4 Cara Menyusun Manajemen Keuangan Bisnis Online Yang Mudah

Manajemen Keuangan Bisnis Online

Apakah selama ini Anda menjalankan bisnis online namun belum mengatur manajemen keuangan bisnis online Anda? Jika Anda belum mengatur keuangan, maka Anda harus siap dengan fenomena “penghasilan besar tapi tidak bisa dinikmati”. Apalagi bisnis sampingan reseller ini biasanya akan dilakukan secara online yang mana Anda hanya tinggal mengoperasikan smartphone atau komputer Anda.

Akan tetapi meskipun Anda memiliki penghasilan yang besar dari bisnis online, namun jika Anda tidak mengatur keuangan tersebut dengan baik maka tidak bisa Anda nikmati.

Namun memang bukan hanya itu bisnis online saja yang akan mengalami fenomena serupa. Siapapun baik itu karyawan swasta juga bisa mengalaminya.

Akan tetapi hal tersebut memang jauh lebih buruk bagi pebisnis online seperti bisnis reseller. Hal tersebut dikarenakan peluang Anda untuk mendapatkan uang setiap harinya cukup besar.

Nah, jika uang yang Anda dapatkan tersebut tidak Anda kelola dengan baik Anda bisa terus menerus menggunakan uang tersebut dengan sembarangan.

Bahkan seolah-olah uang yang Anda hasilkan dari bisnis sampingan reseller di gunakan sedikit saja namun lama-lama akan banyak juga.

Terlebih bisnis online seperti bisnis sampingan reseller akan menerima uang melalui sistem transfer. Dengan demikian Anda akan sering belanja dengan sistem transfer juga.

Nah, berikut ini adalah tips manajemen keuangan bisnis online yang bisa Anda lakukan.

1. Membuat Anggaran Mingguan, Bulanan dan Tahunan

Manajemen Keuangan Bisnis Online

Sumber Gambar: Pexels

Tips yang pertama untuk manajemen keuangan bisnis online yaitu dengan membuat anggaran mingguan, anggaran bulanan dan anggaran tahunan.

Baca Juga:  5 Ide Usaha Rumahan Yang Laris Dan Menjanjikan

Anggaran tersebut sangat Anda butuhkan sebab Anda masih tidak punya penghasilan yang pasti.

Maka cobalah untuk memprediksi penghasilan yang Anda dapatkan per minggu sehingga Anda juga bisa memproyeksikan penghasilan bulanan dan juga tahunan Anda.

Anggaran tersebut berfungsi untuk alat pengendali pada setiap pengeluaran.

Jadi Anda harus tahu berapa angka wajar yang bisa dihabiskan setiap minggunya. Dengan demikian keuangan bisnis Anda pun akan tetap terkendali.

2. Memisahkan Uang Berdasarkan Keperluan

Manajemen Keuangan Bisnis Online

Sumber Gambar: Pexels

Tips yang selanjutnya untuk manajemen keuangan bisnis online yaitu memisahkan uang dengan berdasarkan keperluan.

Ada baiknya penghasilan dan juga pengeluaran pada bisnis sampingan reseller tersebut tidak Anda gabung dengan keuangan pribadi Anda.

Apabila Anda memilih untuk memakai rekening bank, maka sebaiknya pisahkan rekening bank bisnis Anda dengan rekening bank pribadi Anda.

Sebab jika Anda gabungkan seakan-akan Anda merasa punya banyak uang. Bahkan kadangkala uang yang seharusnya dibutuhkan sebagai operasional bisnis justru ikut terpakai keperluan pribadi.

Maka dari itu sebaiknya Anda harus memisahkan tempat untuk menyimpan uang mana yang menjadi bagian pribadi dan mana uang untuk bisnis. jangan lupa juga Anda harus menyediakan dana untuk pengembangan bisnis atau research and development (R&D).

3. Menyusun Manajemen Keuangan Bisnis Online Dengan Menjadwalkan Pembayaran Rutin

Manajemen Keuangan Bisnis Online

Sumber Gambar: Pexels

Karena Anda adalah seorang pebisnis online yang mana setiap hari akan mendapatkan pemasukan.

Sedangkan bedanya dengan karyawan yaitu mereka akan menerima gaji pada tanggal yang sudah ditentukan setiap 1 bulan sekali.

Pada umumnya karyawan juga akan secara otomatis melakukan berbagai pembayaran secara rutin setiap Mereka menerima gaji.

Karena bisnis sampingan reseller masukkan tidak punya penghasilan pada tanggal tertentu, maka Anda harus menjadwalkan pembayaran rutin sendiri.

Baca Juga:  Menginspirasi! Inilah Ustadz Taqy Malik, Hafiz Quran dan Pebisnis Muda Berbakat!

Pembayaran tersebut seperti kartu kredit, pajak dan lain sebagainya. Dengan demikian Anda akan terhindar dari berbagai denda keterlambatan pembayaran.

4. Menyusun Manajemen Keuangan Bisnis Online Dengan Berinvestasi Secara Rutin

Manajemen Keuangan Bisnis Online

Sumber Gambar: Pexels

Satu-satunya cara agar bisa mencapai kebebasan keuangan yaitu dengan melakukan investasi. Mungkin Anda setiap hari akan mendapatkan penghasilan, namun penghasilan tersebut di saat yang bersamaan tidak selalu jumlahnya besar.

Maka ada baiknya Anda menetapkan tanggal tertentu untuk melakukan investasi, baik itu per minggu atau perbulan. Sedangkan jumlah investasi tak perlu banyak, sedikit saja tak masalah.

Yang paling penting yaitu Anda harus terus konsisten melakukan investasi sehingga tanpa terasa aset yang Anda miliki sudah menumpuk dan bisa memenuhi tujuan keuangan Anda di kemudian hari.

Nah, semoga keempat tips dan cara menyusun manajemen keuangan bisnis online di atas bisa menjadi inspirasi sekaligus memotivasi Anda untuk memanaj keuangan Anda.

Selain itu, setelah membaca artikel ini semoga Anda sadar bahwa menyusun manajemen keuangan bisnis online cukup penting.

Share:
Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
×