10 Media Online yang Cocok untuk Promosi Bisnis

0

Saat ini melakukan promosi pada sebuah produk maupun jasa sudah sangat mudah dilakukan karena maraknya sosial media. Sejak adanya media sosial, maka promosi suatu bisnis tak lagi menggunakan radio, televisi maupun media cetak. Saat ini bisa dikatakan sudah memasuki era digital yang mana media online menjadi wadah peluang usaha yang paling populer untuk dimanfaatkan sebagai media promosi suatu bisnis.

Dengan adanya media online yang beredar saat ini, maka keberhasilan promosi akan sangat berpotensi besar. Bahkan bisa dilakukan dengan sangat cepat, mudah, murah dan bahkan sama sekali tidak memerlukan modal. Apalagi saat ini sudah ada sarana berbagai macam internet tools seperti blog, website, dan media sosial yang mana semuanya sifatnya real time, global dan juga praktis. Dengan demikian kegiatan dalam promosi suatu usaha akan menjadi lebih maksimal sebab jangkauannya sangat luas.

Lalu media online apa saja yang cocok untuk promosi suatu bisnis? Berikut ulasannya untuk Anda.

Instagram

Saat ini Instagram telah menjadi media sosial pendongkrak eksistensi yang paling tinggi terutama di kalangan anak muda. Dengan demikian bisa Anda jadikan sebagai peluang usaha untuk melakukan promosi bisnis ataupun produk Anda dengan mudah. Sebab calon konsumen saat ini banyak sekali yang berkumpul di Instagram untuk mereka jadikan sebagai media bisnis. Untuk melakukan trik supaya calon pelanggan menaruh perhatian pada bisnis Anda yakni dengan aktif berinteraksi dengan mereka.

Facebook

Facebook merupakan salah satu media online yang penggunanya paling banyak. Facebook ini biasanya digunakan untuk menjalin komunikasi dengan keluarga dan juga rekan. Selain itu Facebook juga dijadikan sebagai media sosial untuk melakukan promosi secara online. Facebook untuk media promosi ini telah diakui oleh para pemain bisnis online yakni relatif mudah. Bahkan tak sedikit pula dari para pebisnis tersebut yang punya usaha sampingan  toko fisik namun tetap melakukan promosi produknya di Facebook.

Bahkan tak sedikit pula yang mencapai kesuksesan dengan formula mengenalkan produknya melalui Facebook. Namun Anda harus memastikan bahwa halaman utama pada Facebook Anda bisa menarik konsumen sebab dari setelah adanya daya tarik untuk para calon konsumen memberikan like pada setiap postingan Anda. Nantinya like tersebut menjadi langkah berikutnya untuk mendapatkan sebanyak-banyaknya. Kemudian target pelanggan juga harus Anda kenali yakni dengan cara mencari orang-orang yang tertarik dengan halaman Facebook milik Anda. Dan terakhir yaitu Anda harus fokus membuat konten menarik.

Youtube

YouTube saat ini sudah menjadi media yang banyak sekali digunakan terutama bagi orang-orang yang ingin mengekspresikan dirinya melalui video. Selain itu YouTube juga salah satu website yang peminatnya dari segala golongan mulai dari muda, tua, perempuan dan juga laki-laki. Maka dari itu Anda bisa menggunakan YouTube sebagai peluang usaha dengan melakukan promosi di dalamnya.

BACA JUGA: Inilah 7 Strategi Personal Branding Bisnis Online di Sosial Media

Cara yang paling utama untuk menjalankan suatu promosi menggunakan YouTube yaitu dengan mengunggah konten video dari akun pribadi kemudian memilih kategori yang paling cocok dengan jenis bisnis yang Anda promosikan tersebut. Untuk judul videonya juga harus semenarik mungkin serta memuat banyak keyword. Dengan demikian kemungkinan muncul di halaman pertama beranda YouTube atau di hasil pencarian video terkait dengan keyword tersebut akan semakin besar.

Twitter

Darah merupakan salah satu media online yang juga banyak penggunanya dan sering dijadikan sebagai media bisnis online. Walaupun pada awalnya Twitter ini hanya didesain untuk membagikan status dengan karakter maksimal 160. Namun saat ini Twitter sudah mampu menjadi media online yang ampuh dalam memasarkan suatu produk.

