16 Ide dan Peluang Bisnis Online 2020 | Menjanjikan Dan Menguntungkan

by Eko Ferdiyantho
0 comment
Bisnis Online 2020

Sedang mencari peluang bisnis online di tahun 2020 ini?  Simak yuk 16 ide dan peluang bisnis online 2020 yang bisa Anda lakukan berikut ini!

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi yang semakin canggih, internet menjadi salah satu penemuan dan bukti berkembangnya suatu zaman. Internet memudahkan komunikasi dengan banyak orang, bukan hanya di Indonesia saja, namun juga berhubungan dengan dunia.

Oleh karena itu, dengan internet bukan hal yang mustahila lagi kita bisa melihat banyak peluang usaha, entah itu usaha di bidang jasa ataupun menjual suatu produk.

Nah, bagi Anda yang ingin memulai bisnis online namun masih bingung menemukan bisnis yang tepat, berikut ini rekomendasi ide dan peluang bisnis online yang menjanjikan di tahun 2020 ini.

Yuk, simak!

1. Content Creator

Bisnis Online 2020 Content Creator

Sumber Gambar: Pexels

Salah satu profesi yang populer dan menghasilkan banyak uang, menjadikan content creator banyak diminati oleh anak muda zaman ini.

Untuk saat ini ada 2 platform yang popular dan banyak dipakai oleh content creator, yaitu youtube dan juga podcast.

  • Youtube

Bisnis Online 2020 Youtube

Sumber Gambar: Pexels

Youtube menjadi salah satu situs berbagi yang banyak digunakaan pada saat ini. Situs ini memberikan bayaran yang cukup besar setiap bulannya kepada para creator.

Manfaatkanlah kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi content creator youtube. Mulailah membuat konten-konten yang Anda sukai.

Namun Adna perlu bersabar karena penghasilan dari youtube tak bisa langsung didapatkan.

Tapi tenang, walaupun prosesnya bukan waktu yang sebentar untuk mendapatkan penghasilan dari youtube, namun saat ini youtube menjadi salah satu media yang cukup digemari oleh banyak orang untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari internet.

Baca Juga: Sebelum Memulai Bisnis Sampingan Online, Perhatikan Dulu 9 Hal Ini

  • Poadcast

 

Podcast merupakan siaran non streaming yang berupa audio tanpa visual. Bentuk dari podcast ini hampir mirip dengan siaran radio, hanya saja tidak disiarkan secara langsung.

Para pembuat konten podcast biasa menyebut diri mereka dengan sebutan podcaster. podcaster bisa mendapatkan penghasilan dari iklan yang masuk maupun moneytize dari platform streaming seperti Spotify.

Saat ini ini podcast menjadi konten yang ramai di youtube, spotify, dan platform streaming lainnya.

Bukan tanpa alasan, mungkin karena proses produksi podcast sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Cukup dengan aplikasi perekam suara, Anda sudah bisa memproduksi podcast sendiri.

2. Freelancer

 

Bisnis Online 2020 Podcast

Sumber Gambar: Pexels

Menjadi seorang freelancer sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan, hingga ibu rumah tangga.

Ada baiknya ketika Anda mencoba peluang bisnis online 2020 ini carilah pekerjaan di bidang yang dikuasai oleh Anda.

Anda bisa mendaftarkan diri Anda di situs-situs freelancer seperti Sribulancer, Projects.co.id, fiverr, dan masih banyak lagi.

Ada berbagai macam pekerjaan yang tersedia seperti penulis artikel, programmer, desain, dan masih banyak lagi.

3. Bisnis Afiliasi

Bisnis Online 2020 Bisnis Afiliasi

Sumber Gambar: Pexels

Bisnis Afiliasi merupakan salah satu peluang bisnis online 2020 yang menjanjikan. Anda bisa melakukan pekerjaan ini tanpa modal.

Tugas seorang bisnis afiliasi adalah mengajak seseorang untuk membeli produk milik orang lain yang akan ditawarkan.

Biasanya produk yang paling banyak ditawarkan model bisnis ini adalah broker forex. Selain itu masih banyak juga produk online course lainnya yang menggunakan system afiliasi.

Anda akan mendapatkan penghasilan dalam bentuk komisi jika berhasil mengajak orang lain untuk membeli produk yang ditawarkan.

