Terapkan 6 Langkah Ini Untuk Membangun Bisnis Sampingan Sambil Kerja

by Eko Ferdiyantho
0 comment
Bisnis Sampingan Sambil Kerja

Apakah Anda selama ini sedang bekerja dan ingin mendapatkan hasil tambahan dari usaha sampingan? Nah, kini Anda bisa menjalankan bisnis sampingan sambil kerja.

Misalnya jika Anda adalah sebagai seorang pegawai, maka Anda perlu memperhatikan beberapa cara bisnis sambil kerja agar bisa membantu Anda dalam mempersiapkan sebuah usaha.

Berikut ini adalah beberapa cara berbisnis sampingan sambil kerja.

1. Memiliki Keyakinan untuk Menjalankan Bisnis Sampingan

Cara yang pertama dalam menjalankan bisnis sampingan sambil kerja yaitu Anda harus punya niat yang kuat.

Menjalankan bisnis sampingan sambil kerja memang tidak mudah, sebab hal tersebut sama dengan menjalankan dua pekerjaan secara bersamaan.

Jika Anda tidak punya keyakinan untuk melakukan bisnis sambil kerja, maka bisnis sampingan Anda tersebut bisa saja tidak berjalan dengan lancar seperti yang diharapkan.

Baca Juga: 5 Tips & Trik Cara Menjadi Dropshipper Sukses 2020

2. Manfaatkan Gaji untuk Modal Bisnis Sampingan

Modal memang menjadi salah satu hal yang perlu disiapkan sebelum Anda memulai sebuah usaha sampingan.

Apabila Anda benar-benar berniat memulai sebuah bisnis, maka Anda harus menyisihkan sebagian gaji yang Anda dapatkan dari pekerjaan tetap Anda untuk kemudian dijadikan modal berbisnis.

Dengan demikian, Anda bisa menyiapkan modalnya lebih awal dengan mudah.

Hal tersebut memang tidak mudah untuk dilakukan bagi setiap orang yang akan menjalankan bisnis sampingan. Terlebih jika pengeluaran untuk kebutuhan Anda sehari-hari sangat banyak.

Nah, dalam mengatasi hal tersebut, maka Anda bisa memanfaatkan gaji dari pekerjaan tetap Anda untuk kebutuhan terlebih dahulu dan barulah sisanya dikumpulkan untuk modal bisnis sampingan.

3. Mencari Mitra

Jika Anda masih menjadi pemula dalam menjalankan bisnis sampingan sambil kerja, maka Anda sangat dianjurkan untuk mencari mitra kerja agar bisa menjalankan kerjasama bisnis tersebut.

Dengan mencari mitra kerja, maka Anda bisa mendapatkan pengalaman lebih banyak untuk menjalankan usaha secara mandiri nantinya.

Jadi mencari mitra bisnis bukanlah hal yang menjadi masalah apabila Anda masih pemula dalam menjalankan bisnis sambil kerja.

Baca Juga: 7 Peluang Usah Ternak Yang Menjanjikan dan Patut Kamu Coba!

4. Tetap Fokus Bekerja

Apabila Anda sudah yakin dan sudah menyiapkan modal untuk menjalankan bisnis sambil bekerja, maka Anda harus tetap bisa menjalankan kedua pekerjaan tersebut dengan sebaik-baiknya.

Hal tersebut dikarenakan jika Anda tidak serius dalam menjalankan kedua pekerjaan tersebut, maka bisa jadi kedua pekerjaan tersebut akan hilang semua. Oleh karena itu, Anda harus tetap fokus dalam bekerja.

Yang dimaksud tetap fokus disini bukan berarti hanya fokus untuk menjalankan salah satu pekerjaan saja, akan tetapi Anda harus fokus dalam menjalankan kedua pekerjaan yang Anda lakukan.

Dengan demikian, pekerjaan tetap Anda dan bisnis sampingan akan berjalan dengan lancar. Di samping itu, Anda juga tidak boleh menambah bisnis lagi sebab hal tersebut malah bisa mengacaukan pekerjaan Anda.

Lebih baik Anda bertahap dalam menjalankan satu bisnis sampai lancar, daripada menjalankan banyak bisnis namun semuanya menjadi berantakan dan terancam gulung tikar.

5. Membuat Rancangan Bisnis

Dalam menjalankan sebuah bisnis meskipun hanya sampingan, rencana bisnis merupakan hal yang perlu disiapkan dengan matang.

Dengan membuat rancangan bisnis tersebut, maka Anda bisa melakukan pendataan semua keperluan yang Anda butuhkan dalam berbisnis.

Mulai dari jenis produk yang akan dijual, cara melakukan pemasaran, cara melakukan promosi, penghasilan yang sudah didapatkan, dan lain sebagainya.

Selain itu, membuat rancangan bisnis juga akan membuat Anda mengetahui keperluan apa saja yang dibutuhkan dan berapa banyak biayanya.

Dengan demikian, Anda bisa mencari solusi untuk meminimalisir pengeluaran tersebut sebelum Anda menjalankan sebuah bisnis sampingan.

Hal tersebut juga perlu dilakukan agar nantinya bisnis sampingan Anda bisa berkembang dengan baik.

6. Mampu Memanajemen Waktu dengan Baik

Salah satu hal yang sangat penting dalam menjalankan bisnis sampingan sambil bekerja adalah waktu. Hal tersebut dikarenakan apabila Anda tidak bisa memanajemen waktu dengan baik, maka pekerjaan Anda bisa berantakan semua.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya membuat jadwal untuk pembagian waktu bekerja dan menjalankan bisnis sampingan.

Nah, cara-cara di atas dalam menjalankan usaha sampingan sambil kerja semoga bisa bermanfaat dan menjadi rujukan Anda ketika akan mencari referensi berbisnis sampingan.

Memang menjalankan bisnis sampingan sambil kerja tidak mudah, namun dengan cara-cara di atas semoga bisa membantu Anda menjalankan pekerjaan dengan baik.

You may also like