Cara untuk melakukan promosi secara maksimal melalui Twitter yaitu dengan mencari follower sebanyak-banyaknya, mengirimkan tweet yang teratur, mempromosikan situs yang teratur, menentukan waktu untuk posting tweet, menyewa buzzer untuk meningkatkan pemasaran atau promosi mau pun bisa melakukan saling promo akun Twitter bisnis online yang lainnya.

Kaskus

Kaskus merupakan salah satu media sosial yang sudah tidak lagi dilakukan kemampuannya dalam melakukan promosi suatu produk. Hal tersebut dikarenakan media online ini telah dikenal sebagai marketplace yang penggunaannya Jangan tanya untuk melakukan aktivitas berjualan secara online dan yang paling ampuh untuk melakukan bisnis.

Di dalam Kaskus terdapat forum jual beli untuk melakukan kegiatan promosi. Mungkin perlu Anda ketahui bahwa melakukan promosi dan juga bisnis di dalam kasus ini tidak mudah sebab banyaknya penipuan yang berawal dari sini. Akan tetapi bukan berarti Kaskus tidak mungkin dijadikan sebagai media bisnis yang sangat ampuh.

Path

Pada awalnya  path hanya dikenal sebagai media sosial eksklusif sebab jumlah temannya dibatasi. Walau demikian bukan berarti path tidak bisa menjadi media untuk melakukan promosi secara online. Misalnya salah satu bisnis yaitu daily beauty house yang melakukan promosi menggunakan Path. Path ini bisa dikatakan sebagai bentuk privat dari Twitter dan Facebook namun masih bisa digunakan sebagai media untuk memperluas jaringan dan pasar.

Blog

Blog merupakan salah satu media online yang mirip dengan website namun hanya sebatas untuk mendukung suatu promosi saja. Cara melakukannya yaitu dengan memberikan konten atau artikel yang berkaitan dengan bisnis serta produk dari toko online Anda. Bahkan apabila Anda ingin menurut suatu berita terbaru terkait dengan toko online yang Anda miliki serta bisa menunjukkan prestasi yang sudah Anda raih. Supaya lebih optimal, maka banyak dari para pebisnis online memilih blog dengan menggunakan teknik SEO dengan tujuan untuk menarik pelanggan yang lebih banyak.

Google+

Terdapat media sosial pesaing Facebook yakni Google+ yang mana bisa digunakan sebagai media promosi secara online. Bahkan banyak pebisnis yang pada akhirnya bisa mempromosikan bisnis online mereka  melalui Google+ ini sebab penggunaannya juga tak kalah ramai dari media online yang lainnya. Cara untuk menggunakan Google+ ini sebagai media promosi online yaitu dengan menyaring serta mengatur Gmail menggunakan Google+ circles. Kemudian membuat interaksi dengan hangouts, edit dokumen bersama rekan serta merencanakan dan mengatur sebuah acara.

Email Marketing

Email marketing mungkin akan dianggap sebagai cara kuno di antara banyaknya media online yang tersedia saat ini. Akan tetapi email marketing ini telah dikenal mempunyai kekuatan yang sangat besar dalam melakukan suatu promosi secara online. Hal tersebut dikarenakan email marketing ini bisa menjadi sumber paling besar untuk bisa mengirimkan berita promosi serta penawaran suatu produk terbaru kepada para pelanggan.

Market Place

Selain menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya, promosi secara online untuk usaha sampingan Anda contoh bisa dilakukan melalui marketplace seperti OLX, Tokopedia, shopee, Elevenia dan lain sebagainya. Market place tersebut akan sangat membantu Anda dalam melakukan bisnis secara online yakni dengan mempunyai halaman toko dan melakukan berbagai aktivitas promosi atau pemasaran di dalamnya. Bahkan tak jarang pula pemilik bisnis yang punya toko fisik juga melakukan promosi dan penjualan melalui marketplace sebab jangkauan dasar dan jaringan lebih luas.

Nah, dari kesepuluh media online yang cocok untuk melakukan promosi sebuah bisnis ataupun usaha sampingan Anda, manakah yang paling menarik untuk Anda coba? Kini melakukan promosi sudah sangat mudah dan hasilnya juga tak mengecewakan. Selamat mencoba.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!