5 Hal Penting ini Harus Diperhatikan Sebelum Membuka Bisnis Waralaba

0

Bisnis Waralaba sekarang ini memang banyak menarik perhatian masyarakat, dan tidak sedikit pula yang tertarik untuk berbisnis. Namun ketika Anda akan memulai untuk berbisnis, maka Anda perlu mempertimbangkan berbagai hal. Mulai dari peluang usaha, modal, sampai dengan jenis bisnis yang akan Anda geluti. Dan itu sangat berpengaruh pada jalannya bisnis Anda nantinya, apalagi untuk peluangnya, Anda perlu menganalisis dengan cermat.

Salah satu jenis bisnis yang bisa Anda geluti dengan mudah dan berpeluang besar adalah usaha waralaba. Bahkan kalau Anda anak muda sekalipun, Anda bisa mejalankan bisnis ini sebagai usaha sampingan. Usaha ini memang tidak menggunakan merek dagang Anda sendiri, namun Anda menjalankan bisnis dengan menggunakan merek dagang orang lain yang sudah terbukti keberhasilannya.

Dalam memulai usaha waralaba, tentunya ada perjanjian yang harus Anda lakukan dengan pemilik usaha yang disebut dengan perjanjian waralaba. Dan dalam menjalankan juga terdapat aturan yang mengikat yang harus disetujui dan dipatuhi oleh kedua belah pihak. Sedangkan sekarang memang usaha waralaba menjadi populer di Indonesia, mulai dari bidang makanan sampai kecantikan ada waralabanya.

Lima Hal yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Memulai Usaha Waralaba

Membuka bisnis waralaba memang terlihat sangat menjanjikan, dan bisa Anda lakukan sebagai usaha sampingan. Namun Anda juga perlu mempertimbangkannya, karena peluang usaha di tempat Anda bisa jadi berbeda. Dan itu adalah kunci keberhasilan dari usaha waralaba, dan pesaing juga perlu Anda lihat lagi. Makanya, Anda perlu tahu lima hal penting berikut ini sebelum Anda membuka usaha waralaba.

  1. Pilih Usaha Waralaba yang Sesuai dengan Minat atau Passion

Passion atau minat memang harus Anda ketahui dari diri Anda sendiri, kemudian Anda cocokkan dengan bakat yang Anda miliki. Kalau sudah barulah Anda pilih usaha waralaba yang sesuai dengan minat dan bakat Anda. Hal ini sangat penting, karena jika Anda minat dengan bisnis yang Anda jalankan maka Anda tidak akan bosan. Serta Anda akan selalu senang dalam menjalankannya.

Karena berawal dari minat, bisa membuat Anda semakin niat dalam menjalankan usaha Anda. Jika Anda melakukan sebaliknya, atau Anda membuka usaha yang hanya ikut-ikutan tren saja itu tidak akan bertahan lama. Karena dalam usaha itu perlu pengembangan, jadi kalau Anda tidak minat akan sulit untuk mencari ide pengembangan usaha.

Sedangkan kalau Anda sudah minat dan menyukainya, ide pengembangan usaha akan dengan mudah muncul. Misalkan Anda suka dengan perawatan wajah dan Anda tahu bagaimana cara merawat wajah dengan baik dan produk apa saja yang harus digunakan. Maka Anda sangat cocok untuk membuka usaha salon kecantikan, dan tidak akan cocok untuk membuka usaha makanan.

  1. Anda Pelajari Bisnis Waralaba yang Sudah Anda Pilih

Setelah Anda menemukan passion atau minat Anda, maka selanjutnya perlu untuk memilih bisnis waralaba yang sesuai. Sebelum Anda memilih, Anda perlu mempelajari usaha waralaba yang berpeluang besar akan Anda pilih. Karena dengan begitu Anda bisa menganalisis peluang usaha dari bisnis waralaba tersebut. dan Anda tidak akan menemui kegagalan pada masa mendatang dalam bisnis.

Misalnya saja Anda memilih bisnis waralaba yang sekiranya selalu dibutuhkan dan populer sepanjang masa dan bukan sesaat. Dengan begitu maka resiko kegagalan akan semakin kecil dalam bisnis waralaba. Anda pelajari misalkan modal yang dibutuhkan, berapa jumlah cabangnya, fasilitas oleh franchise apa saja, dan sistem bagi hasil dan royaltynya bagaimana.

