Wajib Tahu! Inilah 10 Manfaat Sosial Media untuk Peruntungan Bisnis Anda

Kini sosial media tidak hanya untuk digunakan untuk berteman dan berjejaring sosial. Melainkan fungsi sosial media mulai merambah ke dunia bisnis.

Pada dasarnya sosial media mempunyai peranan yang sangat penting di masyarakat. Salah satunya peran dalam berbisnis. Sosial media dijadikan sebagai sarana untuk promosi produk yang lebih bermanfaat dan tepat.

Nah, manfaat sosial media untuk bisnis tentu sangat beragam. Misalnya untuk meningkatkan penjualan, menganalisis pasar, konsumen, hingga kebutuhan produksi dan lain sebagainya.

Supaya Anda dapat memanfaatkan sosial media dengan baik, maka Anda harus ketahui terlebih dahulu manfaat dari sosial media lebih detail lagi yang akan disajikan pada ulasan artikel berikut ini!

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Online di marketplace atau e-Commerce

Manfaat Sosial Media untuk Peruntungan Bisnis 

1. Menemukan Calon Konsumen dengan Cepat

Sosial Media
Sumber: pexels.com

Manfaat sosial media untuk bisnis yang pertana ialah Anda bisa menemukan calon konsumen dengan cepat. Misalnya saja platform Instagram dan twitter terdapat fitur pencarian yang bisa mempermudah orang mencari sesuatu yang diinginkannya.

Dengan adanya fitur seperti lokasi, konsumen bisa mencari referensi produk atau jasa yang dekat dengan tempat tinggalnya.

Selain itu, fitur hashtag juga bisa digunakan dalam promosi di sosmed agar konsumen bisa dengan mudah menjangkau bisnis Anda.

2. Menganalisis Calon Konsumen

Sosial Media
Sumber: pexels.com

Dari media sosial pula, Anda bisa menganalisis calon konsumen. Anda bisa memperoleh data tentang target konsumen dari postingan atau hal yang dibagikannya di media sosial.

Anda bisa mencari tahu apa kebutuhan konsumen dan menyediakan apa yang mereka butuhkan. Selain itu, Anda juga bisa menentukan dan menganalisis target pasar dari sosmed.

Setelah Anda menganalisa lebih detail, gunakan informasi tersebut untuk membuat keputusan yang lebih tepat terkait bisnis seperti apa yang dicari konsumen, dan bagaimana cara terbaik untuk menjangkau mereka.

3. Branding

Sosial Media
Sumber: pexels.com

Sosial media juga bisa menjadi tempat konsumen untuk mengulas sebuah produk. Dengan sebuah ulasan ini fungsinya untuk membangun tingkat kepercayaan konsumen terhadap bisnis Anda.

Mungkin Anda sudah paham bahwa brand adalah sebuah identitas. Identitas inilah yang nantinya membedakan produk Anda dengan produk milik orang lain.

Nah, dengan proses branding yang baik, maka konsumen akan menemukan keunggulan pada produk Anda dibandingkan dengan produk pesaing. Sehingga mereka akan lebih percaya dan memilih produk Anda dibandingkan dengan produk yang lain.

Perlu Anda ketahui juga bahwa ketika membuka sebuah brand, maka secara otomatis Anda telah membuka ruang komunikasi dengan target market yang Anda tuju.

Proses branding melalui sosmed tersebut akan menyampaikan beberapa pesan terhadap target market, baik mengenai kelebihan produk, keunikan yang ada pada produk dan lain sebagainya.

Jadi, sebelum membuka bisnis pastikan terlebih dahulu untuk memiliki brand atau identitas bisnis Anda.

Baca juga: 7 Cara Jitu Agar Jualan Online di Instagram Bisnis Laris Manis

4. Menarik Minat Konsumen

Sosial Media
Sumber: pexels.com

Dengan aktifnya bisnis di media sosial juga bisa menjadi cara menarik minat konsumen yang potensial.

Konsumen menggunakan sosmed sebagai alat untuk membantu mereka melakukan suatu pembelian dan keputusan yang lebih baik.

Dengan Anda memberikan pelayanan dan kualitas produk yang baik yang dipasarkan melalu sosmed, tentu saja bisa membangun minat untuk para calon konsumen lainnya.

5. Memberi Feedback Lebih Cepat dan Mudah

Sosial Media
Sumber: pexels.com

Sosial media menjadi alat untuk membangun keterikatan dengan konsumen, sehingga mereka bisa berkomunikasi langsung terkait produk atau jasa Anda.

Pastikan Anda bisa memberi feedback untuk konsumen secara cepat dan interaktif. Karena semakin cepat Anda merespon dan semakin cepat Anda membantu mereka, maka semakin besar tingkat kepercayaan mereka.

6. Menganalisis Kompetitor

Sosial Media
Sumber: pexels.com

Sosial media tidak hanya membantu dari praktik pemasaran, tetapi juga dapat menganalisis taktik atau strategi yang digunakan oleh kompetitor bisnis Anda.