Baca Juga: Terlihat Sepele, Inilah 7 Ide Bisnis Mudah Dan Menguntungkan

4. Menjual Foto

Bisnis Online 2020 Menjual Foto

Sumber Gambar: Pexels

Jika Anda memiliki hobi di bidang fotografi, hobi ini bisa dijadikan pekerjaan dan mendapatkan punti-pundi rupiah dengan menjual hasil foto Anda ke situs-situs microstock seperti Shutterstock, Istock, dan lain sebagainya.

Situs ini menampung hasil foto dari para fotografer atau creator yang kemudian dijual kepada konsumen yang membutuhkannya. Produk yang dijual di sini bukanlah produk yang eksklusif sehingga dapat dibeli oleh banyak orang berkali-kali.

Jika Anda mengunggah foto yang memenuhi syarat, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari situs-situs ini setiap bulannya.

5. Pembuatan Website

Bisnis Online 2020 Pembuatan Website

Sumber Gambar: Pexels

Apabila Anda punya keahlian untuk membuat website, manfaatkan keahlian Anda untuk menambah penghasilan. Sudah banyak korporasi yang mencari tenaga ahli untuk membangun website mereka.

Anda bisa mendapatkan project membuat sebuah website melalui situs-situs seperti projects.id. selain itu, Anda juga bisa menawarkan jasa pembuatan website ini melalui media social.

Cukup sajikan beberapa portofolio yang berupa proyek website yang sudah pernah Anda buat dan kerjakan agar lebih meyakinkan calon klien.

6. Online shop

Bisnis Online 2020 Online shop

Sumber Gambar: Pexels

Karena produk fashion sudah menjadi salah satu kebutuhan yang dibutuhkan masyarakat. Anda bisa menjual salah satu produk yang paling banyak dicari oleh orang , misalnya kemeja, celana, gamis, atau produk fashion lainnya.

Menjual barang secara online dapat memberikan keuntungan yang lebih besar karena tidak perlu menyewa tempat untuk usaha.

Agar lebih mudah, Anda bisa memanfaatkan beberapa marketplace yang sudah popular seperti Shopee, BukaLapak, Lazada, dan Tokopedia. Anda tak perlu pusing memikirkan prosestransaksi karena sudah dicatat secara otomatis dan terorganisir oleh marketplace.

Bisnis online shop ini juga sangat menggiurkan dan bisa menjadi peluang usaha rumahan masa kini. Karena dengan online shop ini.

Baca Juga: Ingin Mencoba Bisnis Tanpa Keluar Rumah? Coba Lakukan Usaha Ini!

7. Pengembang Software

Bisnis Online 2020 Pengembang Software

Sumber Gambar: Pexels

Saat ini bisnis pengembangan software semakin marak dan digemari seiring meningkatnya jumlah pengguna smartphone. Jika Anda memiliki keahlian di bidang pengembangan software, jangan sia-siakan kesempatan emas ini.

Pekerjaan ini bisa Anda lakukan secara freelance atau bergabung dengan perusahaan startup. Penghasilan yang Anda dapatkan dari satu buah software bisa mencapai nilai ratusan hingga ribuan dolar. Sangat menarik untuk dicoba bukan?

8. Menjual Plugin dan Template WordPress

Bisnis Online 2020 Menjual Plugin dan Template WordPress

Sumber Gambar: Pexels

Platform wordpress merupakan salah satu situs open source yang bisa dimodifikasi. Umumnya, pengguna platform ini menambahkan plugin untuk meningkatkan penghasilan.

Apabila Anda memiliki kemampuan untuk membuat plugin atau template untuk platform ini, Anda bisa memanfaatkannya untuk menambah penghasilan.

9. Blogger

Bisnis Online 2020 Blogger

Sumber Gambar: Pexels

Mengembangkan sebuah blog masih menjadi peluang bisnis online 2020 yang menjanjikan untuk dilakukan. Agar bisa terus bertahan, Anda dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan SEO.

Blogger mendapatkan penghasilan dari Google Adsense yang bisa di cairkan setiap bulan. Semakin banyak pengunjung blog maka pundi-pundi rupiah yang Anda dapatkan semakin banyak.

Kunci sukses menjadi seorang blogger adalah selalu menyajikan konten yang menarik, berkualitas dan bermanfaat bagi pembacanya.

