Bisa Ditiru! 5 Cara Sukses Online Shop Instagram Agar Kebanjiran Order

Instagram merupakan salah satu media sosial yang ampuh untuk berjualan online. Maka tak heran orang banyak memanfaatkan online shop Instagram untuk menawarkan produk dan jasa.

Kini banyak orang yang membuka online shop atau toko online di Instagram untuk mencoba peruntungan bisnis.

Nah, jika Anda ingin memanfaatkan media sosial Instagram ini sebagai media promosi, maka Anda harus tahu cara sukses online shop Instagram agar kebanjiran orderan.

Baca juga: Cara Jualan di Instagram Untuk Pemula Agar Laris dan Cepat Laku

Cara Sukses Online Shop Instagram Agar Kebanjiran Order

1. Foto Produk yang Menarik

Online Shop Instagram
Sumber: pexels.com

Foto suatu produk yang akan dijual melalui toko online memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang bisnis online Anda.

Tujuan memerlukan suguhan visual produk yang menarik adalah agar banyak pengunjung yang tertarik dan berminat membeli produk yang kita tawarkan.

Selain itu, foto produk menarik juga membangun identitas brand Anda. Foto produk juga dapat meningkatkan deskripsi produk yang membuatnya menarik bagi pengunjung online shop.

Jadi, harus dipastikan jika Anda ingin berjualan produk secara online, lakukanlah foto produk semenarik mungkin sehingga ketika pembeli sudah merasa yakin dengan brand Anda, peluang mereka untuk membeli produk yang Anda tawarkan akan sangat besar.

Jangan lupa untuk memperhatikan dari segi pemilihan kamera, pencahayaan, serta background yang menarik.

2. Cari Followers Sesuai dengan Segmentasi

Online Shop Instagram
Sumber: pexels.com

Anda perlu mencari followers agar bisnis online Anda semakin tersebar luas. Tidak harus dengan membeli followers, sebab biasanya followers yang dijual itu bersifat pasif, sedangkan yang Anda butuhkan adalah followers aktif.

Jadi, Anda harus memfollow akun-akun yang memungkinkan dapat menjadi calon pembeli. Jika mereka tertarik, maka mereka akan follow back akun Anda.

Semisal bisnis Anda adalah produk kecantikan perempuan, maka Anda harus mem-follow akun perempuan yang aktif. Jadi, prinsipnya disesuaikan dengan segmentasi atau target market Anda.

3. Posting atau Upload Secara Berkala

Online Shop Instagram
Sumber: pexels.com

Anda harus sering mengunggah foto produk secara berkala agar bisnis Anda tetap diingat oleh followers. Tetapi bukan berarti setiap jam harus diunggah.

Dalam memposting juga harus menggunakan waktu yang tepat untuk bisa menjangkau target pemasaran yang efektif.

Untuk menentukan waktu posting terbaik, Anda harus memperhatikan karakteristik followers terlebih dahulu. Anda harus memastikan followers tersebut memiliki ketertarikan dengan konten yang dibuat.

Tidak hanya apa yang disukai oleh followers, dengan memperhatikan karakteristik pekerjaan, umur, dan tempat tinggal juga perlu dilakukan.

Hal ini dikarenakan memengaruhi waktu terbaik untuk posting di Instagram. Misalnya saja anak sekolah tentu memiliki waktu luang untuk melihat postingan Instagram yang berbeda dengan ibu rumah tangga.

Begitu juga dengan pengguna yang tinggal di Indonesia bagian barat akan memiliki waktu berbeda dengan di Indonesia bagian timur.

Baca juga: 7 Cara Jitu Agar Jualan Online di Instagram Bisnis Laris Manis

4. Memberikan Promo atau Diskon

Online Shop Instagram
Sumber: pexels.com

Dengan memberikan promo atau diskon ini bisa menguntungkan bisnis Anda. Sepertinya hampir semua orang sangat menyukai produk promo atau diskon.

Misalnya, Anda bisa meminta followers untuk me-repost postingan Anda dan mereka akan mendapakan potongan harga atas produk yang dibeli.

Tentu hal demikian akan menarik perhatian calon pembeli yang lainnya, Anda pun tetap bisa mengatur pemasukan dan melakukan promosi.

Anda bisa memberikan promo setiap sebulan sekali atau momen-momen khusus dengan penawaran yang berbeda. Dengan begitu, siap-siap saja toko online Anda akan kebanjiran order!

5. Menggunakan Fitur Promotion

Online Shop Instagram
Sumber: pexels.com

Ada fitur promotion di Instagram yang bisa Anda manfaatkan. Pastikan akun Instagram yang Anda gunakan adalah Instagram bisnis.

Setelah itu, Anda bisa mempromosikan akun bisnis Anda dengan fitur ini. Postingan yang Anda pilih untuk dipromosikan akan muncul di tampilan home atau beranda target audience Anda.

Anda juga bisa mengatur berapa lama Anda ingin melakukan promosi ini.

6. Melakukan Endorsement ke Selebgram atau Influencer

Online Shop Instagram
Sumber: pexels.com

Cara kerja endorsement secara garis besar selebgram atau influencer yang dipilih untuk mempromosikan produk dengan cara memposting produk tersebut di akun miliknya.

Strategi endorsement ini banyak dipilih oleh para pebisnis untuk meningkatkan penjualan mereka. Secara selebgram merupakan salah satu public figure dan para followers-nya akan cenderung meniru dan mengikuti gaya selebgram idolanya.

Dengan begitu, akan banyak orang yang tertarik dan memesan produk yang dipromosikan oleh selebgram. Hal ini jelas akan mendorong penjualan menjadi semakin meningkat.

Itulah beberapa cara sukses untuk berjualan online shop di Instagram. Semoga informasi ini bermanfaat. Lakukan strategi tersebut dengan baik dan teruslah berinovasi dalam menjual produk agar Anda bisa mengalahkan kompetitor Anda.

Selain di Instagram, Anda bisa berjualan online dengan menjadi reseller di Evermos. Dengan menggunakan aplikasi Evermos, Anda akan diberikan kemudahan dalam berjualan.

Jika ingin menjadi reseller Evermos, silahkan untuk mendaftarkan diri Anda dengan klik Reseller Evermos di bawah ini.

Reseller Evermos

Setelah registrasi, Anda bisa langsung berjualan dan akan mendapatkan keuntungan atau komisi dari setiap penjualan produk di Evermos. Selamat berikhtiar!

×