5 Peluang Bisnis UKM Yang Bisa Dijalankan Dengan Modal Kecil

0

Usaha kecil menengah merupakan usaha yang saat ini tengah gencar di kembangkan oleh masyarakat baik secara individu atau pun bekerja sama dengan pemerintah dalam proses pengembangannya. Pemerintah saat ini telah menyediakan berbagai platform yang berguna untuk masyarakat yang ingin mengembangkan bisnis UKM.

Modal merupakan hal penting dalam mengembangkan suatu usaha. Usaha kecil dalam bentuk apapun pasti memerlukan modal awal. Modal awal untuk UKM tidak perlu besar asalkan cukup untuk memulai usaha. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis UKM, namun terkendala dengan modal, berikut ini adalah peluang bisnis UKM dengan modal kecil yang dapat Anda coba.

Bisnis UKM Bimbingan Belajar

Memulai suatu bisnis pada ranah pendidikan memang tidak memerlukan modal yang banyak. Berbekal ilmu yang dimiliki, maka Anda bisa menghasilkan uang dari jasa tersebut. Terlebih lagi, jika Anda memiliki kemampuan komunikasi dan mengajar yang baik, maka bisnis bimbingan belajar Anda akan banya di cari.

Kunci dalam pengembangan bisnis ini adalah bekali diri dengan kemampuan yang besar dan banyak sehingga akan memberikan pengalaman belajar yang berbeda pada anak didik. Selain itu, Anda bisa memulai dengan mematok tarif setiap jam untuk setiap anak. Sesuaikan pula dengan jenjang dan pengajaran yang Anda berikan.

Saat ini peluang usaha kecil menengah pada ranah pendidikan memang sangat di gandrungi. Hal tersebut terbukti dengan adanya lembaga pendidikan bimbingan belajar yang hampir rata dan tersebar di seluruh daerah. Meskipun, melalui persaingan yang ketat, bisnis UKM jenis ini nyatanya menjadi bisnis dengan jumlah peminat paling banyak.

Bimbingan belajar dalam hal ini adalah bimbel rumahan. Sehingga siswa yang di ajar jumlahnya juga terbatas. Jika Anda mampu konsisten dan mengolah bimbingan belajar, maka bukan suatu hal yang tak mungkin jika suatu saat Anda mampu mendirikan lembaga pendidikan sendiri.

Tempat Pengisian Ulang Air Minum

Tempat pengisian ulang air minum merupakan bentuk usaha kecil menengah yang tak butuh banyak modal. Bisnis ini juga sedang marak di lakukan khususnya di wilayah perkotaan yang sedang mengalami krisis air bersih. Krisis air bersih menjadikan masyarakat mau tidak mau harus membeli air kemasan isi ulang.

Anda bisa menggunakan ruangan yang tidak terpakai untuk menempatkan mesin yang di gunakan untuk menyaring dan mengisi air. Umumnya untuk galon berharga senilai 5000 hingga 7000. Sehingga jika Anda mencoba untuk mengembangkan bisnis ini, maka mungkin saja Anda mendapatkan keuntungan yang besar.

Selain itu, sekarang juga banyak tempat air minum yang menyediakan layanan pesan antar tentunya dengan tambahan harga. sehingga akan memberikan hasil yang lebih. Bisnis air minum adalah bisnis yang dapat di gunakan untuk memenuhi kebutuhan harian. Anda tinggal memanfaatkan air bersih yang ada di sekitar untuk di olah dengan berbagai penyaringan sehingga dapat memenuhi stAndart untuk di jadikan air minum.

Peluang UKM Katering

Peluang bisnis UKM yang selanjutnya adalah Katering. Katering merupakan bisnis UKM pada bidang kuliner yang saat ini tengah banyak berkembang di masyarakat. Hadirnya bisnis ini turut memberikan kemudahan bagi setiap orang yang hendak melakukan acara sedangkan memiliki tenaga yang terbatas untuk menyiapkan hidangan. Sehingga, mereka akan tertarik untuk melakukan pemesanan makanan.