Dengan sosmed Anda bisa memantau kompetitor dari cara mereka berpromosi, berinteraksi dengan para pelanggan, hingga memahami produk yang mereka tawarkan.

Jadi, pada intinya salah satu alasan utama untuk analisis kompetitif yaitu untuk memahami kekuatan dan kelemahan pesaing bisnis Anda.

Dengan menganalisis kompetitor dapat membantu Anda dalam menyusun strategi yang efektif untuk pengembangan produk.

Berikut beberapa hal detail yang bisa Anda analisa terkait perkembangan bisnis kompetitor:

  • Kelengkapan mutu, desain serta bentuk produk atau jasa kompetitor
  • Harga yang ditawarkan kompetitor
  • Saluran distribusi yang dimiliki oleh kompetitor
  • Promosi yang dijalankan oleh kompetitor
  • Bagaimana rencana kegiatan kompetitor ke depan

7. Social Selling

Sosial Media
Sumber: pexels.com

Sosial media juga akan membantu Anda dalam hal penjualan. Penjualan sosial memberikan tim penjualan dan pemasaran kesempatan untuk menjalin hubungan dan membangun hubungan baik dengan koneksi dan jaringan yang ada.

Dengan kehadiran sosial yang aktif serta menarik dapat membantu bisnis Anda selalu diingat oleh calon konsumen.

Jadi, ketika seseorang siap untuk membeli produk atau menggunakan jasa, mereka akan mendatangi Anda terlebih dahulu.

8. Membagikan Informasi Lebih Cepat

Sosial Media
Sumber: pexels.com

Anda juga dapat membagikan informasi lebih cepat dengan media sosial. Anda bisa memberi informasi terkait promo/diskon, penawaran menarik, info tentang detail produk atau jasa dengan cepat.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur share untuk membagikan informasi ke beberapa sosmed sekaligus.

9. Melakukan Promosi dengan Biaya Terjangkau

Sosial Media
Sumber: pexels.com

Melakukan promosi dengan media sosial terbilang paling mudah dan murah. Anda hanya bermodalkan koneksi internet dan kemampuan marketing yang baik.

Media sosial bisa menjangkau calon konsumen dengan lebih luas dan cepat tanpa harus mengeluarkan budget yang besar.

10. Meningkatkan Pengunjung Website

Sosial Media
Sumber: pexels.com

Sosial media dimaksudkan untuk menjangkau khalayak yang berbeda dengan cara menarik dan merujuk pelanggan potensial yang mungkin belum pernah Anda jangkau.

Nah, dengan mengenalkan website bisnis Anda di media sosial maka akan membantu meningkatkan pengunjung website bisnis Anda. Tentu saja ini sangat menguntungkan, karena konsumen akan mengenal bisnis Anda dengan baik.

Noted

Nah, itulah 10 manfaat sosial media yang harus Anda ketahui. Seperti yang telah Anda tahu bahwa sosial media ini beragam, mulai dari Instagram, Facebook, Twitter, Youtube, hingga Whatsapp, Line, dan lain sebagainya.

Anda tinggal memilih media platform mana yang tepat dan cocok untuk bisnis Anda. Setiap platform sosial media tersebut juga sudah pasti memiliki kekurangan dan kelebihan, dan Anda harus mampu menganalisisnya.

Nah, jika Anda ingin berjualan dan mengembangkan bisnis Anda, Anda bisa memulai jualan dengan menggunakan aplikasi Evermos.

Mengapa harus jadi reseller Evermos? Karena dengan berjualan akan lebih mudah, efektif dan efisien. Anda juga akan mendapatkan komisi dari setiap penjualan produk yang Anda lakukan.

Anda dapat menjual berbagai produk terlengkap di Evermos, dan tak usah khawatir untuk memikirkan stok produk dan pengiriman karena tim Evermos yang meng-handle.

Dengan berbagai kemudahan tersebut, Anda tinggal fokus untuk promosi jualan kepada teman, kerabat atau siapapun itu.

Dalam proses promosi pun lagi-lagi dapat memudahkan Anda, Anda bisa share jualan Anda dengan mudah melalui sosmed terutama Whatsapp.

Nah, dengan adanya katalog pada aplikasi Evermos, Anda bisa langsung memasarkan dan transaksi langsung.

Apakah Anda tertarik dan siap menjadi reseller Evermos? Yuk, segera daftarkan diri Anda dengan meng-klik Reseller Evermos di bawah ini.

Reseller Evermos

Dengan menjadi reseller online di Evermos, Anda hanya mengeluarkan modal yang minim, bisnis usaha yang jelas, bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja tanpa batasan ruang dan waktu. Untuk soal komisi pun sangat jelas, Anda tidak perlu khawatir.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan selamat berikhtiar dengan menjadi reseller Evermos!

×
slot88