Home » Pahami 6 Strategi Pemasaran Online yang Paling Efektif dan Efisien

Pahami 6 Strategi Pemasaran Online yang Paling Efektif dan Efisien

by Risma Novianti
0 comment

Ingin laris manis saat jualan online? Pahami dulu strategi pemasaran online berikut ini agar efektif dan efisien!

Saat ini pengguna internet semakin banyak, sehingga bisnis offline semakin tertekan karena adanya perubahan tren belanja yang beralih ke dunia online.

Dengan adanya transaksi digital yang terus berkembang, semakin memudahkan konsumen untuk mendapatkan barang atau sesuatu yang diinginkan tanpa harus repot keluar rumah.

Perubahan yang siginifikan tersebut membuat para pebisnis harus mencari solusi untuk menghadapinya. Apalagi jika mereka pada mulanya berjualan secara offline, sehingga menuntutnya untuk merubah cara jualan jadi cara online.

Nah, maka dari itu, jika ingin jualan Anda efektif dan pastinya menguntungkan, pahami dulu strategi pemasaran online berikut ini.

Baca juga: Strategi Bisnis Sampingan Modal Kecil Yang Pasti Untung

Strategi Pemasaran Online

1. Personal Branding

Strategi Pemasaran Online

Sumber: pexels.com

Mungkin untuk sebagian orang berpikir bahwa personal branding itu tidak penting karena dianggap terlalu banyak memakan waktu.

Tapi, bila ingin sukses berbisnis, maka kekuatan brand atau merek ini sangat penting. Misalnya, bila Anda diminta memilih antara mie Indomie atau merek yang tidak Anda kenal, pastinya Anda akan lebih memilih mie Indomie bukan?

Nah, itulah kekuatan brand. Brand Indomie tentu sudah punya nama yang besar dan disukai oleh banyak masyarakat. Maka tak heran, orang akan memilihnya dibandingkan brand atau merek lain yang tidak dikenalnya.

Memiliki personal branding yang baik tentu akan memudahkan Anda untuk mendapatkan pelanggan, karena mereka telah mengenal brand yang telah dibangun dengan kuat.

Personal branding dalam membangun bisnis pun dapat memberikan keuntungan secara finansial untuk para pelaku bisnis. Semakin banyak pelanggan yang dapat terjangkau dan terpuaskan oleh produk bisnis Anda, maka perusahaan pun akan semakin berkembang lebih baik.

Selain itu, personal branding dapat mempermudah membangun jaringan. Semakin luas jaringan bisnis yang dibangun, maka produk Anda akan dengan mudah dikenal oleh pelanggan lain yang tersebar di berbagai daerah bahkan bisa mendunia.

Jadi, pastikan produk atau jasa yang akan Anda jual memiliki brand atau merek ya!

2. Content Marketing

Strategi Pemasaran Online

Sumber: pexels.com

Secara umum, content marketing merupakan sebagai strategi pendekatan dalam kegiatan pemasaran. Fokusnya pada pembuatan atau distribusi konten yang relevan, bernilai, serta konsisten.

Kegiatan content marketing memberi ruang untuk brand yang menghasilkan berbagai konten unik untuk menjangkau target pasar yang beragam.

Selain itu, content marketing juga memiliki kemampuan untuk membantu brand dalam meningkatkan kredibilitas di mata pelanggan. Tujuannya adanya content marketing ini yaitu agar konsumen merasakan manfaat dari program konten yang dijalankan.

Biasanya dalam menjalani strategi pemasaran ini berupa review produk atau testimony dari pelanggan. Cara ini dinilai cukup ampuh untuk mendatangkan pelanggan.

Jadi, pastikan Anda menyajikan konten untuk berjualan yang dapat meyakini pelanggan untuk memutuskan memakai produk atau jasa Anda.

Perhatikan juga teknik copywriting yang baik untuk bisa menghipnotis calon pelanggan agar tertarik.

Baca juga: Ingin Tahu Cara Bisnis Online Tanpa Modal? Lakukan 6 Hal Penting Ini!

3. SEO (Search Engine Optimization)

Strategi Pemasaran Online

Sumber: pexels.com

Saat ini semakin banyak pengguna internet, maka semakin banyak prang yang menggunakan mesin pencari seperti google untuk mencari produk atau jasa yang Anda tawarkan di website milik Anda.

Nah, penggunaan SEO untuk website Anda akan meminimalisir kehilangan calon konsumen yang potensial dari internet. Singkatnya, peranan SEO ini untuk meningkatkan ranking website Anda di mesin pencari.

Bahkan bagi Anda yang baru memulai bisnis kecil-kecilan seperti UKM, onlineshop dan lain-lainnya disarankan untuk bisa melakukan SEO sendiri.

Dengan memanfaatkan SEO ini relatif lebih murah namun efektif dan menghemat waktu. Karena secara otomatis traffic website Anda akan meningkat seiring dengan banyaknya pencarian artikel atau informasi yang dibuat dan muncul pada halaman paling atas pencarian.

Tentu Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mempromosikan website Anda.

4. Optimisasi Konversi

Strategi Pemasaran Online

Sumber: pexels.com

Strategi pemasaran online yang satu ini merupakan proses bagaimana orang yang masuk ke situs Anda, bisa menjadi sumber uang.

Misalnya saja dengan penggunaan Google Ads. Nah, ketika orang yang ingin masuk ke situs Anda rata-rata harus membeli produk yang Anda jual. Hal demikian adalah cara untuk optimisasi konversi.

Karena memang tujuan utama adanya strategi pemasaran adalah dapat mengonversi konsumen.

5. Social Media Marketing

Strategi Pemasaran Online

Sumber: pexels.com

Saat ini sudah banyak pengguna sosial media, maka pemasaran online dengan memanfaatkan social media pastikan tidak terlewatkan.

Anda bisa memasarkan produk/jasa lewat berbagai social media seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lain sebagainya.

Dengan begitu, brand atau merek produk Anda pun akan lebih dikenal oleh banyak orang. Peluang untuk mendatangkan pelanggan pun akan semakin besar.

6. E-mail Marketing

Strategi Pemasaran Online

Sumber: pexels.com

Strategi pemasaran online berikutnya adalah e-mail marketing. Banyak manfaat menggunakan e-mail marketing diantaranya membuat pendekatan personal pada pelanggan. Mengirimkan e-mail kepada calon pelanggan bisa meningkatkan keterlibatan pelanggan melalui topik e-mail seperti promosi produk terbaru hingga informasi tentang flash sale.

Selain itu, dengan strategi pemasaran ini Anda tidak membutuhkan biaya selama berkirim e-mail.

Nah, itulah beberapa strategi pemasaran online yang harus Anda ketahui. Dari semua strategi di atas, Anda bisa memilih mana yang terbaik untuk dijalankan berdasarkan tipe produk milik bisnis yang Anda miliki.

Bahkan untuk digunakan secara bersamaan pun bisa. Keputusan ada di tangan Anda. Pastikan Anda menjalani strategi pemasarannya dengan benar.

Jika Anda ingin berjualan tanpa harus ribet dalam memasarkan produk, Anda hanya memaksimalkan promosi dengan social commerce seperti Whatsapp dengan bergabung menjadi reseller di Evermos.

Tentunya akan sangat memudahkan para reseller untuk berjualan online. Yuk, gabung sekarang juga menjadi reseller di Evermos!

Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Temukan info atau tips menarik lainnya hanya di Blog Evermos.

 

Related Posts