sembuh.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!