5 Makanan Yang Ampuh Mencegah Kanker

0

 

Kanker merupakan penyakit yang sangat mematikan jika sudah menyerang dan menjadi parah, akan sulit sekali untuk mengobatinya. Hal terbaik untuk bisa menghindari penyakit kanker adalah dengan mencegah penyakit tersebut karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Salah satu cara untuk bisa mencegah kanker adalah dengan mengkonsumsi sejumlah makanan bergizi. Lantas, apa saja makanan pencegah kanker yang patut untuk dikonsumsi?

Terdapat banyak jenis makanan yang diklaim mampu mencegah timbulnya sel kanker. Makanan-makanan tersebut mengandung zat yang berfungsi melawan kanker, seperti fitronutrien dan sulforaphane. Berikut ini daftar makanan pencegah kanker untuk Anda konsumsi sehari-hari.

Banyak jenis makanan yang diklaim dapat mencegah timbulnya sel kanker. Makanan-makanan tersebut banyak mengandung zat yang mampu untuk melawan sel kanker, seperti fitronutrien dan sulforaphane. Berikut ini daftar makanan yang mampu mencegah kanker untuk bisa anda konsumsi setiap hari.

1. Wortel

Telah ditemukan fakta bahwa dengan mengkonsumsi wortel dapat menurunkan resiko penyakit kanker, dalam hal ini kanker lambung sebanyak 26 persen. Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh US National Library of Medicine pada tahun 2015. Studi lainnya juga mengemukakan wortel sangat berpengaruh besar terhadap penurunan resiko kanker prostat sebesar 18 persen.

Bagi anda para perokok, selain sebisa mungkin untuk bisa menghentikan kebiasaan merokok, juga dengan mengonsumsi wortel diklaim bisa menurunkan resiko terkena kanker paru-paru. Berdasarkan pada studi yang menyebutkan bahwa perokok yang rutin mengonsumsi wortel memiliki resiko kanker paru-paru 3 kali lebih kecil daripada perokok yang tidak mengonsumsi wortel sama sekali

Baca Juga: Tips Untuk Bisnis Baju Muslim Di Internet

2. Brokoli

Dalam kutipan dari Health Line, brokoli mengandung zat fitronutrien yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Selain itu, terdapat pula zat sulforaphane yang disebut mampu untuk menurunkan resiko sel kanker payudara hingga 75 persen.

Sebuah studi juga mengatakan jika kandungan salam yang terdapat pada brokoli terbukti efektif untuk mencegah kanker prostat dan kanker usus, di samping mengurangi pertumbuhan tumor

Meski begitu, keabsahan bahwa brokoli sebagai makanan pencegah kanker masih perlu penelitian yang lebih lanjut karena penelitian yang dilakukan hanya sebatas objek hewan yaitu tikus.

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitu yang biasa dijadikan bahan masak ternyata mampu untuk mencegah kanker lho. Salah satu komponen makanan ini terbukti ampuh jika dikomsumsi rutin dibuktikan oleh studi orang yang sering mengkonsumsi minyak zaitun memiliki resiko yang lebih kecil terhadap kanker payudara dan jenis kanker yang menyerang sistem pencernaan tubuh.

4. Bawang Putih

Di samping fungsinya sebagai bahan penyedap masakan, bawang putih juga menyimpan khasiat yang salah satunya dapat mencegah kanker. Berkat adanya zat yang bernama allicin. Menurut sebuah penelitian, allicin efektif untuk bisa membunuh sel-sel kanker.

Dalam penelitian lainnya juga didapatkan faktwa bahwa orang-orang yang mengonsumsi bawang putih, bawang daun, dan bawang bombay, juga memiliki resiko kanker yang lebih kecil dibandingkan dengan mereka yang jarang atau tidak sama sekali mengonsumsinya

5. Ikan

Tidak diragukan lagi ikan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Ini juga termasuk status ikan sebagai makanan untuk mencegah kanker. Mengonsumsi ikan secara rutin, minimal satu minggu sekali dipercaya dapat menurunkan resiko kanker.

Jenis ikan yang mampu menurunkan resiko kanker diantaranya ikan-ikan yang berlemak seperti salmon, sarden, dimana keduanya mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin D yang baik untuk bisa mencegah kanker

Bagaimana, dari kelima daftar makanan untuk mencegah kanker di atas, mana yang paling sering Anda konsumsi? Semoga bermanfaat!

Sumber

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!