Jika Anda sudah melakukan analisis, maka Anda bisa mempertimbangkan lagi, apalagi untuk kompetitornya. Kalau sekiranya Anda sudah yakin dan bisnis waralaba tersebut cukup dibutuhkan dan akan selalu populer, maka Anda bisa memilih usaha tersebut. untuk masalah modal, mungkin bisa Anda sesuaikan, apalagi jika Anda mau berbisnis sebagai usaha sampingan.

BACA JUGA: Ini Promosi Bisnis Yang Efisien dan Efektif Meningkatkan Omzet

  1. Persiapkan Mental Anda Untuk Berbisnis

Dalam memulai bisnis, persiapan mental memang sangat diperlukan, karena memang bagi orang yang tidak siap mental dan nekat maka ujung-ujungnya malah stres. Apalagi memang bisnis waralaba ini bukan Anda saja yang menjalankan, dan ada banyak orang lain yang merupakan kompetitor Anda. Tidak hanya yang satu brand saja, masih ada yang berbeda brand dengan bidang yang sama.

Sehingga persiapan mental yang kuat untuk persaingan yang ketat memang sangat dibutuhkan. Jadi nantinya Anda tidak akan putus asa dalam berusaha mengembangkan bisnis di tegah persaingan yang ketat. Selain itu Anda juga harus siap menghadapi kegagalan, tapi bukan berarti Anda harus menyerah. Karena kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda.

  1. Pilih Tempat yang Tepat Untuk Memulai Usaha

Tempat untuk Anda membuka usaha waralaba memang sangat penting dan Anda perlu mempertimbangkan tempat yang tepat. Mulai dari biaya sewa atau harga beli, lokasinya strategis atau tidak, sampai bagaimana daya saing di tempat tersebut. kalau biaya memang bisa Anda sesuaikan dengan modal yang dimiliki, dan lokasinya Anda cari yang ramai, dan daya saing, lihat dari usaha serupa yang ada di sana.

Dan pastikan di tempat tersebut Anda bisa mendapatkan banyak pengunjung, sehingga bisnis Anda bisa mendapatkan keuntungan. Kalau Anda sudah mendapatkan keuntungan, maka Anda bisa membayar biaya sewa kios. Meskipun terlihat sepele, hal ini sebenarnya sangat penting, karena sering terjadi usaha yang gagal akibat tidak mampu membayar sewa tempat.

  1. Anda Harus Bekerja Keras dan Selalu Berpikir Kreatif

Berbisnis memang memerlukan kerja keras dalam mengembangkannya supaya lebih sukses. Selain kerja keras, juga perlu diimbangi dengan kreativitas, supaya bisnis waralaba Anda menjadi lebih menarik di mata konsumen. Karena mungkin saja Anda masih mahasiswa atau ibu rumah tangga yang menjalankan bisnis waralaba sebagai usaha tambahan.

Biasanya usaha waralaba yang dijalankan oleh mahasiswa dan ibu rumah tangga itu membutuhkan modal minim saja. dan Sebagai mahasiswa juga memiliki banyak kegiatan, sehingga membutuhkan pembagian waktu untuk berbisnis serta menjalankan tugas. Namun itu bukanlah sebuah hal yang sulit, jika Anda mau bekerja keras untuk menjadi orang sukses.

  1. Pertimbangkan Untuk Melakukan Promosi Tambahan

Seperti yang Anda ketahui bahwa usaha waralaba itu sudah jelas memiliki brand yang sudah berhasil dan terkenal. Namun tidak ada salahnya jika Anda melakukan promosi lagi sehingga membuat usaha waralaba Anda menjadi semakin terkenal. Caranya mudah, Anda bisa memberi makanan gratis pada teman Anda. Kemudian Anda minta teman Anda mempromosikan bisnis Anda kepada orang terdekatnya.

Selain itu, Anda bisa menggunakan sistem promosi yang kreatif sehingga bisa menarik perhatian konsumen. Misalkan saja Anda membuka usaha waralaba di bidang kuliner, maka Anda bisa mengembangkan menu makanan yang ada pada resto Anda. atau mungkin bisa juga membuat menu baru dan juga menu spesial yang akan membuat orang tertatik.

Itulah lima hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum membuka dan memulai usaha waralaba, sehingga bisa membuat usaha waralaba Anda terhindar dari kegagalan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!