10. Copywriter

Bisnis Online 2020 Copywriter

Sumber Gambar: Pexels

Apakah anda memiliki kemampuan menyusun kata-kata yang menarik? Jika ya, bisnis ini cocok untuk Anda.

Seorang copywriter mendapatkan penghasilan dari tulisan kata-kata kreatif yang membuat pembacanya tertarik untuk membeli dan menggunakan produk tersebut..

11. Menjual E-book

Bisnis Online 2020 E-book

Sumber Gambar: Pexels

Seiring berjalannya waktu, bisnis penulisan digital terus berkembang. Bisnis terbaru dari bidang ini adalah menjual E-book.

Bisnis ini sangat cocok dilakukan untuk Anda yang suka menulis di berbagai bidang. Cukup unggah karya Anda di situs penjualan E-book. Setelah disetujui, E-book Anda akan terpampang di sana dibeli oleh para pembeli.

Baca Juga: Sering Diabaikan, Ini Kiat Menjadi Reseller Sukses Yang Terbukti Efektif

12. Jasa Penerjemah

Bisnis Online 2020 Jasa Penerjemah

Sumber Gambar: Pexels

Apabila Anda menguasai Bahasa asing, bisnis penerjemah ini bisa Anda coba dan tekuni. Pengguna jasa penerjemah ini antara lain perusahaan, mahasiswa, dan lain-lain.

Anda bisa mendapatkan pekerjaan dari situs-situs freelancer. Untuk tarif penerjemah biasanya bervariasi tergantung dari apa yang diterjemahkan.

13. Jualan Pulsa

Bisnis Online 2020 Jualan Pulsa

Sumber Gambar: Pexels

Pulsa sudah menjadi kebutuhan pokok bagi kebanyakan orang di zaman yang serba digital seperti saat ini. Binis ini bisa dilakukan dengan modal yang kecil.

Tidak perlu membuka toko, saat ini Anda bisa memulai menjual pulsa secara online.

Bukan hanya pulsa saja, Anda juga bisa melayani pembayaran tagihan listrik, tagihan internet, dan pembayaran lainnya.

14. Jasa Konsultasi

Bisnis Online 2020 Jasa Konsultasi

Sumber Gambar: Pexels

Untuk menjadi seorang konsultan, Anda tak perlu lagi bekerja di kantor. Cukup dari rumah saja, Anda bisa menawarkan jasa konsultasi secara online.

Bukalah jasa konsultasi yang sesuai dengan bidang yang memang Anda kuasai. Konsultasi bisa dilakukan secara online dengan platform video call seperti zoom atau skype.

Untuk tarif jasa ini Anda bisa diskusikan dengan klien. Anda juga bisa mencari informasi mengenai tarif konsultan lainnya melalui forum online.

Baca Juga: Wajib Coba! 8 Ide Kerja Online Sampingan dengan Hasil Menjanjikan

15. Menjual Followers Media Sosial

Bisnis Online 2020Menjual Followers Media Sosial

Sumber Gambar: Pexels

Saat ini Jasa meningkatkan followers di social media banyak diminati oleh perusahaan atau bisnis-bisnis yang baru di rintis.

Anda bisa menawarkan jasa ini dengan bermodalkan ilmu yang bisa Anda dapatkan dari internet.

16. Menjual Artwork

Bisnis Online 2020 Menjual Artwork

Sumber Gambar: Pexels

Selain menjual hasil foto, Anda juga bisa menjual hasil karya Anda yang berupa artwork . Artwork sendiri bermacam-macam, ada wallpaper, logo atau sketsa.

Cukup unggah hasil karya Anda di situs yang menyediakan penjualan artwork seperti CreativeMarket. Jika artwork yang Anda unggah berhasil dan disetujui, Anda bisa menghasilkan pendapatan pasif.

Selain itu, jasa artwork juga bisa Anda tawrkan doi social media milik sendiri, cukup upload portofoliomu dan tawarkan harga yang menarik.

Nantinya, jika memang ada yang tertarik untuk membeli dengan jasa artwork Anda, maka si pembeli akan langsung menghubungi Anda.

Itulah 16 Ide dan Peluang Bisnis Online 2020 menjanjikan yang bisa Anda coba. Kira-kira dari ide-ide di atas, mana yang paling cocok dengan passion Anda?

You may also like