Home » Simak! 3 Strategi Bisnis Online dan Offline yang Terbukti Menguntungkan

Simak! 3 Strategi Bisnis Online dan Offline yang Terbukti Menguntungkan

by Risma Novianti
0 comment

Apakah Anda sudah memahami strategi bisnis dengan baik? Jika belum, mari kita simak artikel mengenai strategi bisnis online dan offline yang terbukti menguntungkan.

Menyusun strategi bisnis merupakan suatu hal yang wajib untuk dilakukan oleh para pebisnis atau pengusaha. Tanpa menyusun strategi, bisnis yang Anda jalankan akan mengalami kendala atau kesulitan di tengah persaingan pasar yang semakin ketat.

Nah, untuk itu mari pahami strategi bisnis baik secara online maupun offline agar bisnis Anda berjalan sesuai tujuan pada penjelasan sebagai berikut.

Baca juga: Strategi Bisnis Sampingan Modal Kecil Yang Pasti Untung

Strategi Bisnis

Strategi Bisnis

Sumber: pexels.com

Secara umum, strategi bisnis merupakan berbagai upaya yang dilakukan agar bisnis yang dijalankan bisa mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Maksudnya dari tujuan tersebut adalah mendapatkan penghasilan yang maksimal serta keberhasilan dalam jangka panjang.

Strategi bisnis online dan offline sebetulnya hampir sama saja. Dimulai dengan langkah melakukan berbagai riset, menentukan target pasar, menganalisis kekuatan dan kelemahan, promosi, hingga pada tahap evaluasi.

Nah, yang akan lebih ditekankan pada strategi di sini adalah dari segi strategi pemasarannya. Karena dari semua langkah, yang paling krusial adalah cara promosi atau memasarkannya agar bisnis Anda banyak diminati.

Baca juga: Inilah 9 Strategi dan Cara Berjualan di Marketplace Agar Laris Manis

Strategi Bisnis Secara Online

Strategi bisnis online ini digunakan untuk mencapai target konsumen pemasaran online. Seperti dengan memanfaatkan media sosial, SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing).

Jadi, cakupannya untuk memilih pelanggan lebih luas lagi, baik dalam negeri maupun luar negeri. Berikut strategi yang bisa Anda lakukan secara online:

1. Media Sosial

Strategi Bisnis

Sumber: pexels.com

Saat ini media sosial jadi target utama bagi para pebisnis. Karena saat ini sudah memasuki era digital, yang segalanya serba cepat dan informatif.

Rata-rata masyarakat sudah beralih dari televisi ke media sosial. Alasannya karena media sosial sangat cepat dalam merespon dan sangat up to date dalam segala informasi.

Nah, inilah peluang bagi para pebisnis untuk mempromosikan produk/jasa melalui media sosial. Platform media sosial yang bisa Anda gunakan seperti Instagram, Facebook, Twitter bahkan Website.

Perhatikan juga content-content yang dibuat pada media sosial bisnis Anda. Anda bisa menambahkan foto, desain visual, video serta audio akan membuat media sosial bisnis Anda lebih menarik.

Jika menarik, tentu akan mampu mengonversi konsumen. Bisnis Anda pun dijamin akan laris jika menggunakan strategi yang tepat.

2. Menawarkan Promo atau Diskon

Strategi Bisnis

Sumber: pexels.com

Sebenarnya strategi ini berlaku untuk bisnis offline maupun online. Orang cenderung menyukai promo atau diskon. Maka mereka tidak akan berpikir panjang apabila ada sebuah produk atau jasa yang menawarkan diskon.

Cobalah sesekali untuk membuat promo atau diskon untuk produk/jasa yang Anda jual. Tentu hal ini akan menarik minat masyarakat.

3. E-mail Marketing

Strategi Bisnis

Sumber: pexels.com

E-mail marketing merupakan pengiriman pesan seperti newsletter dan promosi melalui e-mail. Bahkan penelitian menunjukkan bahwa e-mail marketing 40 kali lebih efektif untuk memperoleh konsumen dibandingkan Twitter atau Facebook.

Hal ini karena efektivitas yang tinggi mungkin disebabkan perusahaan dapat menjangkau konsumen di area personal mereka, yaitu kotak masuk e-mail.

Maka dari itu, e-mail dinilai sebuah tools yang paling banyak dibuka setiap harinya.

Strategi Bisnis Secara Offline

Strategi Bisnis

Sumber: pexels.com

Untuk menarik target konsumen, strategi pemasaran yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat spanduk di sekitar toko atau tempat usaha Anda.

Selain itu, Anda juga bisa membagikan sebuah brosur yang berisi informasi tentang bisnis Anda.

Lalu tidak ada salahnya juga bagi Anda untuk bisa berpartisipasi dalam sebuah pameran. Pameran dagang atau ekspo menempatkan Anda di bawah atap yang sama dengan kompetitor sehingga Anda dapat mempelajari bisnis mereka.

Jika keuangan Anda memungkinkan, coba untuk mensponsori acara komunitas. Cara ini dinilai fenomenal untuk menyebarkan bisnis Anda dengan jauh dan luas. Dalam acara itu, Anda bisa memberikan barang produksi Anda, kupon, pamflet ataupun kartu diskon.

Itulah beberapa strategi bisnis secara online dan offline yang bisa Anda lakukan. Jika ingin menjadi pebisnis yang sukses dan mendapat keuntungan besar, pastikan Anda menyusun strategi dengan tepat.

Dengan masuknya dunia digital yang berkembang pesat, bisnis online lebih disarankan bagi Anda untuk menjangkau pelanggan di berbagai belahan dunia.

Nah, ada peluang bisnis online yang menguntungkan bagi Anda yaitu dengan menjadi seorang reseller online.

Jika Anda tertarik menjadi reseller online, lebih baik gabung bersama Evermos yuk!

Dalam menjalani bisnis menjadi reseller online ini, Anda akan menggunakan sebuah aplikasi Evermos yaitu aplikasi untuk reseller nomor satu di Indonesia.

Yuk, segera daftarkan diri Anda sekarang juga menjadi reseller di Evermos. Raih potensi penghasilan tambahan hingga jutaan rupiah dengan menjual berbagai produk kebutuhan terlengkap di Evermos.

Agar bisnis reseller online Anda lebih efektif dan efisien, Evermos juga menghadirkan para trainer untuk mengedukasi seputar strategi bisnis dan yang lainnya untuk para reseller di Evermos lho

Tunggu apalagi? Yuk, segera gabung bersama kami.

Klik di bawah ini untuk mendaftar jadi reseller Evermos.

Reseller Evermos

Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Salam sukses untuk para sobat reseller!

Related Posts