Para pelaku usaha ini juga tidak memerlukan banyak modal. Modal dapat di peroleh dari uang muka yang id berikan oleh si pemesan. Sehingga hanya berbekal kemampuan memasak, maka Anda dapat melakukan bisnis katering. Proses berbisnis dalam katering ini adalah harian, sehingga Anda dapat melayani pemesanan makanan harian dalam jumlah yang sewajarnya saja.

Bisnis ini sangat marak di lakukan khususnya di tengah kota besar yang mayoritas masyarakatnya adalah masyarakat pekerja. Sehingga apabila mereka menyelenggarakan acara seperti hajatan dan sebagainya, mereka akan menggunakan jasa katering dalam pemenuhan konsumsi hidangannya.

Jasa katering sangat diminati karena terbukti lebih praktis. Hanya membayar maka para konsumen akan mendapatkan berbagai makanan dan hidangan untuk acara yang di selenggarakan dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk berbelanja atau memasak dan mengolah makanan.

Penjahit Pakaian Satuan

Menjadi penjahit pakaian juga merupakan salah satu pelung bisnis kecil menengah yang menguntungkan dengan modal tidak terlalu besar. Menjadi penjahit, Anda hanya harus memiliki kemampuan dalam membuat baju paling minim adalah kemampuan dalam memperbaiki baju yang rusak atau sobek.

Modal yang di butuhkan dalam usaha ini adalah mesin jahit. Selain itu, Anda hanya harus memiliki kemampuan menjahit pakaian yang bagus. Terkait dengan kain umumnya para pelanggan akan langsung memberikan kain beserta dengan contoh model baju yang di inginkan. Sehingga Anda hanya bekerja dalam proses pembuatan baju sesuai dengan keinginan pelanggan.

Penjahit satuan merupakan bisnis yang banyak di kembangkan oleh para ibu rumah tangga yang memiliki bakat menjahit. Hal tersebut di sebabkan, bisnis ini dapat dilakukan di rumah selama memiliki mesin jahit yang dapat di gunakan.

Berkaitan dengan keuntungan yang di berikan juga lumayan. Karena untuk satu potong pakaian saja kadang di hargai dengan harga 70 hingga 80 ribu. Harga tersebut bergantung dengan tingkat kesulitan dan besaran pakaian yang di buat serta aksesoris yang di tambahkan dalam pembuatan pakaian tersebut.

Jika satu hari saja para penjahit dapat menghasilkan 2 hingga 3 potong pakaian, maka omset pendapatan dalam satu hari bisa mencapai 200 ribu rupiah. Dan pendapatan tersebut merupakan pendapatan yang besar untuk usaha kecil menengah.

Bisnis UKM Berjualan Online

Jualan online merupakan bisnis UKM yang saat ini sedang banyak diminati. Anda dapat berjualan online sebagai dropshipper yang tidak membutuhkan modal, atau berjualan online dengan melakukan stok barang yang pastinya membutuhkan modal. Meskipun jualan online membutuhkan modal, tetapi modal yang di keluarkan bukanlah modal yang besar.

Bahkan juga ada yang berjualan online tanpa keluar modal. Sistemnya yaitu dengan menggunakan uang konsumen langsung. Pemesanan barang dapat dilakukan jika konsumen memberikan uang terlebih dahulu, maka barang bisa langsung di proses. Sistem yang seperti ini, adalah sistem yang saat ini banyak di gunakan oleh para pengembang bisnis UKM.

Selain itu, orang yang telah lama dalam bisnis ini bahkan mampu membuat suatu toko pakaian. Sehingga mereka bisa lebih menghasilkan uang meskipun dengan modal yang minim atau terbatas.

Itulah beberapa peluang bisnis usaha kecil menengah yang tidak memerlukan modal besar. UKM dapat dilakukan meski dengan modal yang terbatas, asalkan si pelaku UKM tahu bagaimana kondisi pasar yang akan di masuki dan memiliki strategi yang tepat dalam proses usaha.

Bisnis UKM saat ini memang tengah di lirik oleh para pengembang usaha. Hal tersebut di karenakan, keuntungan yang di peroleh dari bisnis jenis ini juga tergolong besar dan menggiurkan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!