Home » Wajib Tahu! Inilah 5 Pengusaha Sukses Indonesia yang Inspiratif

Wajib Tahu! Inilah 5 Pengusaha Sukses Indonesia yang Inspiratif

by Risma Novianti
0 comment

Cukup banyak pengusaha sukses Indonesia yang mampu memberikan inspirasi bagi para bisnis pemula.

Kerja keras dan ketekunan mereka dalam membangun dan mengelola bisnis patut diteladani dan diacungi jempol.

Untuk memulai sebuah bisnis mungkin membutuhkan modal dan biaya yang tidak sedikit, tetapi sebenarnya untuk bertahan dan berkembang sangat dibutuhkan lebih dari sekedar kemampuan finansial.

Lalu, siapa saja pengusaha sukses ini? Yuk, simak artikel tentang pengusaha sukses Indonesia yang inspiratif ini hingga tuntas.

Baca juga: 6 Kebiasaan Orang Sukses Setiap Hari Yang Harus Anda Tiru

5 Pengusaha Sukses Indonesia

1. Chairul Tanjung

Pengusaha Sukses Indonesia

Sumber: google/bersosial

Nama Chairul Tanjung mungkin sudah tidak asing lagi di banyak kalangan Indonesia. Tidak hanya di Indonesia, nama Chairul Tanjung bahkan sudah dikenal di dunia bisnis internasional.

Kesuksesan yang ia raih tentu saja tidak didapatkannya dengan mudah dan instan, melainkan butuh perjuangan keras yang dimulainya dari nol.

Dengan begitu, jangan heran apabila Chairul Tanjung banyak dijadikan panutan bagi para pebisnis muda sebagai motivasi untuk mencapai kesuksesan.

Dengan keadaan ekonomi yang tidak dapat dikatakan berkecukupan, Chairul masih tetap dapat menempuh pendidikan dengan baik.

Nah, awal mula Chairul menjajaki dunia bisnis ketika ia merintis sebuah toko yang menjual peralatan kedokteran dan laboratorium. Sempat mengalami kegagalan, tapi Chairul bersama rekannya memulai bisnis baru di bidang ekspor sepatu anak.

Dengan keahlian yang dimilikinya dan luasnya relasi dari Chairul, kesuksesan pun perlahan datang. Chairul berusaha memusatkan bisnisnya pada 3 sektor yaitu keuangan, multimedia dan property.

Cukup banyak bisnis yang dijalankannya, walaupun sempat jatuh bangun dalam berbisnis tapi nama Chairul Tanjung masih tetap eksis di jajaran orang terkaya di Indonesia.

2. Rachel Vennya

Pengusaha Sukses Indonesia

Sumber: google/bersosial

Selain selebgram, Rachel Vennya juga merupakan seorang pengusaha yang memiliki usaha di bidang kuliner, bidang fashion dan kecantikan.

Sebelum dengan kesuksesannya sekarang, Rachel Vennya pernah terpuruk secara ekonomi. Namun, itu semua bisa terlewati dengan memulai bisnis kecil-kecilan yang dibuatnya saat itu. Seperti salah satunya menawarkan jasa makeup artist.

Wanita yang memiliki dua anak ini memiliki usaha di bidang kuliner yakini Rumah Sedep, Sate Goreng Taichan, dan Ngikan.

Lalu untuk di bidang kecantikan, Rachel memiliki brand untuk obat pelangsing tubuh yang pernah dikonsumsinya pada saat ia SMA, yang bernama Slim Beauty Product.

Sementara di dunia fashion, ia memiliki brand Mahika Kids yang berfokus pada pakaian anak-anak dan Vel The Modest.

Di tengah kesibukannya mengurus bisnis dan endorsement, Rachel tetap memperlihatkan kepeduliannya pada sekitar. Hal itu terbukti dengan membuat penggalangan dana melalui kitabisa.com.

Tentu saja dari perjuangannya Rachel, sedari dulu hingga sekarang dinilai sangat inspiratif bagi para anak muda.

3. Achmad Zaky

Pengusaha Sukses Indonesia

Sumber: google/bersosial

Apakah Anda juga mengenal Achmad Zaky? Ia adalah CEO marketplace BukaLapak.

Kecintaannya pada komputer menuntun Achmad Zaky untuk berkuliah di Institut Teknologi Bandung dengan mengambil program studi Teknik Informatika pada tahun 2004.

Ternyata, ia pintar di bidang akademik maupun di luar bidang akademik. Bahkan pada saat kuliah, ia mendirikan Entrepeneur Club ITB.

Pada awalnya, Achmad Zaky mendirikan BukaLapak pada tahun 2011 di sebuah garasi mobil. Lalu, ia mengajak pedagang untuk bergabung di BukaLapak. Meski pada awalnya ia mengalami kesulitan karena marketplace online masih asing.

Berkat internet yang semakin booming, pada akhirnya banyak investor yang tertarik menanamkan modalnya di BukaLapak.

Semua usaha Achmad Zaky membuahkan hasil. BukaLapak berhasil menjadi start up ke-4 asal Indonesia yang berhasil meraih gelar unicorn.

Baca juga: 5 Film Tentang Bisnis Yang Bisa Menginspirasi Para Pengusaha

4. Ferry Unardi

Pengusaha Sukses Indonesia

Sumber: google/bersosial

Apakah Anda senang menggunakan aplikasi Traveloka ketika hendak bepergian? Dan tahukah Anda siapa pemilik aplikasi ini? Dialah Ferry Unardi.

Ia memulai bisnis e-ticketing pada tahun 2012 di usianya masih 23 tahun. Perjalanan dalam membangun bisnis Traveloka tentu tidaklah mudah. Ia mengorbankan banyak hal untuk bisa mengembangkan Traveloka hingga sukses hingga seperti sekarang ini.

Rupanya ada sejarah yang membuat aplikasi Traveloka ini terbangun. Ide ini tercetus karena dulu Ferry kesulitan mendapat tiket pesawat untuk pulang ke Indonesia.

Pada awalnya, Traveloka merupakan situs pembanding harga tiket. Nah, kemudian Ferry berusaha mengembangkannya menjadi aplikasi e-ticketing.

5. Nadiem Makarim

Pengusaha Sukses Indonesia

Sumber: google/bersosial

Nadiem Makarim adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang banyak dibicarakan di dunia maya.

Ia sukses membawa Go-Jek menjadi perusahaan start up decacorn pertama dari Indonesia. Selain itu, ia juga berhasil menciptakan lapangan kerja yang lebih baik bagi para tukang ojek konvensional.

Atas usahanya tersebut, kini Go-Jek telah bisa dinikmati banyak orang di Indonesia, bahkan sudah merambah hingga mancanegara.

Itulah 5 pengusaha sukses Indonesia yang bisa kita teladani atas usaha dan perjuangan yang dilakukannya.

Tentu saja semua kesuksesan dan keberhasilan para pengusaha ini tidak diraih dengan mudah dan instan. Perlu pengorbanan, tekad yang kuat dan terus mau belajar.

Apakah Anda juga tertarik ingin menjadi pengusaha sukses berikutnya? Semoga apapun yang sedang Anda usahakan untuk jadi pengusaha sukses bisa tercapai.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menginspirasi Anda untuk menjadi pengusaha yang sukses.

Salam sukses untuk Anda, jangan pantang menyerah dan tetap semangat! Anda bisa menemukan artikel menarik lainnya pada Blog Evermos.

Related Posts